Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Bukan Cuma Rumah Warga, Gempa Garut M6,5 Sebabkan Rumah Sakit hingga Masjid Rusak

Gempa yang berpusat di Garut 6,5M menyebabkan rumah serta fasilitas umum rusak. Termasuk rumah sakit dan masjid.

Liputan6.com, Jakarta Gempa Garut M6,5 yang terjadi pada Sabtu, 27 April 2024 menyebabkan rumah dan gedung rusak. Termasuk fasilitas umum diantaranya rumah sakit dan masjid.

"Total rumah rusak 41 unit, total fasilitas kesehatan satu unit," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Aah Anwar Saefuloh di Garut, Minggu, 28 April 2024 mengutip Antara.

Fasilitas kesehatan yang dimaksud Aad adalah bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk. Di Kecamatan Pameungpeuk juga dilaporkan ada beberapa rumah rusak dan dua orang alami luka.

Gempa Garut semalam juga berimbas di Kecamatan Cilawu. Terdapat kerusakan di Kantor Unit BRI, dua rumah rusak di Desa Dayeuhmanggung, empat rumah rusak di Desa Sukamaju, dua rumah di Desa Mekarsari.

Daerah lainnya Kecamatan Talegong wilayah selatan berbatasan dengan Kabupaten Bandung yakni satu rumah di Desa Sukalaksana, dan satu rumah Desa Selaawi.

 Selanjutnya, Kecamatan Sukawening terdapat dua rumah rumah rusak masing-masing di Desa Mekarluyu, dan Desa Maripari. Lalu Kecamatan Cisompet terdapat satu orang luka dan satu rumah rusak di Desa Panyindangan.

Kecamatan lainnya Sucinaraja lima rumah rusak di Desa Linggamukti, satu rumah di Desa Sukarateu. Kecamatan Garut Kota terdapat dua rumah rusak di Kelurahan Cimuncang.

Wilayah selatan Garut yakni Kecamatan Pakenjeng terdapat satu rumah rusak di Desa Karangsari. Kecamatan Peundeuy terdapat satu rumah rusak. Kecamatan Singajaya terdapat satu rumah rusak di Desa Mekartani, tiga rumah di Desa Sukawangi, satu rumah Desa Pancasura, dan satu orang luka.

Kecamatan Cikelet terdapat satu rumah di Desa Awasagara. Kecamatan Wanaraja terdapat tiga rumah rusak di Desa Sukamenak. Kecamatan Cikajang terdapat satu rumah rusak.

Kecamatan Cibalong terdapat satu rumah rusak di Desa Cigaronggong, satu rumah di Desa Karyasari, satu rumah di Desa Karyamukti, dan di Kecamatan Cisurupan terdapat satu rumah rusak di Desa Balewangi.

Selain rumah ada juga satu unit kendaraan roda empat tertimpa material kanopi di Markas Polres Garut.

.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Data Sementara

Aah mengatakan bahwa itu data sementara. Petugas BPBD dan aparatur di wilayah kecamatan masih melakukan pemantauan dan juga pendataan dampak bencana gempa tersebut, termasuk jumlah korban luka-luka."Masih lanjut (pemantauan dan pendataan)," kata Aah.

Aah menuturkan gempa yang terjadi di laut Garut semalam itu dirasakan banyak wilaya di Garut.

3 dari 3 halaman

Gempa Garut Dirasakan hingga Jakarta

Gempa Magnitudo 6,5 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu malam (27/4/2024), pukul 23.29.47 WIB.

Pihak BMKG sudah mengungkapkan penyebab terjadinya gempa semalam yang juga dirasakan warga Bandung, Tangerang, dan Yogyakarta.

"Tapi gempa ini akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Garut