Sukses

Siwon Diduga Pro Israel, Netizen Singgung Titel Duta UNICEF dan Rasa Manusiawi Lihat Anak-Anak Gaza Dibom

Ramai soal dugaan member Super Junior, Siwon pro Israel

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Korea Selatan, Choi Siwon atau Siwon, mendapat pandangan negatif dari banyak pihak lantaran diduga pro terhadap Israel.

Personel boyband Super Junior ini banyak memiliki penggemar di Indonesia. Terlebih, pria kelahiran 10 Februari 1987 kerap bertandang ke Tanah Air. Yang terbaru adalah ketika Siwon menjadi juri tamu di acara kontes memasak di salah satu televisi nasional.

Kesan baik pun didapat dari para penonton dan orang-orang yang bekerja sama dengan Siwon dalam acara tersebut.

"Ketika menerjemahkan Siwon di MasterChef Indonesia kemarin, aku belajar banyak sekali dari beliau. Siwon selalu berdoa di setiap proses pada hari itu. Beliau selalu membawa nama Tuhan di setiap langkahnya. Atmosfer shooting juga sangat menyenangkan berkat sifat humblenya! #SiwonChoi," tulis pengguna Twitter alias 'X' yang diduga penerjemah Siwon melalui akun @nojaew.

Sayangnya, usai informasi soal keberpihakan Siwon pro Israel menyebar, dia pun menuai cibiran dari warganet.

"Lagi suka-sukanya sama Siwon di MCI kemarin, ternyata pro Zionist, mundur deh," tulis akun X @tanyarlfes.

<p>Siwon Diduga Pro Israel. Netizen Kembali Menunggah Foto-Foto Choi Siwon Member Super Junior Sekaligus Duta UNICEF Bersama Duta Besar Israel</p>

Komentar tersebut ditulis bersama unggahan foto berupa tangkapan layar dari Twitter @btsrvskzloml. Tangkapan layar tersebut berisi utas yang menampilkan foto-foto Siwon bersama beberapa orang Israel.

"Artis K-Pop yang mendukung apartheid Israel! Tolong berhenti mengikuti saya sekarang jika Anda masih mendukung mereka!” tulis @btsrvskzloml dalam utasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siwon Kedapatan Sarapan dengan Duta Apartheid Israel

Dalam utas tersebut, akun X tersebut menampilkan beberapa artis K-Pop yang diduga pro Israel, salah satunya Siwon.

"Siwon Choi (Super Junior): secara terang-terangan pergi sarapan atau melakukan hal lain bersama duta apartheid Israel," tulis @btsrvskzloml.

Unggahan ini mendapat banyak komentar dari warganet. Tak sedikit yang kecewa dengan keberpihakan Siwon terhadap Israel.

"Siwon? Sumpah kecewa banget," kata pengguna Twitter.

"Whatt?? Siwon?? Astagaaaaa."

"Itu Siwon serius? Kaget bangetttt."

3 dari 4 halaman

Pandangan Warganet Lain Terhadap Isu Siwon Pro Israel

Meski begitu, beberapa warganet masih menduga bahwa makan bersama bukan berarti pro terhadap Israel.

"Bingung dah emang kalau makan siang, foto bareng, itu artinya ngedukung ya? Cape jelasinnya pasti bakal tetep dianggap salah dan diserang," kata pengguna Twitter.

Warganet lainnya mencoba memberi penjelasan dari sudut pandangnya. Menurutnya, pertemuan Siwon dengan pihak Israel terjadi pada 2021.

Sedangkan, Siwon juga terlihat menyukai unggahan UNICEF baru-baru ini yang berisi soal anak-anak Gaza.

"Entah ini sifatnya membela atau nggak. Yang pasti aku mau ngasih kejelasan waktu. Enggak tahu aslinya Siwon bagaimana. Tapi itu di tahun 2021 acara diplomasi Korea-Israel di mana Siwon diundang. Sedangkan ini postingan UNICEF yang terbaru tentang anak-anak di Gaza dan Siwon ninggalkan like," tulis warganet itu.

4 dari 4 halaman

Dikenal Sebagai Duta UNICEF tapi Tak Bergeming Soal Masalah Anak di Gaza

Siwon memang dikenal sebagai duta UNICEF, organisasi internasional yang fokus pada kesejahteraan anak. Namun menurut warganet, sikapnya yang diduga pro Israel tak mencerminkan bahwa dirinya peduli terhadap anak.

"Jir padahal bang Siwon lu duta UNICEF yang peduli anak-anak. Di mana rasa manuasiawi lu lihat anak-anak di Gaza ketembak, dibom," kata pengguna X di utas yang sama.

"Saat menghadiri acara UNICEF, Siwon bahkan tidak pernah berbicara tentang anak-anak di Palestina dan Suriah, maaf Siwon tapi itulah kenyataannya," tulis warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.