Sukses

Mengenal Jenis Penyakit Lupus, Salah Satunya Autoimun SLE yang Dialami Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati membagikan kabar bahwa dirinya didiagnosis dengan autoimun Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang lebih dikenal sebagai penyakit lupus.

Liputan6.com, Jakarta Pagi tadi, Isyana Sarasvati membagikan kabar bahwa dirinya didiagnosis dengan autoimun Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang lebih dikenal sebagai penyakit lupus.

Beberapa waktu belakangan, Isyana Sarasvati memang terlihat kerap bolak-balik rumah sakit. Namun kala itu, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan dirinya harus menjalani pengobatan.

Penyakit lupus sendiri terbagi menjadi empat jenis. Lantas, apa sajakah itu? Mengutip laman Klikdokter, Kamis (20/4/2023), berikut diantaranya.

Penyakit Lupus Seperti yang Dialami Isyana Sarasvati

1. SLE atau Systemic Lupus Erythematosus

Autoimun SLE seperti yang dialami Isyana Sarasvati umumnya dikenal dengan penyakit lupus. Jenis penyakit lupus yang satu ini banyak memengaruhi sistem organ dalam tubuh pasiennya.

Saat terkena autoimun SLE, sistem daya tahan tubuh seseorang kemudian akan menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri. SLE akan ditandai dengan peradangan kronis terutama pada ginjal, persendian, sel darah, otak, jantung, paru-paru, dan kulit.

Sistem kardiovaskuler dan saraf menjadi bagian lainnya yang dapat ikut terpengaruh.

Hingga kini, sebagian besar penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Namun, kemunculannya dikaitkan dengan kombinasi antara faktor genetik dan faktor dari lingkungan.

2. Skin Lupus

Jenis penyakit lupus yang satu ini bisa terjadi pada orang yang tidak mengalami autoimun SLE seperti Isyana Sarasvati. Tetapi, ada lima persen atau lebih pasien dengan skin lupus mengembangkan SLE di kemudian hari.

Gejalanya berupa munculnya lesi dengan bentuk atau pola yang khas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Penyakit Lupus Lainnya

3. Drug-Induced Lupus

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gejala mirip lupus. Kondisi satu ini terjadi pada orang yang tidak mengalami SLE. Namun, lupus jenis drug-induced bersifat sementara dan akan mereda dalam beberapa bulan setelah pengobatan berhenti.

Sejauh ini, obat yang diketahui menyebabkan gejala mirip lupus seperti hydralazine dan methyldopa (obat hipertensi), procainamide (obat penyakit jantung), dan D-penicillamine (obat keracunan logam).

4. Lupus Neonatal

Umumnya, lupus neonatal dapat terjadi pada bayi dari wanita dengan autoantibodi tertentu, yakni anti-Ro, anti-La, dan anti-RNP.

Neonatal lupus akan menyebabkan gejala pada kulit bayi dan mereda dengan sendirinya. Ada pula 1 hingga 2 persen bayi dengan neonatal lupus yang mungkin mengalami penyumbatan jantung bawaan.

3 dari 4 halaman

Gejala Autoimun SLE Seperti yang Dialami Isyana Sarasvati

Hingga kini, sebagian besar penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Namun, kemunculannya dikaitkan dengan kombinasi antara faktor genetik dan faktor dari lingkungan.

Lupus pun menjadi salah satu penyakit yang terkadang sulit dikenali. Pasalnya, gejala lupus atau autoimun SLE sangat bervariasi dan dapat menyerupai beberapa kondisi klinis lainnya.

Gejala yang cukup khas pada lupus adalah munculnya ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu, biasanya muncul pada bagian pipi. Namun, tidak semua pasien mengalami gejala yang satu ini.

Selain itu, kelelahan berat juga menjadi gejala SLE lainnya yang cukup sering ditemui. Aktivitas sehari-hari bisa menimbulkan kelelahan, sehingga beberapa pasien merasa kualitas hidupnya ikut terpengaruh.

4 dari 4 halaman

Isyana Sarasvati Didiagnosis Autoimun SLE

Wanita yang terkenal dengan kemampuan bernyanyinya ini didiagnosis terkena autoimun SLE. Kabar itu dibagikan langsung oleh Isyana Sarasvati.

Pasalnya, Isyana menyebut banyak yang bertanya-tanya apa penyebab dirinya harus bolak-balik rumah sakit selama beberapa waktu belakangan.

"Story time!! Mungkin byk yg bertanya2 aku kenapa, kaya bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya akhir taun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE," ujar Isyana dalam unggahan melalui akun Instagram pribadinya @isyanasarasvati, Kamis, 20 April 2023.

"Nah skrg Ig flare. Begitu. Hehe. Sudah ditangani dengan sangat baik disini, feeling so so much better nowww. Semangaat," sambungnya.

Lebih lanjut Isyana Sarasvati mengakui, dari perjalanannya terkena autoimun SLE, dirinya sadar bahwa sehat ternyata merupakan hal yang sangat mahal. 

"SATU SIH DARI AKU. SEHAT ITU MUAA MUAA MUAAHAAAL GUYS! Please sayang sayang badan kalian. Kalau emang sudah kecapean jangan diforsir, istirahat sejenak. Tidak apa-apa," kata Isyana Sarasvati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.