Sukses

Pakai Sunscreen di Cuaca Ekstrem Kayak Sekarang Jaga Kulit Tetap Sehat dan Jauhi Kanker

Jangan Abaikan Sunscreen, Dokter Ungkap Manfaatnya untuk Kulit

Liputan6.com, Jakarta - Dokter spesialis kulit dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), Dr Arini Astasari Widodo SM SpDVE menegaskan bahwa penggunaan sunscreen tetap menjadi langkah yang efektif dalam melindungi kulit, terutama ketika cuaca ekstrem dan tidak menentu kayak sekarang. Ia menyatakan bahwa penggunaan sunscreen menjadi sangat penting di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan paparan sinar matahari yang intensif sepanjang tahun.

Dikutip dari situs ANTARA pada Senin, 25 Maret 2024, pagi, Arini menjelaskan bahwa sunscreen memberikan perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet (UV), yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Selain itu, penggunaan sunscreen juga dapat mencegah kulit dari sunburn akibat paparan sinar matahari. Juga membantu kulit terlihat lebih sehat dan jauh lebih muda. Hal ini terjadi karena sunscreen menjauhkan kulit dari potensi munculnya garis halus dan kerutan di sejumlah bagian.

Lebih lanjut dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran UKRIDA, mengatakan, penggunaan sunscreen secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit. "Paparan sinar UV yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, dan sunscreen dapat menjadi perlindungan efektif terhadap risiko tersebut," ujarnya.

Ia juga menyoroti pentingnya untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen, kata dia, dapat membantu menjaga kesehatan kulit, tapi harus dikombinasikan dengan tindakan lain seperti mengenakan pakaian pelindung, topi, dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada puncak intensitasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Abaikan Penggunaan Sunscreen

Meskipun penting, Dr Arini menekankan bahwa seringkali orang mengabaikan penggunaan sunscreen dan perlindungan terhadap sinar matahari. Hal ini dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan pentingnya untuk membiasakan diri menggunakan sunscreen setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. "Penggunaan sunscreen harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, tidak hanya pada saat cuaca cerah atau ketika berada di luar ruangan," katanya.

"Perlindungan terhadap sinar matahari diperlukan sepanjang tahun untuk mencegah kerusakan kulit jangka panjang," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.