Sukses

Mengenang Kolaborasi Suga BTS dengan 7 Musisi Terkenal di Hari Ulang Tahunnya ke-31

Inilah 7 Kolaborasi SUGA BTS dengan Musisi Dunia

Liputan6.com, Jakarta - SUGA, salah satu member idol Kpop paling populer di dunia, BTS, merayakan ulang tahunnya yang ke-31 pada Sabtu, 9 Maret 2024. Selama bertahun-tahun, SUGA telah menunjukkan bakatnya sebagai rapper, produser musik, dan penulis lagu yang berbakat. Selain berkontribusi dalam musik BTS, SUGA juga pernah berkolaborasi dengan berbagai musisi terkenal di industri musik Korea dan mancanegara.

Dalam merayakan ultah SUGA, kita mengenang berbagai kolaborasi musik yang telah dilakukannya bersama musisi terkenal. Dari IU hingga Halsey, SUGA telah menunjukkan bakatnya sebagai kolaborator yang berbakat dan telah menciptakan lagu-lagu yang mendapatkan pengakuan global. Berikut daftar musisi yang pernah berkolaborasi dengan SUGA BTS, seperti dikutip dari Soompi dan sumber lainnya.

1. IU

IU, penyanyi solo terkenal asal Korea Selatan, merupakan salah satu musisi yang pernah berkolaborasi dengan SUGA. Mereka merilis lagu berjudul 'Eight' pada 2020. Lagu ini menggali topik yang menghantui setiap individu di usia akhir 20-an. Kolaborasi epik ini mendapat banyak pujian dari penggemar dan mencapai kesuksesan komersial yang besar. Tidak hanya mendapat pengakuan di dalam negeri saja, 'Eight' juga bertengger di tangga lagu internasional.

2. Halsey

SUGA juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi pop internasional, Halsey. Mereka merilis lagu berjudul 'Boy With Luv' pada 2019. SUGA diminta untuk menulis syairnya dalam bahasa Korea. Lagu ini menjadi hit di berbagai tangga lagu internasional dan mendapatkan sertifikasi platinum di beberapa negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Lee Sora

Lee Sora, penyanyi dan penulis lagu Korea Selatan, juga bekerja sama dengan SUGA dalam proyek kolaborasi. Mereka merilis lagu berjudul 'Song Request' pada 2019. Lagu ini mendapatkan banyak pujian karena liriknya yang emosional dan vokal yang indah.

Diproduseri oleh Tablo, sosok yang merekomendasikan Suga kepada Lee Sora, lagu ini bercerita tentang kesepian yang dirasakan seseorang yang membuat mereka menyalakan radio, mendengarkan lagu yang diputar dengan suasana hati mereka saat ini. 'Song Request' merajai berbagai puncak tangga lagu di seluruh dunia.

 

3 dari 6 halaman

4. Suran

Suran, penyanyi dan penulis lagu Korea Selatan, juga pernah berkolaborasi dengan SUGA dalam lagu berjudul 'Wine' pada 2017. Ini menjadi kolaborasi kedua mereka setelah 'So Far Away', tapi di lagu ini Suga berperan sebagai produser. Suran adalah musisi pertama yang diproduseri Suga, selain BTS.

Lagu ini mendapatkan popularitas besar dan menjadi salah satu kolaborasi yang paling sukses dalam karier SUGA. Bagaimana tidak? Lagu bergenre campuran R&B, hip hop, dan elektro pop yang diproduserinya ini merupakan lagu pertama bagi Suran sejak debutnya yang berhasil menduduki puncak tangga lagu. Tidak hanya itu, keduanya berhasil meraih Hot Trend Award di Melon Music Award 2017.

 

4 dari 6 halaman

5. Epik High

SUGA juga bekerja sama dengan grup hip-hop terkenal asal Korea Selatan, Epik High. Mereka merilis lagu berjudul 'Eternal Sunshine' pada 2018. Bersama Tablo, dirinya kembali duduk di bangku produser untuk mengerjakan proyek ini. Kolaborasi ini menjadi hadiah besar bagi penggemar keduanya serta bagi Suga sendiri, yang merupakan penggemar berat Epik High.

Dalam irama yang asyik dan santai, mereka menyampaikan lirik-lirik berbobot tentang kelelahan emosional akibat tekanan sosial, sambil memberikan nasihat tentang menjalani hidup dengan langkah hati-hati. Selain itu, kolaborasi ini juga mendapatkan banyak pujian karena kombinasi rap yang kuat dan lirik yang mendalam.

 

5 dari 6 halaman

6. Heize

Heize, penyanyi solo dan penulis lagu Korea Selatan, juga pernah berkolaborasi dengan SUGA dalam lagu berjudul 'We Don't Talk Together' pada 2019. Lagu ini bercerita tentang kisah dua orang yang terpisah karena kurangnya komunikasi. Sesuai dengan genre yang mereka pilih, mellow.

Lagu ini mencapai kesuksesan komersial yang besar dan mendapatkan pengakuan atas produksi musik yang inovatif. Selain menduduki puncak tangga lagu musik, tapi juga meraih posisi pertama di sebuah acara musik meskipun tidak dipromosikan.

 

6 dari 6 halaman

7. PSY

Kolaborasi antara Suga BTS dan PSY, dua ikon dalam industri musik Korea, telah menjadi sorotan bagi para penggemar musik di seluruh dunia. Pertemuan dua musisi besar di lagu 'That That' telah menimbulkan antusiasme yang luar biasa di kalangan penggemar, mengingat keduanya memiliki gaya musik yang unik dan berbeda.

Suga, sebagai salah satu anggota terkemuka dari BTS, telah dikenal karena karyanya dalam industri musik K-pop yang inovatif dan memikat. Di sisi lain, PSY telah memperoleh ketenaran global dengan lagu fenomenalnya 'Gangnam Style', yang menjadi salah satu video terlaris di YouTube sepanjang masa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.