Sukses

Mantan Menkes Terawan: Doni Monardo Teamwork yang Baik Tangani Pandemi COVID-19

Kenangan mantan Menkes Terawan Agus Putranto saat kerja bareng Doni Monardo tangani pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto mengenang sosok Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019-2021 Letjen TNI Purnawirawan Doni Monardo merupakan teamwork yang baik, terutama saat penanganan pandemi COVID-19.

Terawan bercerita pengalamannya bekerja sama dengan Doni Monardo saat pandemi COVID-19 di awal menerjang Indonesia.

Saat itu, Doni Monardo ditunjuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 -- yang kemudian berganti menjadi Ketua Satgas Penanganan COVID-19.

"Mas Doni adalah teamwork yang baik saat pandemi COVID-19 di awal 2020. ketika saya Menkes, beliau adalah Kasatgas COVID-19," jelas Terawan sebagaimana keterangan yang dikirimkan oleh Oktafiandi selaku Juru Bicara Terawan pada Minggu (3/12/2023).

"Mas Doni seorang prajurit yang patriot. Jiwa prajuritnya mengalir deras untuk Ibu Pertiwi. Semangatnya untuk kemanusiaan selalu membara seperti Baret kebanggaannya."

Terkendala Pagu Anggaran untuk COVID-19

Pada waktu awal pandemi COVID-19, Terawan menceritakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkendala dengan upaya penyebaran COVID-19. Salah satunya soal pagu anggaran untuk penyediaan kebutuhan pencegahan COVID-19.

Pagu Anggaran adalah alokasi anggaran yang ditetapkan untuk mendanai belanja pemerintah pusat dan/atau pembiayaan anggaran dalam APBN.

"Di awal kasus kala itu, Kemenkes tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID 19 dikarenakan terkendala dengan pagu anggaran yang tidak ada, sehingga tidak bisa menyiapkan keperluan untuk pencegahan dengan banyak, seperti masker, Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, dan lainnya," kata Terawan Agus Putranto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puji Kesigapan Doni Monardo

Kendati dipenuhi berbagai tantangan dan hambatan yang dialami Kemenkes terkait pagu anggaran di awal pandemi COVID-19, Terawan Agus Putranto memuji kesigapan Doni Monardo dalam menyiapkan segala instrumen yang dibutuhkan.

Tujuannya, agar bisa bergerak dengan cepat dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

"Mas Doni melalui BNPB menyiapkan regulasi itu dengan dibentuknya Gugus Tugas (selanjutnya menjadi Satuan Tugas/Satgas), sehingga pagu anggaran bisa disiapkan oleh BNPB melalui Dana Siap Pakai (DSP) karena situasi bencana kesehatan," tutur Terawan.

"Mas Doni juga menyiapkan tempat isolasi di luar dari rumah sakit seperti Wisma Atlet dan lain sebagainya."

3 dari 4 halaman

Doni Monardo Tak Suka Menunggu 'Bola'

Selain itu, Terawan Agus Putranto juga mengenang kepemimpinan Doni Monardo saat menjabat Kepala BNPB yang tidak suka menunggu 'bola.'

Sebagai seorang pimpinan, Doni Monardo kerap kali melakukan inspeksi langsung ke lapangan untuk memastikan semua arahan berjalan dengan semestinya.

"Bersama kita sering keliling Indonesia untuk memastikan pola pencegahan (COVID 19) berjalan dengan baik, serta pola penyembuhan di Rumah Sakit juga terlaksana dengan baik," kenang Terawan.

Doni Monardo Orang Baik

Terawan juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Kepala BNPB Letjen TNI Purn Doni Monardo pada Minggu (3/12/2023) di Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi Jakarta.

"Mas Doni orang baik, saya turut berduka. Semoga semua amal ibadah beliau diterima dan diampuni segala dosanya, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Doni Monardo Sosok Berintegritas

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenang mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo sebagai sosok berintegritas yang sangat dibutuhkan oleh negara.

"Wapres sangat menghormati integritas beliau sebagai seorang tokoh, sehingga tokoh seperti dia sangat dibutuhkan negara, kata Wapres," ujar Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi, Minggu (3/12/2023) malam.

Masduki menyebut Wapres akan berusaha menyempatkan diri untuk melayat ke rumah duka Doni Monardo pada Senin ini.

Ma'ru Amin juga pernah ke kantor BNPB semasa masih berada di bawah kepemimpinan Doni Monardo pada awal masa pandemi COVID-19 untuk mendengarkan langkah-langkah penanganan COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.