Sukses

Sakit Gigi Bikin Pusing 7 Keliling? Redakan dengan 6 Bahan Alami Ini!

Anda bisa meredakan nyeri sakit gigi dengan bahan-bahan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kondisi yang menyebalkan dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika Anda merasakan sakit gigi. Kondisi tersebut disebabkan oleh nyeri ringan hingga parah di sekitaran gigi atau rahang Anda.

Hal tersebut merupakan indikasi bahwa Anda memiliki masalah pada gigi dan gusi. Namun, Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan sakit gigi tersebut. Karena ketika sudah mengetahui akar permasalahannya, Anda dapat menentukan langkah redakan sakit gigi tersebut.

Memang, dengan kumur-kumur menggunakan air garam atau dikompres menggunakan air dingin dapat menyembuhkan sakit gigi ringan. Akan tetapi, jika sakit tersebut bertahan lebih dari satu atau dua hari, Anda harus menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Nah, jika Anda "takut" ke dokter gigi dan ingin meredakan rasa sakit yang membuat aktivitas sehari-hari terganggu, bisa membuat pereda sakit gigi di rumah lho. Dilansir dari Healthline, berikut ini daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Air Garam

Bagi sebagian orang, cara ini merupakan langkah yang efektif untuk meredakan nyeri sakit gigi. Anda bisa mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat sebagai obat kumur.

Air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi. Selain itu, air garam juga dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

2. Air Hidrogen Peroksida

Langkah ini juga dapat membantu Anda meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida bisa mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Untuk membuat ini, Anda perlu mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Pertama, Anda harus mencampurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air dengan perbandingan yang sama dan gunakan sebagai obat kumur.

3 dari 4 halaman

3. Kompres dengan Air Dingin

Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang dialami, terutama jika ada jenis trauma yang menyebabkan sakit gigi. 

Langkah ini berguna untuk menyempitkan pembuluh darah di area agar rasa sakit yang terasa tidak terlalu parah. Selain itu, langkah ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Anda bisa melakukan langkah ini dengan sekantong es batu yang dibungkus dengan handuk. Lalu dekatkan ke area yang terasa sakit selama 20 menit sekali.

4. Kantong Teh Peppermint

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk mematikan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Anda dapat menggunakan cara ini untuk mendinginkan, bukan menghangatkan, area yang sakit. Untuk melakukan ini, Anda perlu masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong tersebut ke gigi Anda. 

4 dari 4 halaman

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki senyawa antibakteri properti. Senyawa tersebut dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk melakukannya, Anda dapat hancurkan satu siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang sakit. Selain itu, Anda juga daoat mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

6. Ekstrak Vanili

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Sifat antioksidannya yang terbukti juga menjadi salah satu cara meredakan sakit gigi yang efektif. 

Untuk itu, Anda perlu memastikan untuk menggunakan vanilla asli. Setelah itu, Anda dapat oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau bola kapas. Dan oleskan ke bagian yang terasa nyeri.

Itulah 6 cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan nyeri pada gigi. Akan tetapi, untuk langkah preventif yang lebih tepat, Anda harus rutin merawat kesehatan gigi, ya! Usahakan untuk sikat gigi dua kali sehari, setiap pagi dan malam menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan terjamin manfaatnya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini