Sukses

Sebelum Mudik, Wajib Servis Kendaraan yang Mau Dipakai

Saat mudik, kendaraan sangat penting untuk diperhatikan, karena memang kecelakaan yang sering terjadi disebabkan oleh masalah kendaraan itu

Banyak kecelakaan saat mudik terjadi akibat kendaraan itu sendiri. Karena itu Anda yang hendak mudik harus berhati-hati.

"Karena itu, mengapa sangat penting untuk memerhatikan masalah itu juga," ujar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL),Prof dr Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, di Jakarta, Kamis (25/7/2013)

Selain itu, yang harus diperhatikan lebih lanjut adalah penguasaan medan. Seorang supir, harus mampu menguasai area yang akan dilaluinya. "Kalau macet bagaimana, beloknya harus ke mana, semua itu sangat penting," tambahnya.

Setelah itu semua sudah diperhatikan, langkah selanjutnya adalah, siapa yang mau jadi supirnya. Ini berguna baik untuk kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Karena, supirlah yang punya kendali.

Terakhir, baru kesiapan keseluruhan pemudik yang akan berangkat mudik.

"Pesan saya, servicelah kendaraan dari sekarang, apabila ingin menggunakan kendaraan pribadi. Situasi jalan jangan lupa untuk dipelajari," tutupnya.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.