Sukses

Penyebab Ingin BAB Setelah Minum Kopi di Pagi Hari

Apa yang terkandung dalam kopi hingga membuat Anda berlari ke kamar mandi beberapa menit setelah meminumnya?

Liputan6.com, Jakarta Belum genap 30 menit sejak Anda minum secangkir kopi di pagi hari, setelahnya ada dorongan sangat untuk buang air besar (BAB). Bagi banyak pecinta kopi, secangkir kopi pagi hampir selalu mengharuskan Anda ke toilet sebelum pergi dari rumah dengan pikiran yang tenang.

Dilansir dari CNA, pada Kamis, 14 Maret 2024, kopi mengandung kafein, dan kafein memiliki beberapa efek pada motilitas usus.

“Kebanyakan orang tahu bahwa kopi mengandung kafein, yang merupakan diuretik yang meningkatkan produksi urine dalam tubuh Anda. Namun, yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa kafein juga memiliki beberapa efek pada motilitas usus,” kata Sulaiman Bin Yusof, seorang konsultan umum senior dan ahli bedah kolorektal dari Colorectal Clinic Associates (anak perusahaan dari Foundation Healthcare Holdings).

Sulaiman menambahkan bahwa seperti semua hal dalam hidup, hal ini tidak pernah disebabkan oleh satu hal. Ada zat-zat lain dalam kopi yang dapat menggerakkan berbagai hal dalam usus besar Anda. Ini termasuk asam klorogenat, asam sitrat, asam asetat, flavonoid dan tanin, di antara senyawa-senyawa lainnya.

"Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa bahkan rasa pahit dari kopi itu sendiri memiliki peran dalam menstimulasi perut," kata Sulaiman.

Dan beberapa senyawa ini, seperti kafein, ditemukan bahkan dalam kopi tanpa kafein. "Namun, kandungan kafeinnya sekitar 1 persen hingga 5 persen dari kopi biasa," kata Dr Stephen Tsao, seorang konsultan gastroenterologi senior dari AliveoMedical, yang juga merupakan anak perusahaan dari Foundation Healthcare Holdings.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kafein dan Hormon dalam Tubuh Menyebabkan Keinginan Buang Air Besar

Tsao menjelaskan ketika seseorang meminum cappuccino, tentu saja ada kafein yang menstimulasi otot-otot di saluran pencernaan Anda, termasuk usus besar

“Selain itu, asam klorogenat yang merupakan senyawa yang merangsang usus ini menambah efek kafein pada usus besar Anda,” kata Dr Kewin Siah, seorang konsultan senior di Divisi Gastroenterologi & Hepatologi, Departemen Kedokteran National University Hospital.

Hormon-hormon tubuh Anda juga terlibat. "Prostaglandin berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk kontraksi otot polos di usus," kata Tsao.

Menurut Siah, "gastrin (hormon yang merangsang perut untuk melepaskan asam lambung) dan kolesistokinin (hormon yang memicu sekresi empedu dan enzim untuk mencerna lemak dan protein) juga dilepaskan sebagai respons terhadap kopi, yang selanjutnya merangsang kontraksi usus besar".

Sulaiman menjelaskan, saat kontraksi otot meningkat hingga frekuensi tertentu, keinginan untuk buang air besar muncul. Sensasi ini dapat muncul dalam waktu 4 menit atau hingga 30 menit setelah minum kopi.

3 dari 4 halaman

Susu dan Gula Pada Kopi Juga Berperan

Susu sapi, tentu saja, berkontribusi pada dorongan tersebut jika Anda tidak toleran terhadap laktosa.

"Konsumsi gula dapat merangsang pelepasan insulin. Hal ini, pada gilirannya, dapat berkontribusi pada peningkatan pergerakan usus pada beberapa individu," jelas Tsao.

Selain itu, laktosa susu dan gula diklasifikasikan sebagai oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol yang dapat difermentasi.

"Zat-zat ini dapat menyebabkan gejala-gejala seperti gas, kembung, dan perubahan kebiasaan buang air besar. Kombinasi tersebut dapat memperburuk efeknya pada beberapa orang," tambahnya.

Lalu mengapa hal ini terjadi kebanyakan pada pagi hari? Siah menjelaskan bahwa jam sibuk di usus besar Anda biasanya terjadi di pagi hari karena efek kopi pada perut yang kosong semakin meningkat.

Selain itu, aktivitas kolon dan kadar kortisol secara alami lebih tinggi pada waktu ini, membuat usus lebih responsif terhadap kopi, kata Sulaiman.

4 dari 4 halaman

Apakah Kopi Bisa Membantu Mengatasi Sembelit?

Minum kopi untuk membantu Anda beraktivitas di pagi hari mungkin tidak membahayakan, kata para ahli. Tapi Anda tidak boleh mengandalkan secangkir kopi untuk buang air besar secara teratur.

"Mengandalkan kopi untuk mengatasi sembelit tidaklah ideal karena ada potensi masalah seperti iritasi usus dan dehidrasi," jelas Siah. Anda lebih baik mengeksplorasi pendekatan seperti diet kaya serat, hidrasi, olahraga teratur dan obat pencahar alami seperti jus plum atau sekam psyllium, tambahnya.

Kopi dapat menjadi suplemen yang kita gunakan untuk melancarkan buang air besar, kata Dr Sulaiman.

"Jika kita menderita sembelit meskipun sudah melakukan semua tindakan ini, kita harus mempertimbangkan untuk melakukan evaluasi kolon untuk memastikan tidak ada masalah yang mendasari usus besar. Hal ini penting jika Anda mengalami gejala lain selain sembelit seperti pendarahan atau sakit perut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.