Sukses

Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023 Mulai Besok, Pahalanya Senilai Puasa Setahun!

Puasa Ayyamul Bidh Desember 2023, Ini Niat dan Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh pada bulan Jumadal Akhirah 1445 H. Diketahui bahwa awal Jumadal Akhirah 1445 H dimulai pada Jumat, 15 Desember 2023, sebagaimana disampaikan Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) pada Rabu, 13 Desember 2023.

Ayyamul bidh berarti hari-hari cerah, yaitu hari yang malamnya disinari bulan purnama. Hari-hari tersebut jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulan Hijriah.

Puasa Ayyamul Bidh Kapan?

Di bulan Jumadal Akhirah 1445 H, puasa ayyamul bidh jatuh pada hari Rabu, 27 Desember 2023 hingga Jumat, 29 Desember 2023. Artinya, puasa sunah ini berlangsung selama tiga hari pada Desember 2023, yaitu tanggal 27, 28, dan 29.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, hukum puasa di ayyamul bidh adalah sunnah muakkadah, sebuah amalan yang sangat dianjurkan.

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian'," (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Merujuk informasi dari situs Nahdlatul Ulama (NU) Online pada Selasa, 26 Desember 2023, begini niat puasa ayyamul bidh adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ.

Artinya "Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Niat Puasa Ayyamul Bidh Dilafalkan Secara Lisan

Niat ayyamul bidh ini disunnahkan untuk dilafalkan dengan lisan, tidak sekadar dibaca dalam hati. Niat ini juga mulai boleh dilaksanakan sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat.

Hal itu dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

Sebelum melaksanakan puasa ayyamul bidh, umat Islam disunnahkan untuk sahur terlebih dahulu pada waktu menjelang Subuh sebelum imsak.

Jika waktu Maghrib telah tiba, sunah bagi orang yang melakukan puasa ayyamul bidh untuk menyegerakan berbuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan seperti puasa sepanjang tahun bagi yang dapat melaksanakannya selama tiga hari.

Sebuah hadits yang diriwayatkan Abudzar ra menjadi dalil atasnya. Disebutkan, Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun.

Kemudian Allah SWT menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut: ‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ (QS al-An’am: 160). Satu hari sama dengan 10 hari’.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi.

Ia berkata, “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (I’ânatut Thâlibîn Juz II)

Apalagi puasa ini dilakukan di bulan Muharam. Hal ini sangat dianjurkan sesuai hadits Nabi Muhammad SAW.

“Barangsiapa yang berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini