Sukses

9 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Jakarta, Mana yang Pernah Kamu Kunjungi?

Tempat berburu takjil di Jakarta menjadi salah satu yang primadona destinasi sebagian besar masyarakat untuk menunggu berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Tempat berburu takjil di Jakarta menjadi salah satu yang primadona destinasi sebagian besar masyarakat untuk menunggu berbuka puasa. Pasalnya, dengan berkunjung ke berbagai tempat berburu takjil di Jakarta, momen buka puasa semakin lezat dan melepas dahaga.

Mulai dari sudut pasar tradisional hingga beragam gerai modern nan kreatif, Jakarta memiliki tempat berburu takjil yang menghadirkan banyak pilihan makanan dan minuman. Tak jarang, orang yang berburu takjil di berbagai tempat itu merasa bingung memilih di mana harus memulai petualangan kuliner.

Nah, untuk membantu kamu mencapai labirin rasa di Jakarta di kala ingin berbuka puasa, eberapa tempat berburu takjil di Jakarta ini wajib kamu singgahi. Mau tahu apa saja?

1. Pasar Benhil

Pasar Benhil yang berlokasi Jakarta pusat selalu menjadi sorotan ketika momen Ramadan berlangsung. Pasalnya, kawasan ini menawarkan berbagai macam takjil, mulai dari jajanan tradisional, lauk berat, masakan khas Nusantara, hingga berbagai minuman seperti es kolak, sup buah, es cincau, dan es rumput laut, dan sebagainya.

So, kamu bisa menikmati seluruh kuliner itu tanpa perlu mengkhawatirkan harga yang mahal, lho. Bagaimana tidak? Harga takjil yang dibanderol oleh pedagang di Pasar Benhil berkisar antara Rp1.000-Rp40.000.

2. Jalan Sabang

Jalan Sabang bukanlah wilayah yang asing bagi warga Jakarta. Pasalnya, jalan ini terkenal akan banyaknya kuliner yang tersedia dan menjadi primadona sebagian warga Jakarta untuk mencari kudapan yang lezat.

Dan di bulan Ramadan, Jalan Sabang bisa menjadi salah satu tempat berburu takjil di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Di sini, kamu bisa menikmati makanan berat yang cukup terkenal karena kenikmatannya seperti Nasi Goreng Sabang Bang Roby, Satai Sabang Pak Heri, Bakmi Roxy, Nasi Gandul Khas Pati, dan Mi Aceh.

3. Pasar Senen

Jakarta Pusat seolah tidak pernah kehabisan destinasi kuliner yang mampu memanjakan lidah. Pasar Senen pun menjadi salah satu lokasi yang menjadi sorotan bagi warga Jakarta untuk mencari takjil yang berkualitas tinggi, khususnya mereka yang ingin menikmati makanan khas Sumatra Barat.

Bagaimana tidak? Di Pasar Senen, terdapat stan yang menjual Nasi Kapau dengan kenakeragaman rasanya. Untuk menu takjil, kamu bisa mencoba Lemang Tapai dan Bubur Kampiun.

Fyi, Lemang Tapai terbuat dari beras ketan dan dimasakn dalam bumbu muda. Sedangkan bubur kampiun merupakan bubur khas Sumatra Barat yang berisi ketan putih, bubur sumsum, ketan hitam, kolak pisang, dan ubi.

4. Jalan Panjang

Jalan Panjang menjadi salah satu tempat berburu takjil di Jakarta yang wajib kamu singgahi. Pasalnya, jika Ramadan tiba, sepanjang jalan yang berlokasi di Kebon Jeruk itu menghadirkan banyak takjil untuk berbuka puasa.

Kamu bisa menemukan dengan mudah berbagai menu buka puasa seperti es rumput laut, cincau, kacang hijau, dan aneka gorengan.

5. Jalan Soka

Jalan Soka yang terletak di Kelurahan Rawa Badak, Jakarta Utara, seolah menyulut perhatian para pemburu takjil sejak tahun 1996. Meski tidak seluas Pasar Benhil atau Jalan Panjang di Kebon Jeruk, tapi kawasan ini memiliki daya pikat tersendiri yang membuat lidah kamu tidak berhenti tergoda mencicipi semua takjil yang ada di kawasan tersebut.

Jalan Soka menyajikan ratusan hidangan lezat yang siap mengobati kerinduan kamu setelah sehari berpuasa. Pasalnya, ratusan pedagang menjual makanan, sehingga menciptakan barisan kuliner yang memanjakan mata sekaligus menggelitik selera.

6. Balai Pustaka

Bagi warga Jakarta Timur jangan khawatir untuk mencari takjil yang lezat karena di Jalan Balai Pustaka bisa menjadi salah satu tempat berburu takjil di Jakarta. Ragam macam hidangan buka puasa seperti bubur kolak, bubur suro, bubur kacang hijau mudah ditemui di Jalan Balai Pustaka ini. Selain itu, ada pula es kacang merah dan es pisang ijo yang siap menemani berbuka puasa kamu.

7. Blok M

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta Selatan atau sedang berada di wilayah tersebut, tidak perlu jauh-jauh untuk menemukan sajian takjil yang lezat. Kawasan Blok M, tepatnya di Blok M Square menjadi surga kuliner tersendiri yang selalu dinanti kehadirannya setiap bulan Ramadan tiba.

Bagaimana tidak? Biasanya setiap akhir pekan, Blok M Square menjadi tuan rumah bagi sebuah bazaar makanan yang menawarkan aneka ragam kuliner dari berbagai belahan dunia.

8. Masjid Pondok Indah

Masjid Pondok Indah menjadi salah satu tempat berburu takjil di Jakarta yang mampu melepas dahaga. Setiap Ramadan tiba, Masjid Pondok Indah pun tak luput menghadirkan hidangan takjil yang menggungah selera.

Puluhan pedagang pun memenuhi setiap sudut jalan di sekitaran Masjid Pondok Indah. Mereka pun menawarkan aneka jenis menu takjil, mulai dari kolak, es cendol, sop buah yang segar, hingga gorengan hangat dan aneka kue atau jajanan pasar yang menggugah selera.

9. Pasar PSPT

Kawasan Tebet selalu menyimpan daya tarik tersendiri bagi para pencinta kuliner di Jakarta Selatan. Sejak dahulu, kawasan Tebet seolah telah melegenda sebagai pusat kuliner yang menawarkan berbagai hidangan lezat dari berbagai penjuru.

Dan ketika bulan Ramadan tiba, kawasan ini pun tidak ketinggalan dalam menyajikan berbagai macam sajian takjil. Di sekitar Pasar PSPT, kamu bisa menemukan barisan pedagang takjil dan aneka makanan yang siap memanjakan selera kamu, mulai dari sajian tradisional hingga kudapan modern semua tersaji di sini.

So, itu 9 tempat berburu takjil di Jakarta yang wajib kamu kunjungi, ya! Mana tempat yang sudah pernah kamu jadikan tempat berburu takjil?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.