Sukses

Saat Flu dan Pilek Muncul, Kapan Harus Minum Obat?

Gejala flu dan pilek secara umum dapat membuat orang segera meminum obat flu

Liputan6.com, Jakarta - Pada musim penghujan seperti saat ini, flu dan pilek kerap kali menghampiri. Demam, hidung tersumbat hingga berair bukanlah kondisi yang menyenangkan. Namun, sebelum mulai mencari obat pilek, sebaiknya pikirkan sejenak apakah Anda benar-benar memerlukannya.

Selepas pandemi, sesuatu yang kecil seperti pilek mungkin terasa seperti masalah yang lebih besar—atau setidaknya, memerlukan penjelasan.

Gejala pilek secara umum dapat membuat orang segera meminum obat flu, namun pada akhirnya, hal ini bisa lebih merugikan daripada menguntungkan kesehatan Anda.

Mengonsumsi obat flu yang tidak perlu dapat membuat Anda terkena berbagai efek samping yang tidak diinginkan.

“Seringkali obat flu membuat orang mengantuk,” Eric Ascher, DO, dokter pengobatan keluarga di Rumah Sakit Northwell Lenox Hill, mengatakan kepada Health.

“Ini tidak ideal jika orang-orang harus menempuh perjalanan jauh ke tempat kerja, menjadi pengasuh, atau perlu membuat keputusan penting.”

Lebih lanjut Ascher menjelaskan, obat flu bisa membuat orang pusing, menyebabkan tekanan darah tinggi, atau memperparah penyakit asam lambung.

Selain efek samping negatif tersebut, obat flu juga berpotensi tidak bekerja dengan baik jika bercampur dengan obat lain yang mungkin sudah lebih dulu diminum.

Itulah mengapa penting untuk selalu memeriksa bahan-bahan dan efek samping yang tercantum pada kemasan obat bebas.

“Pada kemasannya akan disebutkan potensi interaksi dengan obat lain dan dosis yang dianjurkan,” Joaquin Villegas, MD, dokter pengobatan keluarga di UTHealth Houston, mengatakan kepada Health.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketahui Efek Samping Obat

Misalnya saja dekongestan seperti pseudoefedrin yang bisa menyebabkan jantung berdebar atau meningkatkan tekanan darah, ujarnya. Antihistamin seperti diphenhydramine dapat berdampak buruk pada pasien lanjut usia dan menyebabkan kebingungan dan bahkan retensi urin.

Bahkan obat-obatan seperti asetaminofen bisa mematikan jika dikonsumsi terlalu banyak. Asetaminofen diproses oleh hati, sehingga penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan bahkan menyebabkan reaksi parah.

Jika memiliki pertanyaan, bicarakan dengan dokter atau apoteker tempat Anda mengambil obat sebelum meminumnya, kata Villegas.

3 dari 4 halaman

Redakan Gejala Flu Tanda Obat

Ada banyak cara untuk meringankan gejala ringan seperti pilek tanpa obat.

“Saya selalu merekomendasikan minum banyak cairan dan istirahat kepada semua pasien saya karena dehidrasi dapat memperburuk gejala,” kata Villegas.

“Tetapi ada pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi gejala tertentu.”

Untuk sakit tenggorokan, ia menganjurkan untuk berkumur dengan air garam, serta menyesap teh hangat dan makan sesendok madu.

“Perlu diingat, jangan memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun,” jelas Villegas.

Bagi mereka yang mengalami hidung tersumbat, ia menyarankan mandi uap atau mandi air panas untuk membersihkan saluran hidung. Jika mandi air panas terlalu sulit untuk ditanggung, ia menyarankan pelembab kabut dingin untuk membantu mengurangi kemampetan.

Ascher menambahkan rekomendasi berikut untuk penderita gejala pilek ringan:

  • Teh panas dengan madu dan lemon
  • Sup panas
  • Banyak air untuk membantu mengeluarkan racun
  • Istirahat
  • Buah/sayuran untuk nutrisi dan antioksidan

Ia mencatat bahwa meskipun banyak orang mungkin mengonsumsi vitamin C atau seng ketika mereka mulai merasa sakit, penelitian menunjukkan bahwa hal itu mungkin tidak akan banyak membantu.

Orang-orang yang tidak hanya berusaha meringankan gejala, namun mencoba mencegah pilek, mungkin juga ingin mempertimbangkan konsumsi bawang putih setiap hari, katanya.

4 dari 4 halaman

Kapan Anda Harus Minum Obat Flu

Jika gejala Anda tidak hilang dengan pengobatan rumahan, mungkin inilah saatnya mempertimbangkan untuk minum obat flu.

Menurut Ascher, ini tanda-tanda pantasnya minum obat:

  • Demam/menggigil/keringat malam
  • Pegal-pegal
  • Kelelahan yang ekstrem
  • Batuk yang membuat Anda terjaga di malam hari atau menyebabkan sesak napas
  • Bersin yang menyebabkan sakit kepala atau tekanan pada wajah
  • Penyakit yang memburuk dalam beberapa hari
  • Penting juga untuk mengetahui kapan obat flu saja tidak cukup, dan tindakan lebih lanjut diperlukan untuk memprioritaskan kesejahteraan Anda.

“Obat-obatan yang dijual bebas sangat bagus untuk membantu meringankan gejala,” kata Villegas.

"Tetapi jika Anda mulai mengalami demam yang tidak kunjung membaik dengan obat-obatan, atau sesak napas yang tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk pergi ke dokter. atau perawatan mendesak untuk evaluasi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.