Sukses

Gatal-Gatal dan Ruam Kulit karena Stres, Kok Bisa?

Gatal akibat stres biasanya terlihat seperti bengkak akibat gigitan nyamuk

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi stres yang parah bisa menimbulkan beberapa gejala unik. Misalnya, beberap aorang menyadari bahwa saat menghadapi pandemi COVID-19, kulit mereka terlihat meradang seiring meningkatnya kadar stres.

Terkadang seseorang mungkin merasa menggaruk dada lebih sering dari biasanya sehingga muncul ruam. Bercak ruam bisa muncul di leher hingga sekitar pusar. Warnanya mungkin kemerahan jika orang tersebut berkulit terang.

Sedangkan pada individu yang memiliki riwayat eksim cenderung menggambarkan kondisi kemerahan dan gatal itu secara berbeda. Ruam kulit dan bercak itu tidak akan bertahan lama dan tak perlu dikhawatirkan. Meski demikian, kondisi itu bisa mengganggu dan membuat Anda bertanya-tanya apa penyebabnya serta bagaimana cara mencegahnya.

Terkait pertanyaan tersebut, kemungkinan besar ruam akibat stres adalah penyebabnya. Jadi, jika Anda pernah mengalami kulit biduran dan gatal saat stres, berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Ruam Stres?

“Ruam akibat stres adalah radang kulit yang dipicu oleh stres,” kata Debra Jaliman, MD, dokter kulit yang berbasis di New York, kepada Health.

"Jika Anda mengalami banyak stres, Anda bisa terkena gatal-gatal, misalnya, atau ruam kulit yang sudah Anda alami bisa memburuk."

Biduran, juga dikenal sebagai urtikaria, menurut American Academy of Dermatology, adalah bekas gatal yang ukurannya bervariasi dan muncul di bagian tubuh mana saja.

"Bital-gatal akibat stres biasanya terlihat seperti bengkak akibat gigitan nyamuk," kata Rachel Nazarian, MD, dokter kulit yang berbasis di New York kepada Health.

"Mereka tampak sedikit menonjol, bengkak, bercak merah atau merah muda pada kulit, tapi tergantung pada warna kulit Anda, mereka mungkin terlihat sedikit berbeda." 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stres Bisa Pengaruhi Tubuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology Practical and Conceptual pada tahun 2021 menjelaskan bagaimana stres dapat memengaruhi sistem endokrin, kekebalan, dan saraf. Misalnya, stres dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan mengakibatkan wabah psoriasis atau eksim yang disebabkan oleh stres.

Namun apa pun jenis stres yang Anda alami, Anda tidak sendirian; setiap orang mengalami stres, dan ruam serta gatal-gatal akibat stres mungkin lebih umum terjadi daripada yang Anda kira. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di jurnal Advances in Dermatology and Allergology meneliti hubungan antara stres dan gatal pada sekelompok partisipan wanita.

Studi tersebut membahas bagaimana stres dapat berperan dalam gatal-gatal kronis. Stres tidak hanya dapat memperburuk kondisi, tekanan emosional juga dapat menurunkan ambang rasa gatal. Dengan kata lain, stres berat bisa membuat Anda merasakan rasa gatal yang semakin hebat.

3 dari 4 halaman

Mengapa Tubuh Bereaksi Terhadap Stres Seperti Ini?

Saat stres, tubuh Anda mengeluarkan respons kimiawi yang dapat menyebabkan peradangan kulit. Studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology Practical and Conceptual menjelaskan bahwa ketika Anda stres, jalur yang disebut poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA) terpicu. Proses ini menyebabkan pelepasan kortisol, hormon stres lainnya, dan sel mast.

Sel mast adalah komponen kunci di balik kulit yang gatal dan teriritasi karena mereka menghasilkan bahan kimia histamin, menurut American Academy of Family Physicians.

Sayangnya, bagaimana respons histamin tersebut menyebabkan ruam atau kambuhnya kondisi kulit Anda yang lain masih belum jelas. “Kami tidak tahu bagaimana atau mengapa kulit merespons hormon stres Anda, tapi ini bukan hubungan langsung,” kata Dr. Nazarian. “Kami mungkin tidak tahu persis mengapa pemicunya terjadi, tapi kami tahu cara memperbaikinya.”

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ruam Stres

Dr. Nazarian mengatakan ruam akibat stres bersifat sementara, artinya ruam tersebut dapat hilang dengan sendirinya, biasanya dalam waktu 24 jam (walaupun Anda mungkin akan mengalami ruam akibat stres di masa mendatang jika Anda mulai merasa stres ekstra lagi).

Namun jika ruam atau gatal-gatal akibat stres mengganggu Anda, Dr. Nazarian dan Dr. Jaliman merekomendasikan perawatan yang dijual bebas. Perawatan ini termasuk antihistamin seperti Benadryl atau Zyrtec, atau krim kortison untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan kulit gatal.

Dr Nazarian juga menyarankan untuk menghilangkan faktor-faktor yang menjengkelkan seperti peningkatan panas atau pakaian ketat di sekitar area ruam stres Anda. “Panas diketahui menjengkelkan sekaligus menekan,” kata Dr. Nazarian.

Jika Anda tidak melihat perbaikan apa pun setelah mencoba pengobatan yang dijual bebas, Dr. Nazarian dan Dr. Jaliman menyarankan untuk meluangkan waktu menemui dokter kulit. Alasannya adalah ruam tersebut bisa menandakan sesuatu yang lain sedang terjadi. “Rata-rata orang bisa saja salah mendiagnosis, jadi jangan takut untuk mencari dokter kulit,” kata Dr. Jaliman.

Perawatan bahkan mungkin sesederhana membutuhkan pengobatan yang lebih kuat daripada obat yang dijual bebas.

“Ada juga beberapa orang yang memerlukan obat yang lebih kuat untuk mengontrol pelepasan histamin, sehingga mereka mungkin ingin mencoba resep antihistamin atau resep krim kortison,” kata Dr. Nazarian.

"Beberapa area memiliki kulit yang lebih tipis sehingga mudah dirawat seperti lengan atau kaki. Namun area yang lebih tebal seperti tangan atau kaki, krim yang dijual bebas tidak dapat meresap dengan baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini