Sukses

5 Manfaat Anak Sering Membaca Buku, Salah Satunya si Kecil Lebih Bahagia

Peneliti sebut anak yang membaca membuat lebih bahagia dan aktif segi pikiran dan fisik.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat membaca buku ada banyak. Beragam studi menunjukkan anak yang suka membaca buku cenderung lebih baik dalam memecahkan masalah, dibanding anak yang tidak membaca.

Lalu, berdasarkan hasil survei terhadap 1.500 orangtua dan 500 guru di Amerika menunjukkan bahwa 91 persen anak-anak berusia 5 – 12 tahun yang gemar membaca lebih bahagia dibandingkan anak-anak yang tidak gemar membaca (36%). Demikian pula, 92 persen yang sering membaca lebih aktif secara fisik dibandingkan mereka yang tidak (40%) seperti mengutip The New York Post.

 

Kemudian anak yang “sering” dan “sangat sering” membaca umumnya memiliki imajinasi yang lebih tinggi. dibandingkan anak yang jarang atau tidak pernah membaca (95% berbanding 57%).

Berdasarkan fakta dan data yang telah dijabarkan, maka orangtua seharusnya makin semangat mengajak anak membaca buku. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Manfaat Anak Gemar Membaca Buku

1. Kecintaan Terhadap Cerita

Anak yang gemar membaca cenderung punya minat besar terhadap sebuah cerita. Seperti mereka punya rasa ingin tahu yang besar terhadap sesuatu seperti 

2. Eksplor Diri Dengan Membaca

Ketika anak menemukan cerita yang menyenangkan di bukunya, maka mereka mencoba karakter seperti tokoh favorit di buku tersebut. Dengan begitu anak mencari ketertarikannya sendiri melalui buku.

3. Menambah Kosakata

 

Kosakata anak-anak yang rajin dibacakan buku dan membaca buku lebih tinggi dibandingkan yang tidak. 

4. Meningkatkan Imajinasi

Peneliti menunjukkan bahwa area otak anak ini menjadi aktif ketika seseorang membacakannya. Artinya, ketika anak gemar membaca dan mendengarkan cerita, membuat anak berimajinasi dengan pikirannya sendiri. Sehingga dengan berimajinasi anak menjadi terasah kreativitasnya

5. Mengenali Karakter

Anak yang membaca akan mencoba mengamati orang di sekitarnya dengan berbekal tokoh karakter-karakter dari yang mereka baca. Dengan begini anak mempunyai keterampilan sosial yang memadai berdasarkan ilmu pengetahuannya.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Anak Suka Membaca Buku

Anak akan mencontohkan orangtua dalam tingkah laku.  Oleh karena itu, anak akan tertarik membaca jika orangtua melakukan hal yang sama yakni membaca buku juga. 

Berikut beberapa cara lain agar anak gemar membaca buku:

  • Contohkan perilaku membaca yang baik
  • Ajak anak membaca buku sebelum tidur
  • Ajak anak berkunjung ke perpustakaan 
  • Baca buku yang mereka suka
  • Buat pojok baca di rumah
  • Beri pemahaman kepada anak, bahwa buku adalah jendela dunia
  • Ajak anak membaca bersama teman
  • Usahakan berpergian tetap membawa buku

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini