Sukses

25 Hari Dirawat, Kondisi David Ozora Membaik dan Bisa Respons Saat Diberi Makan

Kondisi korban penganiayaan Mario Dandy, David Ozora menunjukkan perbaikan. David Ozora terlihat sudah merespons saat diberi makan dengan mata yang terbuka lebar.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan kondisi korban penganiayaan anak eks pejabat pajak Mario Dandy Satriyo, Cristalino David Ozora Latumahina dari hari ke hari terus dibagikan oleh pihak keluarga. Siang ini, angin segar pun menghampiri.

Berdasarkan video singkat yang dibagikan sang ayah Jonathan Latumahina, David Ozora terlihat sudah membuka mata dengan sempurna. Tak hanya itu, David Ozora turut memberikan respons saat diberikan makan oleh suster.

"Yuk, buka lagi mulutnya," ujar suster yang merawat David Ozora mengutip video unggahan Jonathan Latumahina melalui akun Twitter @seeksixsuck, Sabtu (18/3/2023).

"Buka mulut, buka. Nah, pintar," kata Jonathan Latumahina sambil mendampingi.

"Ayo, telan-telan. Pelan-pelan, Vid. Jangan nangis ya," ujar suster menyemangati.

"Enak ya," sabung Jonathan Latumahina.

David Ozora terlihat membuka mulutnya dan mau menerima makanan yang diberikan. Saat ini, makanan yang diberikan untuk David Ozora sendiri masih berbentuk cair agar lebih mudah ditelan.

Kondisi David Ozora Alami Perbaikan

Tak hanya sang ayah, paman David Ozora, Hatala Tam turut membagikan kabar terbaru keponakannya tersebut. Hatala Tam melalui akun Facebook pribadinya menjelaskan bahwa David Ozora menunjukkan proses yang cukup baik.

Keduanya, kesadaran kuantitatif untuk motorik dan kesadaran kualitatif untuk kognitif David Ozora terlihat mengalami perkembangan.

"Hari ke 25 david menunjukkan progres yang cukup baik. Kesadaran kuantitatif (motorik) menunjukkan tingkat kenormalan tinggi, dimana pada terapi 'tilting table' sudah bisa berdiri dengan baik, ototnya mampu menopang tubuhnya dengan baik," ujar Hatala Tam dalam unggahan satu jam lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

David Ozora Sudah Bisa Terima Perintah

Lebih lanjut Hatala Tam mengungkapkan bahwa David Ozora sudah bisa menerima perintah yang diberikan oleh orang sekitar. Perintah sederhana itu mampu dilakukan David Ozora secara perlahan.

"Kesadaran kualitatif (kognitif) mengalami progres dimana hari ini sudah bisa menerima perintah sederhana," ujar Hatala Tam.

"Seperti: buka mulut, tegakkan tubuh, kedip 2 kali untuk 'iya' dll. Namun kontak mata masih terus berjuang karena belum selalu fokus, ada kalanya masih 'skip'," tambahnya.

Hatala Tam menjelaskan, hingga kini stimulasi itu masih terus berupaya dilakukan. Seperti diketahui, David Ozora masih dirawat di RS Mayapada, Jakarta Selatan.

"Saat ini masih terus dilakukan stimulasi kesadaran kognitif oleh tim dokter RS Mayapada di ICU," kata Hatala Tam.

3 dari 4 halaman

Dukungan Warganet untuk David Ozora Masih Mengalir

Tak butuh waktu lama, unggahan ayah David Ozora pun mendapatkan respons positif dari warganet. Banyak yang turut senang melihat David Ozora sudah mau membuka mulut untuk makan dan merespons.

"Alhamdulillah... sudah mulai membaik. Semoga segera diberikan kesembuhan seperti sedia kala. Kamu kuat David," tulis warganet melalui akun @a***h.

"Puji Tuhan, alhamdulillah sudah mulai pulih. Sehat, sehat, sehat. God bless you David," kata akun @m***s.

"Aku gak kenal sampeyan, mas. Tapi aku sangat mengagumi kesabaran sampeyan yang luar biasa dalam menghadapi cobaan ini semua. Salut dan respect buat sampeyan dan seluruh keluarga. Untuk nak David, semoga segera pulih seperti sedia kala dan taklukkan congkaknya dunia," ujar akun @b***5.

4 dari 4 halaman

Sudah Segar Terhitung dari Minggu Ini

Sebelumnya, pada Senin 13 Maret 2023, Jonathan Latumahina membagikan video David Ozora yang nampak lebih tenang dengan selang yang masih terpasang.

"Sudah segar," ujar Jonathan Latumahina.

Dalam kolom keterangan di unggahan yang sama, Jonathan Latumahina menuliskan 'Diminishing between worlds' yang nampaknya merupakan sebuah album metal.

Seperti diketahui, David Ozora memang menjalani terapi musik heavy metal. Serta, David Ozora dikabarkan akan menjalani terapi stem cell untuk bantu pemulihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.