Sukses

Viral Penonton Korea Diduga Fansite Bikin Ricuh di Golden Disc Awards, Ngamuk hingga Banting Petugas

Ada penonton Korea yang membuat kericuhan di Golden Disc Awards semalam. Diduga yang membuat kericuhan adalah fansite.

Liputan6.com, Jakarta Gelaran Golden Disc Awards (GDA) ke-38 di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (6/1/2024) malam sempat diwarnai kericuhan oleh penonton yang berasal dari Korea Selatan.

Dalam video yang beredar di media sosial ada potongan video yang memperlihatkan seorang penonton menarik seorang petugas hingga terjatuh.

Lalu, terlihat juga seorang pria sembari membawa kamera berukuran besar yang diamankan petugas keamanan. Saat diamankan, pria tersebut sembari berteriak ke arah petugas.

Untuk diketahui, salah satu aturan adalah penonton dilarang membawa kamera profesional, kamera semi-profesional, kamera digital atau still.

Diduga pria tersebut adalah seorang fansite. Fansite adalah situs web yang dibuat dan dikelola oleh penggemar seorang selebriti, benda atau budaya tertentu.

 Di potongan video lain, terlihat seorang pria berkaos hitam memakai kacamata berteriak saat diamankan tim keamanan acara tersebut. Pria tersebut juga sempat mengatakan shibal.

"Salah satu fansite Korea yang menunjuk dan marah pada penonton wanita di GDA Jakarta. Jika Anda pernah melihat pria ini pergi ke negara Anda & menghadiri konser, harap hubungi keamanan secepatnya karena dia berteriak saat anggota svt berpidato," kata pemilik akun Twitter @gomxxxariya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

"Shibal" Sampai Trending di Twitter

 

Kata 'shibal' berarti sialan dalam bahasa Indonesia. Kata 'shibal' diucapkan orang Korea sebagai ungkapan rasa kesal terhasp suatu hal.

Kata ini termasuk umpatan kasar kepada orang yang tak disenangi.

Saking ramainya cuitan tentang kejadian tak mengenakkan semalam sampai-sampai kata 'shibal' masuk dalam trending topic Twitter pada Minggu, 7 Januari 2024 siang.

Sekitar 18 ribu unggahan menggunakan diksi tersebut.

3 dari 4 halaman

Kata Penonton GDA

Ketidaknyamanan gegara kericuhan yang terjadi membuat penonton GDA yang niatnya ingin menikmati acara malam tersebut terganggu. 

"Lu yang shibal, aku viralin!!!Kalo besok besok pas konseran ada muka mereka, bacotin aja langsung," kata pemilik akun Twitter @wiwidia.

Menurut ceritanya, awal GDA berlangsung berjalan aman. Namun, ketika para artis yang menang award tampil untuk memberikan pidato, para oknum fansite mengeluarkan kamera. Padahal jelas-jelas dalam aturan dilarang membawa kamera tapi mereka mampu menyembunyikan kamera tersebut.

Sesudah itu, para oknum fansite mulai drama kejar-kejaran dengan security. Selama acara GDA berlangsung berjalan main tabrak ke penonton lain tanpa meminta maaf.

"Mulailah drama kejar-kejaran dengan security, dan mereka selama acara tuh jadi seenaknya, jalan main tabrak aja ga minta maaf, berdiri mepet kita buat sembunyi dari security, jujur takut ngeliatnya kayak anjir lu rusuh banget," kata @wiwidia.

"Akhirnya banyaklah yang ketangkep, itu juga adu otot dulu sama security pas di tangkep."

4 dari 4 halaman

Bertabur Bintang KPop Newjeans hingga Seventeen

Kehadiran penonton Korea maupun fansite tak lain karena gelaran GDA semalam bertabur bintang KPop. Hadir NewJeans yang juga tampil dengan membawakan beberapa lagu seperti "Cool with You" dan "Ditto".

Lalu, ada juga sejumlah grup dan idola K-pop lainnya hadir tampil di GDA. Beberapa diantaranya, yakni ZEROBASEONE, BOYNEXTDOOR, Keena FIFTY FIFTY, ENHYPEN, dan STAYC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.