Sukses

8 Cara Mudah Kelola Stres dan Jaga Kesehatan Mental: Berimajinasi hingga Jalan Santai

Semua orang pasti merasa stres. Jika dibiarkan, stres akan menumpuk dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan serta menggangggu kualitas hidup. Berikut 8 cara mudah mengelola stres.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat menyebabkan stres, baik itu pekerjaan yang tak kunjung selesai, kondisi finansial yang kurang baik, atau pertengkaran dalam rumah tangga. Tak peduli umur dan status sosial, stres menyerang siapa saja.

Meski semua orang pernah merasa stres, bukan berarti ini tidak perlu ditangani. Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kualitas hidup serta kesehatan.

Melakukan kebiasaan tertentu dapat meningkatkan ketahanan terhadap stres serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, seseorang yang berolahraga atau bermeditasi secara teratur cenderung lebih jarang stres meski menghadapi tantangan yang sulit.

Mengutip dari Verywell Mind, berikut cara mudah kelola stres yang dapat dicoba, yaitu:

1. Guided Imagery

Guided imagery adalah sebuah teknik yang menggunakan imajinasi dan visualisasi untuk membantu mengurangi stres. Anda membayangkan berada di tempat-tempat menyenangkan, misalnya saja bayangkan diri Anda duduk di pantai sambil mendengarkan ombak, mencium bau laut, dan merasakan pasir hangat di bawah Anda.

Guided imagery dapat dilakukan dengan bantuan rekaman di mana Anda mendengarkan seseorang memandu Anda melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran. Bisa juga melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Cukup tutup mata Anda selama satu menit dan berimajinasilah. Ajak pikiran Anda ke tempat yang menenangkan dan fokuskan seluruh indra untuk merasa seperti Anda benar-benar ada di sana. Setelah beberapa menit, buka mata dan kembali ke saat sekarang.

2. Bersyukur

Baik bersyukur untuk hari yang cerah atau sampai di tempat kerja dengan selamat, pikirkan semua hal baik yang dialami.

Studi juga menunjukkan orang yang gemar bersyukur lebih jarang stres, serta memiliki kesehatan mental dan kualitas hidup yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Latihan Pernapasan

Fokus pada pernapasan atau mengubah cara Anda bernapas dapat membuat perbedaan besar pada tingkat stres secara keseluruhan. Hanya dalam beberapa menit, teknik pernapasan mampu menenangkan tubuh dan otak.

Ini juga bisa dijadikan andalan saat Anda tengah berada di situasi ramai sebab orang lain tidak akan sadar Anda melakukannya.

Contoh latihan pernapasan yang bisa dicoba, misalnya:

  • Tarik napas melalui hidung sambil menghitung perlahan sampai tiga. Tahan selama satu detik, lalu hembuskan napas perlahan melalui hidung sambil menghitung sampai tiga lagi.
  • Tarik napas melalui hidung dan bayangkan Anda menghirup udara yang menenangkan. Bayangkan udara itu menyebar ke seluruh tubuh Anda. Saat menghembuskan napas, bayangkan Anda menghembuskan stres dan ketegangan dalam diri Anda.

4. Menghirup Aromaterapi

Baik lilin, minyak esensial, atau sabun mandi, aromaterapi dapat menghilangkan stres dengan membantu Anda merasa berenergi dan lebih rileks.

Penelitian menunjukkan bahwa aroma tertentu dapat mengubah aktivitas gelombang otak serta menurunkan hormon stres dalam tubuh.

 

3 dari 4 halaman

5. Berpelukan

Sentuhan fisik dapat menghilangkan stres Anda. Memeluk orang yang dikasihi bisa membantu menenangkan pikiran.

Ini karena saat Anda memeluk seseorang, oksitosin—yang dikaitkan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan tingkat stres yang lebih rendah—dilepaskan.

Oksitosin juga dapat menurunkan tekanan darah. Ini mengurangi hormon stres norepinefrin dan dapat menghasilkan efek relaksasi.

Jadi, jangan segan-segan untuk meminta pelukan dari teman, kekasih, atau keluarga kala Anda membutuhkannya. Pelukan bermanfaat untuk kedua belah pihak untuk Anda berdua dan ini merupakan salah satu penghilang stres yang paling mudah.

6. Jalan Santai

Olahraga adalah pereda stres luar biasa yang dapat bekerja dalam hitungan menit. Berjalan-jalan memungkinkan Anda menikmati perubahan pemandangan, yang dapat membawa Anda ke dalam kerangka berpikir yang berbeda, serta tentu saja memberi manfaat bagi tubuh

Baik berjalan-jalan di sekitar kantor saat jam makan siang atau di taman setelah bekerja, berjalan adalah penghilang stres yang efektif.

4 dari 4 halaman

7. Yoga

Yoga menggabungkan gerakan fisik, meditasi, olahraga ringan, dan teknik pernapasan—yang semuanya merupakan penghilang stres yang efektif.

Meski satu sesi yoga saja sudah memberikan manfaat, Anda dapat menerima manfaat jangka panjang jika memasukkannya ke dalam rutinitas.

Yoga menawarkan berbagai manfaat fisik, psikologis, dan spiritual. Untuk mulai berlatih yoga, Anda dapat mendaftar kelas yoga atau melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan video youtube.

8. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Pola makan yang buruk membuat lebih gampang stres. Konsumsi makanan tinggi lemak dan gula memang terasa nikmat sesaat, tetapi sebenarnya ini malah menambah stres.

Kue dan keripik kentang, misalnya, dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika gula darah turun, Anda mungkin merasa lebih stres dan cemas.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu Anda memerangi stres dalam jangka panjang. Makanan seperti telur, alpukat, dan kacang-kacangan memberikan energi dan meningkatkan suasana hati.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.