Sukses

Pastikan Skincare Punya Kandungan Ini Jika Ingin Atasi Flek Hitam Akibat Paparan Sinar Matahari

Papran sinar matahari berlebih bisa meningkatkan risiko munculnya hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Flek hitam akibat paparan sinar matahari ketika cuaca panas bisa dicegah dengan produk perawatan kulit yang dapat mencerahkan. Seperti disampaikan dokter spesialis kulit Dr dr Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, produk perawatan kulit atau skincare yang mengandung bahan tertentu bsia membantu memudarkan flek hitam.

"Produk dengan bahan seperti konic acid, asam azelaat, atau vitamin C dapat membantu memudarkan flek hitam dengan penggunaan yang teratur,” ujar Fitria, dilansir ANTARA.

Papran sinar matahari berlebih bisa meningkatkan risiko munculnya hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit. Kondisi ini terutama terjadi pada individu dengan jenis kulit yang lebih gelap atau punya riwayat hiperpigmentasi.

Selain serum perawatan yang bersifat mencerahkan, menggunakan tabir surya setiap hari merupakan langkah penting guna mencegah peningkatan pigmentasi kulit yang sudah ada serta mencegah timbulnya flek hitam baru.

Fitria juga menyarankan menggunakan tabir surya broadspectrum dengan SPF tinggi (minimal 30) dan PA++++ untuk menghindari paparan berlebihan sinar matahari saat cuaca panas untuk mencegah munculnya flek hitam.

Selain itu, exfoliasi dengan AHA dan retinol topikal juga dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebihan, membantu memudarkan flek hitam. Untuk menjaga kelembaban, Fitria mengatakan untuk menggunakan pelembab yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kelembaban kulit, terutama setelah mandi atau berada di bawah sinar matahari.

“Exfoliasi dengan AHA dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebihan, dan Retinol topikal dapat membantu merangsang pergantian sel kulit baru dan memudarkan flek hitam secara bertahap,” tulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jika Ingin Gunakan Bahan Alami

 

Apabila ingin menggunakan bahan yang lebih alami, Fitria menyarankan menggunakan bahan masker wajah atau scrub yang terbuat dari lemon, yogurt, atau madu guna memudarkan flek hitam. Meski demikian Fitria mengingatkan untuk tetap berhati-hati terutama pada jenis kulit yang sensitif.

Dia juga menyarankan untuk minum banyak air agar kulit tidak kusam dan kering serta kurang elastis selama musim panas. Selain itu, cukup minum air juga membantu tubuh tetap sehat.

 

3 dari 3 halaman

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung pada Waktu Ini

Fitria berpesan agar menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada waktu-waktu tertentu.

"Hindari paparan langsung matahari pada pukul 9 pagi hingga 4 sore ketika sinar matahari paling kuat. Gunakan topi atau payung untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung, pilih pakaian yang longgar dan berbahan ringan untuk menjaga tubuh tetap sejuk,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini