Sukses

Studi Ungkap, Lansia Tak Perlu Jalan Kaki 10.000 Langkah untuk Jaga Kesehatan

Studi baru yang diterbitkan di JAMA Cardiology, yang menemukan bahwa wanita berusia antara 63 dan 99 tahun hanya membutuhkan rata-rata 3.600 langkah per hari untuk mengurangi risiko gagal jantung sebesar 26%.

Liputan6.com, Jakarta - Rekomendasi bergerak dengan jalan kaki 10.000 langkah setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal jadi begitu populer. Namun, beberapa kelompok masyarakat, seperti wanita di atas usia 60 tahun mungkin tidak memerlukan langkah sebanyak itu.

Hal ini berdasarkan studi baru yang diterbitkan di JAMA Cardiology, yang menemukan bahwa wanita berusia antara 63 dan 99 tahun hanya membutuhkan rata-rata 3.600 langkah per hari untuk mengurangi risiko gagal jantung sebesar 26%.

“[Hal ini] setelah memperhitungkan perbedaan usia, ras dan etnis, serta faktor klinis yang diketahui meningkatkan risiko gagal jantung pada seseorang,” kata penulis utama Michael J. LaMonte, PhD, profesor peneliti epidemiologi dan kesehatan lingkungan di School of UB Profesi Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat, dalam pernyataannya kepada Fox News Digital.

“Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan target 10.000 langkah per hari,” katanya.

Para peneliti dari Universitas Buffalo di New York mengamati 6.000 wanita Amerika lansia berusia antara 63 dan 99 tahun, mengumpulkan data tentang aktivitas fisik, waktu duduk, dan kesehatan jantung mereka.

Selama kurun waktu 7½ tahun, terdapat 407 kasus gagal jantung pada kelompok tersebut.

Risikonya ditemukan 12% hingga 17% lebih rendah untuk setiap 70 menit aktivitas ringan (pekerjaan rumah, perawatan diri, dan tugas sehari-hari lainnya) dan 30 menit aktivitas dengan intensitas sedang hingga berat (naik tangga, melakukan pekerjaan di halaman, berjalan kaki). atau joging).

Untuk setiap 90 menit waktu duduk yang tidak banyak bergerak, risiko gagal jantung meningkat sebesar 17%, demikian temuan para peneliti.

Untuk mengukur aktivitas fisiknya, para peserta memakai alat pelacak di pinggul mereka selama seminggu.

“Bahkan aktivitas sehari-hari dan berjalan kaki dengan intensitas lebih ringan tampaknya dikaitkan dengan risiko gagal jantung yang lebih rendah pada wanita yang lebih tua,” kata LaMonte.

“Jadi, data kami menunjukkan bahwa jumlah dan intensitas aktivitas fisik di bawah rekomendasi pedoman kesehatan masyarakat saat ini dapat bermanfaat untuk pencegahan gagal jantung di kemudian hari.” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evaluasi Risiko Dua Jenis Gagal Jantung

Studi ini mengevaluasi risiko dua jenis gagal jantung yang berbeda, termasuk gagal jantung dengan fraksi ejeksi yang diawetkan (HFpEF).

Dengan kondisi ini, yang juga dikenal sebagai gagal jantung diastolik, otot jantung berkontraksi sebagaimana mestinya, namun ventrikel kiri tetap kaku dan mencegah jantung terisi darah dengan baik, menurut situs web American Heart Association.

“HFpEF adalah bentuk gagal jantung paling umum yang terjadi pada wanita lanjut usia dan di antara kelompok ras dan etnis minoritas, dan saat ini hanya ada sedikit pilihan pengobatan – yang menjadikan pencegahan primer menjadi lebih relevan,” kata LaMonte kepada Fox News Digital.

“Jenis gagal jantung ini semakin umum terjadi pada wanita, orang dewasa lanjut usia, dan kelompok ras-etnis minoritas,” kata Lamonte kepada Fox News Digital.

 

3 dari 3 halaman

Pentingnya Pencegahan

“Sayangnya, saat ini belum ada terapi yang mapan untuk mengobati subtipe gagal jantung ini, sehingga pencegahannya menjadi lebih penting. Relevansinya semakin meningkat seiring bertambahnya usia populasi, karena jumlah perempuan diperkirakan akan melebihi jumlah laki-laki pada kelompok usia 80+ dalam beberapa dekade mendatang.”

LaMonte menambahkan, “Potensi aktivitas intensitas ringan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkontribusi terhadap pencegahan HFpEF pada wanita lanjut usia merupakan hasil yang menarik dan menjanjikan untuk dievaluasi oleh penelitian di masa depan pada kelompok lain, termasuk pria lanjut usia.”

Risiko gagal jantung, termasuk HFpEF, menjadi “jauh lebih rendah” yaitu sekitar 2.500 langkah per hari, menurut rilis tersebut.

Risikonya turun 25% hingga 30% pada angka 3.600 langkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini