Sukses

Ngurus Rumah dan Anak, Capai Ibu atau Ayah?

Para ibu menghabiskan lebih banyak waktu daripada ayah melakukan perawatan fisik seperti menyusui bayi dan melakukan tugas ibu lainnya.

Sebagai seorang ibu dan ayah memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga dan merawat buah hati. Tapi apakah benar ibu lebih merasa lelah dibandingkan ayah?, ternyata menurut laporan Pew Report of Federal Data, anggapan ini benar, dikutip Newser, Jumat (11/10/2013).

Mengapa hal ini bisa terjadi? umumnya dialami oleh para ibu modern yang melakukan pekerjaan di kantor dan juga di rumah. Para ibu merasa lebih lelah karena mereka menyulap jam mereka sekaan lebih dari 24 jam, mulai pekerjaan kantor kemudian melanjutkan pengasuhan anak.

"Ibu-ibu menghabiskan lebih banyak waktu daripada ayah melakukan perawatan fisik seperti menyusui bayi, memandikan, dan melakukan tugas ibu lainnya terutama para wanita karir yang juga bekerja," kata President and Co-Founder of Families and Work Institute dan Penulis Laporan, Ellen Galinsky.

Ellen menambahkan para ibu lebih sering melakukan perawatan yang lebih manajerial dan pendidikan, itu semuanya membutuhkan banyak energi. "Tugas seperti mengatur uang belanja, pendidikan dan perawatan buah hati lainnya menjadi beban para wanita setelah menyandang status ibu," ujarnya.

Washington Post pun melaporkan bahwa para ayah kebanyakan bekerja keras hanya di kantor tidak saat di rumah. Para ibu juga cenderung lebih khawatir tentang anak-anaknya saat bekerja.

Ellen melakukan survei dengan memberikan pertanyaan kepada para ibu, "Saat itu Saya bertanya pada banyak wanita apa yang mereka lakukan ketika memiliki waktu luang dan bisa melakukan sesuatu yang dicintai, sebagian besar menjawab melakukan pekerjaan rumah tangga dan bermain bersama anak," paparnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.