Sukses

Hamas Serang Israel, Pemuda Gaza Akui Senang: Ini Balas Dendam atas Tindakan di Al-Aqsa

Hamas Serang Israel, Ini Alasan Pemuda Gaza Senang

Liputan6.com, Jakarta - Situs berita BBC berhasil mewawancarai salah seorang pemuda di Kota Gaza yang mengaku senang dengan adanya serangan Hamas ke Israel.

Menurut pemuda yang tidak disebutkan namanya oleh BBC, apa yang telah dilakukan Hamas sejauh ini sebagai balas dendam atas tindakan Israel di al-Aqsa.

Dikutip pada Minggu, 8 Oktober 2023, pernyataan ini mengacu pada meningkatnya jumlah pengunjung Yahudi yang mengunjungi kompleks Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang dianeksasi Israel baru-baru ini saat hari raya besar.

Masjid al-Aqsa merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam dan juga merupakan tempat tersuci bagi umat Yahudi yang dikenal dengan nama Temple Mount.

Namun, pria yang meninggalkan apartemennya setelah mendapat peringatan bahwa militer Israel akan menyerang di dekatnya, menyatakan ketakutannya atas apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Kami khawatir, keluarga saya sudah kehilangan toko kami saat Menara Shorouk dihantam Israel pada perang tahun 2021," ujarnya.

"Tindakan yang dilakukan Hamas kali ini jauh lebih besar, sehingga akan ada respons Israel yang lebih besar lagi," dia menambahkan.

BBC lalu memberitakan bahwa banyak rumah sakit di Palestina sudah kewalahan menangani korban jiwa akibat serangan udara Israel yang menyebabkan kehancuran luas.

Jalur Gaza --- wilayah pesisir kecil yang menjadi rumah bagi sekitar 2,3 juta warga Palestina --- diambil alih oleh Hamas pada 2007, setahun setelah mereka memenangkan pemilihan parlemen.

Israel dan Mesir kemudian memperketat blokade terhadap wilayah tersebut.

Negara ini masih miskin dengan angka pengangguran sekitar 50 persen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konflik Israel dan Hamas 2021

Setelah konflik serius antara Israel dan Hamas pada 2021, pembicaraan tidak langsung yang dimediasi oleh Mesir, Qatar, dan PBB membantu mengamankan ribuan izin bagi warga Gaza untuk bekerja di Israel dan melonggarkan pembatasan lainnya dengan imbalan kondisi yang relatif tenang.

Bulan lalu, ketika ratusan warga Palestina mulai bergabung dalam protes di dekat pagar pembatas di jalur tersebut sebagai pengingat akan demonstrasi massal yang dimulai lima tahun lalu, diasumsikan bahwa hal ini merupakan persetujuan dari Hamas dan dimaksudkan untuk mendapatkan lebih banyak konsesi dari Palestina. Israel dan bantuan uang dari Qatar.

Demonstrasi kecil-kecilan kini tampak seperti ikan haring merah. Beberapa orang berspekulasi apakah mereka benar-benar berkesempatan untuk mengamati pagar sebelum penyusupan.

Dengan operasi terbaru ini, Hamas tampaknya ingin sekali lagi meningkatkan kredibilitasnya sebagai organisasi militan. Piagamnya tetap berkomitmen pada kehancuran Israel.

 

3 dari 4 halaman

Seruan untuk Warga Palestina dan Negara Arab Lain Bergabung di Aksi Ini

Berbicara pada awal serangan, komandan militan bayangan Hamas, Mohammed Deif menyerukan kepada warga Palestina dan negara-negara Arab lainnya untuk bergabung dalam aksi tersebut untuk 'menghapus pendudukan (Israel)'.

Pertanyaan besarnya sekarang adalah apakah warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki atau di wilayah lain akan mengindahkan seruan tersebut?

Israel tidak diragukan lagi melihat potensi perang yang dapat terjadi di berbagai bidang.

Skenario terburuknya adalah hal ini dapat menarik kelompok militan Lebanon yang kuat, Hizbullah.

Sementara itu, militer Israel telah memerintahkan penguatan pasukan secara besar-besaran.

Selain serangan udara yang intens di Gaza, mereka juga mengindikasikan bahwa mereka merencanakan operasi darat di sana.

 

4 dari 4 halaman

Kian Serius

Penangkapan tentara dan warga sipil Israel, yang diharapkan dapat digunakan oleh militan Palestina sebagai tameng manusia atau alat tawar-menawar, merupakan komplikasi yang serius.

"Kami saat ini sedang sibuk mendapatkan kembali kendali atas wilayah tersebut, melakukan serangan secara luas dan terutama menjaga wilayah di sekitar Jalur Gaza," kata juru bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari.

"Kami akan melakukan peninjauan yang sangat tajam dan menyeluruh," pungkasnya.

Meski tinjauan menyeluruh mungkin masih jauh, tidak ada keraguan bahwa badan intelijen dan keamanan Israel akan bertanya-tanya mengapa mereka tidak melihat tindakan ini terjadi dan bagaimana mereka tidak berhasil mencegah dampak besar yang ditimbulkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.