Sukses

Kelelahan Luar Biasa Seperti yang Dirasakan Luhut Binsar Pandjaitan, Harus Segera Dicari Tahu Penyebabnya

Luhut Binsar Pandjaitan mengalami rasa kelelahan luar biasa. Kemudian membuat Luhut memeriksakan kesehatan di RS. Setelah kondisi mulai membaik, kini ia tengah menjalani pemulihan di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan (76) telah membaik. Saat ini ia tengah menjalani masa pemulihan di Singapura.

Belum disampaikan dengan gamblang permasalahan kesehatan apa yang dialami oleh jenderal purnawirawan TNI itu. Namun, Luhut mengaku gangguan kesehatannya berawal dari keluhan rasa lelah yang luar biasa beberapa waktu lalu.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya mersasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut di akun Instagram pribadi @luhut.pandjaitan.

Melihat kondisi sang suami yang tidak biasa, istri Luhut, Devi Simatupang, segera membawa ke rumah sakit yang ada di Jakarta. Kemudian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengirimkan tim dokter kepresidenan untuk merawatnya.

Cara Tubuh Berbicara dengan Rasa Lelah

Rasa lelah luar biasa seperti yang dirasakan Menko Luhut sebenarnya adalah cara tubuh memberi tahu sesuatu. Maka dari itu, penting bagi orang yang mendadak merasakan kelelahan luar biasa untuk melakukan pemeriksaan atau evaluasi kesehatan.

"Kelelahan adalah sinyal alarm bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh," kata Kepala Bagian Pusat Pengobatan Geriatri di Cleveland Clinic, Ardeshir Hashmi.

"Biasanya ada beberapa hal yang perlu diatasi," lanjut Hashmi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Tahu Penyebab Rasa Kelelahan

Hal senada juga disampaikan oleh dokter di San Diego yang juga Dewan Kepresidenan American Academy of Hospice and Palliative Medicine, Holly Yang yang meminta untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Jika seseorang baik-baik saja tapi merasa lelah sepanjang waktu, maka perlu melakukan evaluasi," kata Yang mengutip Washington Post, Rabu (11/10/2023).

Biasanya dokter kemudian bakal memeriksa mengenai: kadar tiroid, tidur, permasalahan kesehatan, infeksi pada tubuh, cairan tubuh, kandungan hemoglobin dalam darah untuk mengetahui anemia atau tidak.

Lalu, dicek juga mengenai kebutuhan asupan protein, lalu perasaan yang tengah dirasakan. Dokter juga menanyakan mengenai obat yang tengah dikonsumsi.

 

Baca juga: Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Menko Kemaritiman dan Investasi Gantikan Luhut Sementara

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Penyebab Mendadak Merasa Lelah

Saat seseorang merasa mendadak alami rasa kelelahan luar biasa, penyebabnya bisa beragam. Berikut diantaranya seperti mengutip Medical News Today:

1. Alergi

Alergi merupakan akibat dari sistem imun tubuh yang berakasi terhadap alergen seperti hewan, makanan dan serbuk sari.

Saat tubuh kontak dengan alergen, maka tubuh menghasilkan senyawa bernama histamin untuk melawan hal tersebut. Hal ini menimbulkan reaksi alergi, salah satunya menyebabkan rasa kelelahan luar biasa.

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung ada banyak macam, diantaranya:

  • Penyakit arteri koroner: menyebabkan angina (nyeri dada yang merupakan gejala penyakit arteri koroner), serangan jantung, gagal jantung.
  • Penyakit cerebrovaskular: terkait penyakit stroke
  • Aterosklerosis aorta: memicu aneurisma (pelebaran atau penonjolan pembuluh darah otak akibat melemahnya dinding pembuluh darah).
  • Penyakit arteri perifer yang mengakibatkan kram.

Bila menurut data, wanita lebih mengalami rasa lelah dibanding pria bila memiliki penyakit jantung. Gejala bisa jadi makin parah bagi seseorang menderita penyakit jantung karena plak yang menumpuk di arteri, menyempit dan mengeras.

 

4 dari 4 halaman

3. Arthritis

Arthritis atau rheumatoid arthritis (RA) bisa memicu kelelahan. RA bisa menyebabkan penderita mengalami pembengkakan dan nyeri sendi, kekakuan sendi, dan perasaan lemah fisik.

Orang dengan arthritis bisa mengalami kelelahan maupun tidak sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini