Sukses

Cara Mudah Update PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile

Per 1 Maret 2023 PeduliLindungi bertransformasi menjadi Satu Sehat Mobile. Apakah Anda sudah mengupdate aplikasi itu? Jika belum, begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Per 1 Maret 2023, aplikasi PeduliLindungi mengalami transformasi menjadi Satu Sehat Mobile. Aplikasi yang sebelumnya digunakan untuk melacak kontak erat dari kasus COVID-19 dan menjadi alat skrining status vaksinasi COVID-19 masyarakat tersebut merupakan bagian dari Satu Data Indonesia (SDI) yang terintegrasi ke data pemerintah.

Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Setiaji, mengungkapkan tujuan dari perubahan aplikasi ini adalah untuk memperluas kegunaan aplikasi.

Harapannya, aplikasi ini dapat tetap bermanfaat ketika pandemi COVID-19 nantinya berubah menjadi endemi.

Aplikasi pengguna PeduliLindungi dirancang untuk bisa ter-update secara otomatis. Akan tetapi, beberapa pengguna mungkin perlu melakukan update secara manual.

Simak cara meng-update atau memperbarui aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile:

1. Buka Play Store atau App Store

2. Ketik Aplikasi SATUSEHAT Mobile pada Kolom Pencarian

3. Klik Tombol ‘Update’ atau Pada Beberapa Pengguna Tulisan ‘Install’

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Buka Aplikasi Satu Sehat Mobile

5. Berikan Persetujuan pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi

6. Lakukan Log In

Masukan ke aplikasi dengan menggunakan nomor ponsel atau e-mail yang sama dengan yang telah terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi sebelumnya.

7. Klik ‘Beranda’ untuk Memakai Fitur yang Ada

3 dari 3 halaman

Fitur yang Ada di Satu Sehat Mobile

Untuk tahap awal fitur yang ada di Satu Sehat Mobile tidak terlalu berbeda dengan PeduliLindungi. Terkait hal ini, Kemenkes menuturkan lantaran tengah bertransformasi. Seiring berjalannya waktu fitur-fitur lain bakal bertambah.

"Mungkin sekarang sebagian besar masih mirip seperti PeduliLindungi karena masih masa transisi ya dan masih berproses dengan rekam medis elektronik di Satu Sehat (Platform)," kata Agus Rachmanto Deputy Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI dalam diskusi bersama Radio Kemenkes RI.

Dalam rencana pengembangannya, Satu Sehat Mobile secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya yang datanya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SATUSEHAT Platform. 

Sehingga bila semakin banyak rumah sakit terintegrasi dalam Satu Sehat Platform maka bisa menambah fitur yang ada dalam Satu Sehat Mobile.  

Fitur Saat Ini

Berikut fitur yang ada dalan Satu Sehat Mobile saat ini per Jumat, 3 Maret 2023:

  •  Resume Medis
  • Vaksin dan Imunisasi
  • Hasil Tes COVID-19
  • Cari Rawat Inap
  • Pelayanan Kesehatan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.