Sukses

Kenali 8 Vitamin untuk Kesuburan Rambut, Penting buat Jaga Kesehatan dan Kilau Alaminya!

Cek satu per satu vitamin untuk kesuburan rambut yang wajib diketahui, sudahkah memenuhi asupan nutrisinya?

Liputan6.com, Jakarta Vitamin untuk kesuburan rambut sangat penting buat diketahui, lho. Bukan rahasia lagi kalau rambut seringnya dianggap sebagai ‘mahkota’ yang menyempurnakan penampilan. Meskipun riasan dan outfit sudah terlihat menarik, tapi keseluruhan penampilan masih kurang maksimal jika tidak didukung dengan rambut yang tampak sehat dan indah.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan rambut, terutama yang berkaitan dengan kesuburan rambut. Pasalnya, ada beberapa faktor yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Kondisi yag terlihat tipis atau mengalami kerontokan parah tentunya bisa mengganggu penampilan.

Lalu, apa saja sih vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan indah? Kenali satu per satu lewat artikel ini yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Faktor Penyebab Terhambatnya Pertumbuhan Rambut

Pertumbuhan rambut yang lambat menjadi salah satu masalah umum yang bisa mengganggu penampilan. Soalnya, rambut yang terlihat tipis akan membuatnya tampak nggak sehat. Ternyata ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi lambatnya pertumbuhan rambut seseorang, apa saja sih?

1. Hormon dan Usia

Faktor internal yang mempengaruhi kesuburan rambut adalah hormon dan usia. Seiring dengan usia yang semakin bertambah, perubahan hormon juga bisa terjadi di dalam tubuh. Hal ini dapat memberikan efek khusus pada rambut. Terlebih pertumbuhan rambut pada perempuan dipengaruhi oleh hormon tertentu yang kondisinya bisa berubah sewaktu-waktu.

2. Kondisi Kulit Kepala

Kulit kepala adalah tempat tumbuhnya rambut. Jadi, penting banget menjaga kondisinya agar tetap sehat yang tentunya mempengaruhi pertumbuhan rambut yang sehat juga. Rambut seseorang juga bisa tumbuh dengan maksimal jika kulit kepala berada dalam kondisi yang baik, tidak kering dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Jadi, jika merasa kesuburan rambut terganggu, coba deh cek dulu kondisi kulit kepala kamu. Apakah kulit kepala berada dalam kondisi prima untuk menjadi tempat pertumbuhan rambut? Menstimulasi kesuburan rambut juga bisa dilakukan dengan cara melakukan pijat kulit kepala yang melancarkan peredaran darah di area tersebut.

3. Penggunaan Alat Penataan Rambut yang Terlalu Sering

Hair styling tools atau alat penataan rambut bersuhu tinggi sering banget menjadi andalan perempuan untuk memaksimalkan rambutnya. Sayangnya, terlalu sering melakukan styling bisa mengganggu kesehatan rambut. Salah satu faktornya adalah pertumbuhan rambut yang melambat.

Ya, peralatan panas yang sering digunakan seperti pengering, catokan, hingga obat khusus styling rambut ternyata efeknya nggak hanya merusak batang rambut. Hal ini juga bisa membuat kondisi kulit kepala jadi tidak stabil yang menyebabkan pertumbuhan rambut terganggu.

4. Kurang Nutrisi

Rambut yang kekurangan nutrisi juga bisa mengalami pertumbuhan yang melambat. Inilah pentingnya memperhatikan asupan sehari-hari, karena rambut pun sama seperti bagian tubuh lainnya yang juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat.

Kalau kamu mengalami kerontokan, sementara itu pertumbuhan rambut mulai melambat, cobalah untuk mulai memenuhi asupan vitamin untuk kesuburan rambut lewat makanan sehari-hari. Perbanyak konsumsi sayur dan buah dan lakukan perawatan lewat produk rambut yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Kondisi Rambut Tidak Sehat Secara Menyeluruh

Coba cek kondisi rambut secara keseluruhan. Apakah mengalami kerusakan yang bisa mengganggu pertumbuhannya? Ternyata, kondisi rambut yang bercabang, berketombe, hingga rontok bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kerusakan ini jangan disepelekan karena ternyata bisa berpengaruh pada kondisi rambut secara menyeluruh.

3 dari 10 halaman

Apa Saja Vitamin untuk Kesuburan Rambut yang Perlu Diketahui?

Salah satu upaya untuk mengembalikan kesuburan rambut adalah lewat asupan sehari-hari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rambut juga memerlukan nutrisi yang tepat agar bisa tumbuh subur dan kuat. Yuk, temukan satu per satu apa saja vitamin yang diperlukan untuk mewujudkan rambut sehat yang tumbuh dengan subur!

1. Vitamin A

Asupan nutrisi pertama yang perlu diperhatikan untuk pertumbuhan sel rambut yang sehat adalah vitamin A. Formulanya ternyata sangat penting untuk menjaga pertumbuhan sel sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambut. Jadi, semakin banyak helai rambut yang tumbuh, maka rambut pun akan semakin tebal dan terlihat sehat.

Nggak hanya itu saja, Vitamin A juga dapat memuat kulit kepala tetap lembap dan ternutrisi, sehingga masalah atau gangguan yang terjadi pada kulit kepala akan berkurang. Efek pelembap alami dari vitamin A ini nantinya juga akan masuk ke batang rambut. Jadi, helai rambut tetap terlihat sehat berkilau dan nggak mudah rapuh.

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin A untuk tubuh, mulai dari bayam, wortel, ubi rambat, dan pepaya. Konsumsi secara rutin untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh dan menjaga pertumbuhan rambut tetap sehat. Disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A lewat konsumsi makanan sehari-hari terlebih dulu, karena suplemen vitamin A dikhawatirkan dapat memberikan asupan berlebih yang malah memicu kerontokan.

4 dari 10 halaman

2. Vitamin B

Selanjutnya, dukung pertumbuhan rambut dengan memenuhi asupan vitamin B untuk tubuh. Melansir dari tinjauan yang diterbitkan oleh Skin Appendage Disorder pada tahun 2017, kekurangan beberapa jenis vitamin B bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Jadi, penting untuk mulai memperhatikan asupan masing-masing jenis vitamin B untuk tubuh. Misalnya saja vitamin B2 yang ternyata sangat penting untuk proses produksi energi dan menjalankan sel tubuh. Hal ini juga erat kaitannya dengan pertumbuhan rambut.

Selain itu, vitamin B7 atau yang juga dikenal dengan istilah biotin bekerja dengan cara membentuk protein bernama keratin, yaitu zat yang diperlukan untuk membentuk rambut. Tak hanya itu, asam folat yang terkandung di dalamnya juga mendukung pertumbuhan rambut yang lebih sehat, termasuk pada jaringan kulit tempat tumbuhnya rambut.

Jangan lupa memenuhi asupan vitamin B12 yang dilengkapi dengan asam folat untuk mendukung pembentukan folikel atau pori-pori tempat tumbuhnya rambut baru. Nah, asupan ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini, seperti kacang-kacangan, sayuran, pisang, jeruk, susu, telur, alpukat hingga ikan.

5 dari 10 halaman

3. Vitamin C

Vitamin C memang dikenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam kaitannya dengan kecantikan, jenis vitamin ini dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi atau belang di area kulit. Selain itu, jenis vitamin ini juga menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang mengganggu penampilan.

Nggak hanya sebatas itu saja, vitamin C juga menjadi asupan sumber gizi yang berperan untuk menghasilkan kolagen di dalam tubuh. Kolagen seniri adalah sejenis protein yang berperan untuk membuat keratin di dalam rambut. Asupan vitamin C sendiri bisa dengan mudah didapatkan lewat makanan sehari-hari. Mulai dari jeruk dan buah sitrus sejenisnya, cabai, paprika, tomat, hingga kol. Fokus mengonsumsi jenis makanan di atas bisa membantu mendapatkan asupan vitamin D dengan lebih sehat.

6 dari 10 halaman

4. Vitamin D

Rekomendasi vitamin untuk kesuburan rambut selanjutnya adalah vitamin D. Zat yang satu ini memiliki peranan penting untuk menebalkan rambut, karena vitamin D bekerja menumbuhkan sel kulit pada folikel rambut. Nggak hanya itu saja, kekurangan vitamin D juga sering dikaitkan dengan masalah rambut rontok.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Dermatological Research pada tahun 2016 menemukan fakta meskipun vitamin D berkaitan dengan masalah kesuburan rambut, tapi kekurangan asupan ini tidak menyebabkan kebotakan.

Nah, untuk mendapatkan vitamin D, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan ini secara rutin seperti ikan berlemak, daging merah, kuning telur dan jamur. Selain itu, asupan vitamin D terbesar bisa kamu dapatkan dari berjemur di pagi hari selama 10-15 menit saja. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan otomatis memproduksi vitamin D.

7 dari 10 halaman

5. Vitamin E

Untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang subur, konsumsi vitamin E juga perlu diperhatikan. Pasalnya, zat yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai vitamin untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu, vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut serta mencegah penuaan dini.

Pastikan penuhi asupan vitamin E dengan seimbang dan jangan sampai berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi vitamin E justru dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut dan gangguan tiroid.

Perbanyak asupan makanan dengan kandungan vitamin E untuk meningkatkan kesuburan rambut. Misalnya saja dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan seperti hazelnut dan almond, biji bunga matahari, bayam, alpukat, paprika merah, hingga ikan salmon. Dengan memenuhi asupan vitamin untuk pertumbuhan rambut, kesehatan ‘mahkota’ penampilan ini akan selalu terjaga dengan baik.

8 dari 10 halaman

6. Zat Besi

Selain vitamin untuk pertumbuhan rambut, perhatikan juga asupan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini. Salah satunya adalah zat besi, yaitu kelompok mineral penting yang berperan untuk menjaga ketebalan rambut.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penurunan kadar sel darah merah pada tubuh. Padahal, sel darah merah ini sangat penting karena membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit dan rambut agar tetap sehat. Jadi, penting untuk mulai memperhatikan asupan makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti bayam, brokoli, kacang polong, kedelai, dan daging sapi. Jika mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, imbangi juga dengan asupan vitamin C karena vitamin in membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

9 dari 10 halaman

7. Zinc

Jika vitamin untuk kesuburan rambut sudah terpenuhi dengan baik, waktunya memperhatikan asupan mineral lain seperti zinc di dalam tubuh. Mineral yang satu ini sangat penting untuk menunda fase rambut berhenti tumbuh. Nggak hanya itu, zinc juga sangat penting untuk memulihkan kondisi folikel rambut.

Sebagai informasi, kekurangan zinc juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut acrodermatitis enteropathica. Kondisi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada kulit yang juga membuat kerontokan rambut. Saatnya penuhi asupan zinc untuk tubuh lewat makanan seperti seafood, daging tanpa lemak, telur dan kacang kedelai.

Adapun asupan mineral dan vitamin untuk kesuburan rambut disarankan berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi suplemen zinc dan vitamin lainnya sebaiknya dilakukan hanya jika mendapatkan anjuran dokter.

10 dari 10 halaman

8. Asam Amino

Banyak orang yang lebih memperhatikan asupan vitamin untuk kesuburan rambut, tapi melupakan jenis asupan lainnya. Jika ingin menjaga pertumbuhan rambut yang tetap sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi asam amino, terutama Cysteine. Asam amino yang satu ini berbasis sulfur yang berperan dalam proses pembentukan keratin rambut.

Asam amino ini sebenarnya ada di dalam tubuh manusia, namun penuhi kebutuhannya dengan konsumsi makanan seperti daging, produk susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Asupan yang terjaga dengan baik pastinya bisa mendukung pertumbuhan rambut yang lebih optimal.

Jika mengalami masalah pertumbuhan rambut, coba cek kembali pola diet sehari-hari. Apakah asupan vitamin untuk kesuburan rambut sudah terpenuhi dengan baik? Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan lupa terapkan juga kebiasaan sehat dalam merawat rambut yang bisa mendukung pertumbuhan rambut yang indah secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.