Sukses

6 Daftar Camilan Sehat di Malam Hari, Bisa Bantu Kamu Tidur Nyenyak

Camilan sehat yang bisa dikonsumsi di malam hari, ini daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa lapar dan ingin camilan malam hari adalah hal yang sangat umum. Namun, banyak makanan ringan dan minuman yang biasanya dikonsumsi di malam hari seringkali kurang menyehatkan.

Meskipun lezat, beberapa camilan tertentu dapat berdampak negatif pada kualitas tidur dan membuat Anda ingin mengonsumsi lebih banyak lagi. Namun, mengemil sebelum tidur bukanlah suatu kesalahan, asalkan Anda memilih camilan yang tepat.

Ada banyak pilihan makanan ringan yang sehat dan enak untuk dimakan saat malam hari. Pilihan camilan yang sehat ini tentunya mengenyangkan dan kaya akan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Berikut ini adalah beberapa pilihan camilan sehat untuk malam hari, seperti dilansir dari Verywell Fit pada Sabtu, 15 Juni 2024.

1. Sereal dan Susu

Selain menjadi menu andalan sarapan, sereal dan susu juga bisa menjadi camilan tengah malam yang sehat untuk Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi karbohidrat tinggi glisemik (seperti kebanyakan sereal berbahan dasar jagung) sebelum tidur bisa membantu seseorang cepat terlelap.

Produk susu mengandung kalsium, mineral yang berperan langsung dalam produksi hormon tidur melatonin. Selain itu, kalsium juga bertindak sebagai relaksan alami dalam tubuh. 

Batasi ukuran porsi (total camilan harus di bawah 300 kalori), terutama jika Anda memiliki masalah sakit maag. Ini karena makan makanan berat bisa memperburuk masalahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Yoghurt dan Buah

Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Kalsium membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur, sehingga mengonsumsi yogurt sebelum tidur bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas istirahat Anda.

Namun, penting untuk membaca label sebelum membeli yogurt, karena beberapa varietas mengandung tambahan gula yang tinggi. Gula tambahan ini dapat mengganggu tidur dan berkontribusi pada peningkatan berat badan serta masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, pilihlah yogurt tawar yang tidak mengandung tambahan gula. Anda bisa menambahkan rasa alami dengan buah beri, kacang cincang, dan madu yang kaya antioksidan.

 

3 dari 5 halaman

3. Popcorn

Popcorn adalah camilan yang enak karena Anda bisa menikmatinya dalam jumlah banyak tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori. Serat dalam popcorn membantu menjaga perut kenyang lebih lama dan mendukung pencernaan yang sehat.

Camilan ini secara teknis adalah gandum utuh yang memberikan lebih banyak serat dibandingkan camilan larut malam lainnya seperti keripik kentang atau pretzel.

Cobalah pilihan yang sudah dikemas sebelumnya dari toko yang kadar natriumnya rendah, dibuat dengan sedikit atau tanpa minyak, dan tidak mengandung atau banyak tambahan gula.

Salah satu keunggulan popcorn adalah variasi dalam hal rasa. Anda bisa melewatkan mentega yang kaya kalori dan lemak, dan sebagai gantinya, mencampurkannya dengan berbagai bumbu kering untuk menciptakan camilan larut malam yang sangat sehat dan lezat.

 

4 dari 5 halaman

4. Buah Segar dan Kacang-kacangan

Camilan yang satu ini mudah didapatkan di rumah sehingga menjadikannya pilihan ideal saat Anda lapar dan ingin bersantai di malam hari.

Selain itu, buah-buahan dan kacang-kacangan memberikan banyak manfaat nutrisi, termasuk vitamin, mineral, protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan serat. Camilan ini menghasilkan kombinasi bergizi yang akan membuat Anda kenyang sehingga bisa tertidur dengan pulas.

Contohnya adalah kacang almond dan kenari yang kaya akan serat, antioksidan, melatonin, dan magnesium. Semua nutrisi ini berperan penting dalam mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Serat dalam kacang almond dan kenari membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil sebelum tidur.

5 dari 5 halaman

5. Telur Orak-arik

Telur orak-arik bisa menjadi pilihan camilan yang sehat untuk dimakan saat malam hari. Telur memiliki tingkat melatonin tertinggi di antara semua produk hewani, selain ikan.

Kandungan protein pada telur juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, dan membantu mencegah rasa lapar di tengah malam.

6. Susu

Baik diminum hangat atau dingin, segelas susu sebelum tidur dapat membantu Anda tidur dengan mudah. Susu memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Asam amino pemicu tidur seperti triptofan juga ditemukan dalam susu.

Susu sapi bukan satu-satunya jenis susu yang terbukti membantu tidur. Susu kedelai merupakan sumber melatonin dan triptofan yang baik. Susu nabati yang dibuat dari kacang-kacangan dapat memberikan manfaat yang sama seperti kacang utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini