Sukses

Manfaat Jalan Kaki di Pantai, Simak 5 Hal yang Bakal Dirasakan Tubuh

Berjalan kaki di pantai memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti meningkatkan suasana hati dan memberikan energi yang positif.

Liputan6.com, Jakarta Berjalan kaki di pantai bukan hanya tentang menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi juga tentang mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh yang luar biasa. Merasakan sinar matahari di wajah dan angin sepoi-sepoi yang menyentuh kulit dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan energi yang positif.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapat manfaat berjalan kaki di pantai bagi kesehatan tubuh. Para ahli kebugaran menyarankan untuk mengikuti strategi tertentu agar otot-otot Anda terlatih dan suasana hati tetap baik. Dengan panduan yang tepat, Anda dapat berolahraga di pantai secara efisien dan aman, sehingga meraih manfaat kesehatan yang optimal.

Dilansir dari Good Housekeeping pada Kamis, 4 April 2024, selain membakar kalori, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa di dapatkan dari berjalan kaki di pantai. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan.

1. Melatih Otot-otot Kaki

Di mana pun Anda berjalan kaki, Anda akan melatih otot-otot kaki Anda. Berjalan di pantai akan meningkatkan efeknya dalam mengaktifkan otot-otot baru.

"Melangkah di atas pasir, terutama jika dilakukan tanpa alas kaki, adalah kesempatan untuk mengaktifkan lebih banyak otot di seluruh tubuh,” kata Jessica Smith, instruktur kebugaran bersertifikat dan pencipta program Walk On: 4-Mile Power Walk.

Kegiatan berjalan kaki di atas pasir pantai ini dapat menstimulasi dan memperkuat saraf serta otot-otot di kaki, selain itu juga mampu meningkatkan kemampuan berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Suasana Hati

"Kita semua tahu bahwa olahraga dapat meningkatkan suasana hati, tetapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa ketika Anda berjalan di tepi air, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih besar," kata Michele Stanten, instruktur kebugaran bersertifikat ACE, pelatih jalan kaki, dan penulis tiga buku, termasuk Walk Off Weight.

Menurut Stanten, ada sesuatu yang istimewa tentang berada di sekitar air yang bisa membuat Anda sangat rileks dan meningkatkan suasana hati. Bahkan, Stanten mengatakan bahwa pantai adalah tempat favoritnya untuk berjalan kaki karena efek yang ditimbulkannya pada suasana hatinya.

3. Memberikan Energi Posistif Bagi Diri

Smith menyarakan untuk mengambil kesempatan agar dapat menikmati waktu dan fokus dengan sendiri ketika berada di alam terbuka. “Dengarkan suara ombak, rasakan angin sepoi-sepoi dan sinar matahari yang menerpa wajah Anda, serta bagaimana pasir dan air terasa di bawah kaki Anda,” saran Smith.

Dengan menerapkan saran dari Smith, Anda dapat memberikan energi yang posistif bagi diri dan mendapa beragam manfaat lainnya, mulai dari risiko stres yang lebih rendah, berkurangnya kecemasan, hingga tidur yang lebih nyenyak dan peningkatan altruisme, demikian hasil penelitian.

3 dari 4 halaman

4. Menyesuaikan Intensitas Olahraga dengan Mudah

Menurut Stanten, Anda bisa menjadikan jalan kaki di pantai sebagai olahraga yang santai dan meditatif atau Anda bisa mengubahnya menjadi olahraga yang lebih berat atau melakukan campuran keduanya.

"Jika Anda berjalan dengan sepatu kets di atas pasir yang padat, maka akan mirip dengan berjalan di trotoar, meskipun tidak terlalu banyak benturan, sehingga akan lebih lembut pada persendian Anda," jelasnya.

Di sisi lain, Stanten mengatakan jika Anda berjalan tanpa alas kaki di pasir yang lembut, Anda akan melatih lebih banyak otot kaki Anda.

5. Membakar Kalori

Sama seperti olahraga lainnya, berjalan di pantai juga bisa membakar kalori, hanya saja mungkin tidak membakar lebih banyak kalori daripada berjalan di tempat lain. Smith mengatakan bahwa kalori yang dibakar saat berjalan kaki seharusnya tidak menjadi tujuan utama. 

"Meskipun cenderung mengeluarkan lebih banyak energi saat berjalan di atas pasir daripada berjalan di permukaan yang datar, Anda perlu bergerak sedikit lebih lambat untuk melangkah maju. Hal ini akan menyeimbangkan total pengeluaran kalori Anda saat berjalan di pantai dibandingkan berjalan di trotoar atau treadmill," kata Smith.

4 dari 4 halaman

Tips Saat Berjalan-jalan di Pantai

Berjalan di pantai tidak semudah berjalan di permukaan yang datar. Ikuti beberapa tips ini ini untuk tetap aman dan memaksimalkan olahraga Anda di tepi pantai:

  • Perhatikan Pasang Surut Air Laut. Sebelum Anda berjalan di tepi pantai, periksalah jadwal pasang surut air laut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan.
  • Pelan-Pelan Saja Saat Berjalan Kaki. Menurut Smith, ini karena otot-otot di kaki atau pergelangan kaki mungkin belum terkondisi untuk berjalan di atas pasir yang tidak rata.
  • Perhatikan Benda di Sekeliling. Jika berjalan tanpa alas kaki, pastikan untuk mengawasi benda-benda tajam seperti kerang, batu, sampah, dan bahkan ubur-ubur yang dapat menyebabkan cedera pada kaki.
  • Lindungi Kaki. Smith menyarankan untuk mencari sepatu air atau sandal yang terasa nyaman di atas pasir dan memberikan ruang gerak yang cukup untuk kaki Anda.
  • Kenakan Sunscreen. Pastikan bahwa Anda menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini