Sukses

Dapatkan Kilau Rambut Sehat dengan Mudah di Rumah, Begini Caranya!

Berikut ini beberapa cara tepat dan mudah yang bisa diterapkan di rumah untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau setiap saat.

Liputan6.com, Jakarta Punya rambut sehat berkilau agaknya menjadi dambaan banyak orang. Lebih-lebih bagi perempuan, kilau rambut sehat ini bukan saja dapat membuat penampilan lebih menarik, tetapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Hanya saja, untuk mendapatkan rambut sehat berkilau ini tidaklah mudah.

Butuh perawatan ekstra serta konsistensi dalam melakukannya. Misalnya, selain menggunakan sampo dan kondisioner, juga menggunakan vitamin rambut. Dengan begitu rambut yang sehat sekaligus berkilau bisa didapatkan setiap saat. Selain itu yang juga perlu dipahami adalah faktor-faktor penyebab kerusakan rambut hingga cara merawat rambut rusak agar kembali sehat.

Hal ini karena setiap orang memiliki masalah rambut yang berbeda-beda. Menariknya, mendapatkan kembali rambut yang sehat sekaligus berkilau tak melulu harus pergi ke salon. Berikut ini beberapa cara tepat dan mudah yang bisa diterapkan di rumah untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau setiap saat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Jangan Terlalu Sering-Sering Keramas

Mencuci rambut secara rutin memang dianjurkan. Namun, pastikan jangan terlalu sering-sering melakukannya, terutama dengan keramas menggunakan sampo. Hal ini karena keramas terlalu sering justru dapat mengurangi minyak alami pada kulit kepala.

Padahal, keberadaan minyak alami pada kulit kepala ini dibutuhkan untuk menutrisi rambut, agar pertumbuhannya dapat berlangsung dengan baik. Maka yang benar adalah cukup keramas menggunakan sampo dan kondisioner setiap dua hari sekali saja.

Tak kalah penting, cucilah rambut atau keramaslah menggunakan air dingin dan biasa saja. Jangan mencuci rambut menggunakan air panas, karena bisa menghilangkan minyak alami rambut. Akibatnya, rambut jadi akan terlihat kusam dan kering.  Setelah itu, akan lebih baik jika membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Jangan digosok dengan handuk apalagi disisir saat rambut saat basah.

3 dari 15 halaman

Pilihlah Sampo yang Ada Kandungan Pelembapnya

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan rambut sehat berkilau di rumah adalah jangan salah memilih sampo untuk merawat rambut. Pilihlah sampo yang ada kandungan pelembapnya.  Kenapa? Rambut membutuhkan minyak untuk menjaga lapisan keratin.

Sayangnya, kondisi lingkungan yang panas dan kering ditambah faktor gaya hidup, membuat kadar kelembapan alami pada rambut dan kulit kepala ini menjadi berkurang. Penggunaan sampo yang ada kandungan pelembapnya dapat membantu mengembalikan kelembapan setiap helai rambut, sekaligus menjaga rambut tetap berkilau.

Di samping itu, pastikan untuk memilih jenis sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan sesuai dengan masalah rambut yang dialami, seperti ketombe, rambut bercabang maupun rambut rontok. Hindari memilih sampo yang mengandung bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate.

4 dari 15 halaman

Pakailah Kondisioner Waktu Keramas

Beberapa orang masih sering keramas hanya menggunakan sampo saja dan jarang atau bahkan tak pernah pakai kondisioner sama sekali. Padahal fungsi kondisioner sangat besar dalam mempertahankan kilau rambut sehat.

Rutin menggunakan kondisioner dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, penggunaan kondisioner juga dapat membuat rambut lebih gampang diatur atau mudah ditata. Guna menghindari risiko rambut patah, sisirlah rambut dengan jari setelah pemakaian kondisioner.

5 dari 15 halaman

Aplikasikan Masker dan Vitamin Rambut

Seperti yang disebutkan di awal-awal jika rambut sehat berkilau ini bisa didapatkan dengan melakukan perawatan ekstra. Selain menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan tipe dan jenis rambut, akan lebih baik jika juga mengaplikasikan produk tambahan untuk merawat rambut secara optimal.

Produk perawatan rambut tambahan ini dapat berupa masker rambut dan juga vitamin rambut. Sebelum membeli masker dan vitamin rambut, pastikan untuk melihat label produk dan kegunaannya, agar lebih sesuai dengan kebutuhan rambut.  Kedua produk ini sangat berguna untuk merawat rambut yang sempat mengalami kerusakan, sehingga rambut dapat kembali sehat.

6 dari 15 halaman

Sisirlah Rambut dengan Tepat

Ada banyak manfaat menyisir rambut jika dilakukan dengan tepat. Di samping dapat menambah kilau rambut sehat, menyisir rambut juga dapat membantu melancarkan aliran darah di kulit kepala. Hal ini karena beberapa sisir dapat memberikan pijatan kecil pada kulit kepala.

Pijatan tersebut ternyata mampu merangsang aliran darah ke kulit kepala. Manfaatnya bagi rambut, pertumbuhan rambut yang sehat jadi dapat meningkat. Biar rambut tak mudah rontok, gunakan sisir bergigi renggang. Sisirlah rambut saat sudah kering betul sesudah mandi hingga sebelum tidur, agar keindahan rambut dapat terjaga sepanjang waktu.

7 dari 15 halaman

Rajinlah Membersihkan Alat Penata Rambut

Setelah keramas atau mencuci rambut, biasanya orang-orang akan menata rambutnya, terutama jika ingin pergi keluar. Sebab, hal tersebut amat penting untuk menunjang penampilan. Mengingat alat penata rambut ini cukup sering digunakan, jadi jangan malas membersihkannya.

Pasalnya, alat penata rambut yang kotor dapat membuat proses penataan rambut menjadi kurang maksimal, hingga menyebabkan kerusakan rambut. Alat penata rambut ini pun bisa berupa sisir, jepit maupun sirkam. Bersihkan dengan cara mencucinya pakai sabun dan sikat gigi tak terpakai. Jemur sampai benar-benar kering, sebelum digunakan kembali.

8 dari 15 halaman

Gunakan Produk Pelindung Rambut dari Panas

Selain alat penata rambut konvensional, beberapa orang juga kerap menata rambutnya menggunakan alat pelurus rambut atau alat untuk mengeritingkan rambut elektrik yang panas. Memang alat tersebut dapat membuat model rambut sesuai keinginan, tetapi di sisi lain juga berisiko menyebabkan kerusakan rambut.

Supaya rambut tetap terlindungi dengan baik selama menggunakan alat pelurus maupun pengeriting rambut yang panas, maka gunakan produk pelindung rambut dari panas atau heat protector. Aplikasikan produk tersebut pada rambut sebelum mulai ditata. Produk satu ini efektif melindungi rambut dari suhu panas, sehingga dapat meminimalkan kerusakan pada batang rambut.

9 dari 15 halaman

Rutinlah Memotong Ujung Rambut

Memotong rambut bukan saja penting untuk mempertahankan penampilan agar senantiasa menarik dalam beragam kesempatan. Akan tetapi, rutin memotong rambut juga dapat mempertahankan kilau rambut sehat lebih lama. Tentunya tak harus dipotong sampai pendek, cukup bagian ujung-ujung rambut saja.

Sebab, ujung-ujung rambut ini biasanya acap kering dan bercabang, sehingga jika tidak rutin dipotong maka dapat membuat rambut jadi mudah mengembang, kering dan susah diatur. Supaya kesehatan rambut tetap terjaga, potonglah ujung rambut ini paling tidak setiap delapan minggu sekali.

10 dari 15 halaman

Pakailah Sarung Bantal Berbahan Sutra

Percaya atau tidak, penggunaan sarung bantal ternyata juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Supaya perawatan rambut yang telah dilakukan tidak sia-sia, maka maksimalkan dengan memakai sarung bantal hingga seprai yang berbahan sutra.

Bukan tanpa alasan kenapa bahan sutra ini sebaiknya dipilih, sebab saat tidur rambut jadi tak mudah tersangkut maupun patah. Apalagi saat malam hari, durasi tidur lebih lama, sehingga berpindah posisi kepala pun tak dapat dihindari. Jika sarung bantalnya selembut sutra, maka rambut pun tak perlu khawatir mengalami kerusakan.

11 dari 15 halaman

Jangan Terlalu Lama Menguncir Rambut

Ketika sedang sibuk beraktivitas, rambut memang lebih nyaman dikuncir agar tidak terlalu terasa gerah. Namun, pastikan untuk tidak sering-sering atau terlalu lama menguncir rambut. Terlalu sering apalagi jika ikatannya amat keras dalam mengikat rambut dapat menyebabkan sirkulasi darah di kulit kepala terhambat.

Di samping itu, peredaran darah juga menjadi kurang lancar. Akibatnya, saraf di kelapa menjadi tertarik dan bikin kepala kerap merasakan pusing. Oleh karena itu, saat sedang tidak beraktivitas, biarkan rambut tergerai agar bisa bebas bernapas. Apabila merasa cukup mengganggu lantaran terlalu panjang misalnya, maka lebih baik dipotong saja.

12 dari 15 halaman

Hindari Stres yang Berlarut-larut

Stres tak hanya membuat produktivitas jadi terhambat maupun terganggu, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bilamana berlangsung secara berlarut-larut. Bukan saja kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan rambut juga akan terdampak akibat stres ini.

Oleh karena itu, sebaiknya biasakan diri untuk mulai mengontrol stres. Terapkan gaya hidup yang lebih rileks. Misalnya dengan membagi waktu bekerja dan beristirahat secara seimbang. Jika perlu rekreasi atau menyenangkan diri, tak perlu ditunda. Bila bisa menikmati hidup lebih bahagia, stres dapat diminimalkan atau bahkan bisa dihindari, sehingga kilau rambut sehat dapat dipertahankan.

13 dari 15 halaman

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Selain melakukan perawatan dari luar, rambut juga membutuhkan perlindungan dari dalam. Hal ini dapat dilakukan dengan cara rajin mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya akan protein, seperti daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang, susu hingga telur.

Aneka makanan bergizi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya zinc dan asam lemak omega-3, seperti sayuran berdaun hijau, makanan laut, buah-buahan, keju dan juga yogurt. Bila perlu, konsumsi suplemen tambahan seperti biotin untuk mengurangi dan mencegah kerontokan rambut.

Pastikan pula untuk mengonsumsi air putih secara cukup. Sebab, air putih dapat memberi energi pada ujung saraf untuk meningkatkan vitalitas alami pada kulit dan akar rambut. Minum air putih secara cukup setiap hari juga dapat membantu menghilangkan masalah rambut, seperti ketombe dan dermatitis seboroik.

14 dari 15 halaman

Usahakan untuk Selalu Rutin Berolahraga

Di samping mengonsumsi makanan bergizi, imbangi juga gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga. Ketahuilah, jika olahraga tak hanya membuat tubuh lebih bugar dan pikiran lebih segar, tetapi juga memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan rambut.

Berolahraga secara teratur dapat memberikan kontribusi dalam menyuburkan folikel rambut. Hal ini karena selama olahraga aliran darah menjadi lebih lancar, dan membuat oksigen dapat tersuplai dengan baik hingga ke bagian folikel rambut. Hasilnya, sirkulasi darah yang lancar dapat menstimulasi folikel rambut agar dapat tumbuh dengan baik.

15 dari 15 halaman

Gunakan Pelindung Kepala Saat Bepergian

Paparan sinar UV dari matahari di siang hari bukan saja berisiko buruk bagi kesehatan kulit, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Apabila terlalu lama dan sering terpapar sinar UV rambut jadi mudah kering, mengembang dan susah diatur.

Maka dari itu, jika sering bepergian ke luar, terutama acap berpanas-panasan di jalan, sebaiknya menggunakan pelindung kepala, seperti topi. Tujuannya tak hanya melindungi kulit wajah dari sengatan langsung sinar UV yang dipancarkan matahari, tetapi juga menjaga lembut tetap sehat berkilau di mana saja dan kapan saja.

Hampir sebagian besar cara mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau tersebut bisa diterapkan sendiri dengan mudah dari rumah. Hanya beberapa poin saja yang perlu dilakukan dengan datang ke salon, seperti potong rambut. Supaya hasilnya maksimal, jangan lupa konsisten melakukannya hingga menjadi kebiasaan baik sehari-hari. Dengan begitu, kilau rambut sehat yang diidam-idamkan dapat terwujud dan bertahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.