Sukses

Sulit Tidur? Konsumsi Buah Ini untuk Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pisang bisa menjadi rahasia untuk tidur malam yang nyenyak.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki ritual tersendiri di malam hari untuk mendapatkan tidur nyenyak, baik itu meminum teh chamomile, menyalakan lilin beraroma favorit, menyalakan musik yang menenangkan atau menarik tirai untuk menciptakan lingkungan bebas stres yang kondusif untuk tidur.

Namun, kualitas tidur seseorang sangat bergantung pada apa yang dimakan di jam-jam sebelum tidur. Meskipun ada yang menyebutkan bahwa kita tidak boleh mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, karena dapat menyebabkan kegelisahan dan gangguan pencernaan.

Tetapi makanan tertentu dapat menenangkan otak, dan membuat kita mendapatkan tidur malam yang sehat. Makanan apakah itu? Jawabannya adalah buah pisang. Ya, makan pisang sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Ahli gizi Avni Kaul mengatakan makan pisang sebelum tidur tidak hanya memuaskan hasrat manis seseorang, tetapi juga memberikan obat alami untuk malam yang tenang seperti dikutip dari Health Shot.

"Dalam upaya untuk tidur malam yang nyenyak, beberapa orang beralih ke berbagai obat, dari teh herbal hingga musik yang menenangkan. Namun, solusi yang mudah dan lezat adalah dengan satu buah pisang," kata Kaul.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pisang bisa menjadi rahasia untuk tidur malam yang nyenyak:

1. Menjadi Ritual Malam dan Obat untuk Tidur

Ritual makan buah pisang sebelum tidur dapat memiliki manfaat psikologis. Terlibat dalam rutinitas yang menenangkan memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya untuk bersantai, mempersiapkannya untuk tidur nyenyak di malam hari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pisang Membangkitkan Nutrisi untuk Merangsang Tidur

"Pisang adalah pembangkit tenaga nutrisi, dan salah satu elemen penting yang berkontribusi terhadap sihir pemicu tidur mereka adalah asam amino triptofan. Triptofan adalah prekursor serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati dan meningkatkan relaksasi," kata Kaul.

Selain itu, serotonin diubah menjadi melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur-bangun. Dengan makan pisang, seseorang memberi tubuh bahan yang diperlukan untuk menghasilkan zat kimia yang mempromosikan tidur ini, membantu seseorang tertidur lelap.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Pisang Memiliki Sifat Relaksasi Otot

Buah ini juga mengandung magnesium dan kalium, mineral penting yang dikenal karena sifat relaksasi ototnya. Ketegangan otot adalah penghalang umum untuk kualitas tidur, dan kombinasi magnesium dan kalium dalam pisang dapat membantu meredakan ketegangan, mempromosikan rasa tenang di seluruh tubuh.

 

4 dari 4 halaman

4. Pisang Memiliki Karbohidrat Esensial

Pisang juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. Sementara makanan tinggi karbohidrat sebelum tidur umumnya tidak dianjurkan, gula alami dalam pisang dapat membantu mengatur kadar gula darah pada malam hari.

"Pelepasan energi yang lambat dari gula ini mencegah kenaikan gula darah, mengurangi kemungkinan terbangun di tengah malam karena kelaparan atau ketidaknyamanan," kata Kaul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini