Sukses

5 Manfaat Mandi Pakai Air Hangat, Salah Satunya Bantu Tenangkan Pikiran Lho

Musim hujan datang, banyak orang yang memilih menggunakan air hangat ketika mandi. Menariknya, mandi air hangat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia. Selain untuk menjaga kebersihan tubuh, mandi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga hal ini dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam virus akibat penyakit.

Ketika musim hujan melanda, banyak orang yang memilih menggunakan air hangat ketika mandi. Menariknya, mandi air hangat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut lima manfaat mandi air hangat dilansir dari Byrdie pada Selasa, 12 Desember 2023.

1. Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Mandi air hangat bisa menjadi solusi terbaik ketika tubuh merasa tegang setelah seharian beraktivitas. Menurut pelatih kebugaran, Dr. Haley Perlus, Ph.D, air hangat mampu melepaskan ketegangan otot dan mengendurkan kejang.

Dengan mandi pakai air hangat, otot menjadi rileks serta melancarkan aliran darah ke area yang kaku.

“Secara khusus, mandi air hangat membuat sirkulasi darah lebih lancar, alhasil membuat otot mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang lebih baik” jelasnya.

“Hal itu membuat ketegangan otot menurun, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan elastisitas jaringan ikat,” lanjut Perlus.

2. Menenangkan Pikiran

Air hangat memungkinkan seseorang untuk fokus sepenuhnya pada indra tubuh termasuk kulit. Pikiran akan terasa tenteram, seolah semua terasa nyaman dan beban menghilang.

“Mandi dengan air hangat dapat menciptakan lingkungan yang baik untuk melepaskan diri. Selain itu cara ini juga merupakan salah satu meditasi agar tidak stres,” kata Perlus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Kecemasan

Penelitian dalam jurnal Evid Based Complement Alternat Medicine telah menemukan, mandi air hangat atau dingin mampu meningkatkan aspek kualitas hidup secara fisik dan emosional.

Tercatat dalam penelitian tersebut, mandi mampu meningkatkan kesehatan umum dan mental. Selain itu skor stres dan kecemasan lebih rendah dibandingkan tidak mandi.

“Berendam di air hangat dapat menenangkan sistem saraf, meningkatkan mood, serta menurunkan tingkat kecemasan dan stres dalam tubuh,” jelas Perlus.

3 dari 4 halaman

4. Napas Lebih Lega

Dengan mandi air hangat, temperatur dari uap yang terhirup ternyata mampu melegakan pernapasan serta meningkatkan asupan oksigen ke paru. Tak hanya itu, berendam dengan volume air hangat yang banyak juga memberikan manfaat yang sama.

“Mandi air hangat meningkatkan asupan oksigen,” kata Perlus.

Cara ini juga berguna bagi seseorang yang sedang flu dan pilek. Sebab mandi dapat membuat pembuluh darah di hidung dan wajah melebar, sehingga dapat melonggarkan penyumbatan lendir serta meredakan gejala flu dan pilek.

4 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berendam di air hangat diyakini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Penelitian terdahulu menunjukkan air laut dalam yang hangat memiliki kemampuan untuk meningkatkan imunitas tubuh,” tutur pakar kesehatan, Posina.

Meski begitu, ia mengatakan perlu penelitian lanjutan guna menegakkan hal tersebut. Walau demikian, ia masih meyakini bahwa ada manfaat dari berendam di air hangat dan kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.