Sukses

Variasikan Minuman 0 Kalori Saat Jalani `Puasa Berselang`

Biar tak merasa bosan, ada baiknya untuk membuat variasi minuman tersebut. Berikut jenis minuman yang dapat Anda variasikan ketika diet OCD

Saat pelaku diet Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) dan Intermittent Fasting (IF) tengah menjalani puasanya, diperbolehkan untuk meminum minuman yang jumlah kalorinya 0, atau dengan kata lain tidak ada kalori sama sekali. Biar tak merasa bosan, ada baiknya membuat variasi minuman tersebut.

Minuman zero calorie yang banyak diketahui para pelaku diet ini adalah air mineral, kopi tubruk (kopi tanpa gula), dan teh tawar. Pakar nutrisi dan diet dari Universitas of Sidney, Leona Victoria Djajadi MnD menuturkan, bermodalkan jeruk lemon dan stoberi, Anda dapat membuat meminuman jenis lain yang tidak akan membuat pelakunya merasa bosan, dan tetap tanpa kalori.

"Campurkan saja air mineral, ditambah es batu, potongan daun mint, dan irisan jeruk lemon, dan stroberi. Di mulut enak, dan ada waginya. Segar tapi tidak ada kalorinya," kata Leona Victoria, saat berbincang dengan tim Health Liputan6.com, Rabu (28/8/2013).

Di luar sana, banyak juga minuman diet soda yang jumlah kalorinya adalah 0, dan tidak itu juga dapat dijadikan variasi minuman bagi pelaku diet jenis ini. "Tapi, saya tidak suka menganjurkan diet soda kepada masyarakat," tambah dia.

Ide lain yang dibagikan oleh Leona untuk para pelaku diet OCD dan IF ini adalah membuat jus sayuran hijau, untuk diminum pada saat jam berpuasa.

"Jus sayuran hijau ini untuk memenuhi kebetuhan serat, vitamin, dan mineral bagi yang berpuasa," jelas Leona.

Tapi, harus diingat, jus sayuran ini murni 100 persen sayuran hijau tanpa tambahan buah-buahan. Atau paling tidak dianggap tidak ada, pelaku diet dapat menambahkan wortel atau tomat ke dalamnya.

"Kalau ditambah wortel atau tomat, terlalu banyak mungkin sekitar 10-15 kalori per gelas," jelas Leona.

Untuk penikmat kopi, hindarilah untuk mengonsumsi kopi kemasan, apalagi kopi 3 in 1. Sudah dipastikan, minuman itu tinggi akan kalori, karena di dalamnya terdapat gula, susu, dan krim supaya terasa enak.

"Begitu pula dengan kopi yang ada di gerai-gerai kopi, yang di atasnya dipakaikan krim segunung, ditambah vanilla sirup pula. Hindari itu," terangnya.

"Kalau ini diperhatikan, maka selama berpuasa Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk tubuh Anda," tutup dia.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini