Sukses

Bayi Demam Saat Tumbuh Gigi, Kapan Orangtua Perlu Waspada?

Demam pada saat bayi tumbuh gigi terjadi jika suhu tubuh tidak sampai 38 derajat Celsius. Sedangkan jika sudah lebih dari itu, makan orangtua perlu waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Demam ketika anak tumbuh gigi perlu diwaspadai, demikian dokter gigi spesialis anak Ari Rosita mengingatkan para orangtua.

Pertumbuhan gigi pada bayi dimulai pada usia enam bulan. Bahkan, beberapa diantaranya ada yang mengalami mulai tumbuh gigi pada usia empat bulan.

Menurut Rosita, demam pada saat anak tumbuh gigi terjadi jika suhu tubuh tidak sampai 38 derajat Celsius. Sedangkan jika sudah lebih dari itu, makan orangtua perlu waspada.

"Kenaikan suhu sedikit, 37-37,5 derajat Celsius. Suhu bisa naik karena saat tumbuh, gigi menembus tulang alveolar dan juga gusi. Pada proses ini, gusi mengalami kemerahan dan mengalami peradangan karena gigi akan menembus. Dalam hal ini akan mengalami kenaikan suhu badan dan belum dikatakan demam. Kalau demam, suhu belum mencapai 38 derajat Celsius," tuturnya, dilansir Antara.

Untuk mengetahui perbedaan tumbuh gigi dengan gejala lain, menurutnya orangtua harus lebih menyadari kondisi bayi, terutama ketika bayi demma kemudian tidak ada batuk dan pilek.

"Perlu dicek lagi di gigi, rongga mulut ada kemerahan atau tidak, termasuk di gusinya. Ada ngiler atau tidak atau keluar air liur secara tiba-tiba, sering mengusap gusinya, memasukkan alat atau benda ke dalam mulutnya," jelas Rosita.

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda tersebut maka bisa dipastikan kenaikan suhu tubuhnya disebabkan oleh tumbuh gigi.

"Tetapi ketika bayi ada batuk, pilek, ingus, rewel yang parah, sebagai orangtua harus waspada ada infeksi lain di luar tumbuh giginya. Demam merupakan suatu tanda atau warning alarm sedang ada sesuatu. Apalagi demamnya tinggi, harus dicari penyebabnya apa, bukan hanya sekadar tumbuh gigi." ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal yang Harus Ibu Lakukan Jika Bayi Demam

 

Hal yang harus dilakukan oleh ibu saat bayi mengalami kenaikan suhu tubuh yakni memperbanyak memberinya air susu ibu (ASI).

"Selain itu dibantu memijat-mijat gusi yang kemerahan dengan catatan saat memijak gusi bayi cucilah tangan terlebih dahulu, pastikan tangan dalam kondisi bersih. Ini akan membuat bayi lebih tenang," jelasnya.

Demam akibat tumbuh gigi pada bayi hanya berlangsung selama beberapa hari. Suhu tubuh bisa kembali normal tanpa harus mengonsumsi obat penurun panas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini