Sukses

Sebentar Lagi, Vaksin IndoVac untuk Remaja Bakal dapat Izin BPOM

Vaksin IndoVac untuk remaja sedang diurus untuk mendapatkan izin darurat dari BPOM.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksin IndoVac untuk usia remaja 12 tahun ke atas baru saja selesai uji klinik dan sedang diurus finalisasi untuk mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Kabar menggembirakan ini disampaikan Direktur Utama PT. Bio Farma Tbk Honesti Basyir. Bahwa laporan finalisasi hasil uji klinik vaksin IndoVac untuk usia remaja siap dikirimkan ke BPOM untuk diurus penerbitan EUA.

"Untuk remaja udah data akhir, udah finalisasi. Tinggal kami nanti reporting (melaporkan) ke BPOM untuk mendapatkan EUA-nya," ucapnya saat diwawancarai Health Liputan6.com di sela-sela acara 'Open House BPOM' di Kantor BPOM Jakarta baru-baru ini.

Penggunaan vaksin COVID-19 IndoVac untuk remaja nantinya akan menyasar vaksinasi primer (dosis 1 dan 2) sekaligus booster remaja.

"Uji klinik yang sekarang dan sudah berlangsung untuk primer remaja dan juga booster remaja. Kami rencanakan selesai secepatnya," sambung Honesti.

Vaksin IndoVac merupakan vaksin COVID-19 berbasis teknologi subunit rekombinan protein yang dikembangkan Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat (AS). Saat ini, penggunaan IndoVac baru ditujukan usia dewasa, yakni 18 tahun ke atas dan sebagai vaksin booster kedua lansia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Menyasar Seluruh Lapisan Usia

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir sebelumnya mengatakan, vaksin IndoVac ditujukan untuk vaksinasi COVID-19 primer (dosis 1 dan 2) untuk usia 18 tahun ke atas. Kemudian akan disiapkan uji klinik vaksinasi primer terhadap usia di bawah 18 tahun.

"Jadi, vaksin IndoVac ini bisa digunakan untuk beberapa hal. Untuk vaksin primer ya itu juga bisa dilakukan terutama bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan vaksin COVID-19. Lalu juga bisa nanti diberikan untuk dewasa," kata Honesti di sela-sela 'Peluncuran dan Penyuntikan Perdana Vaksin IndoVac' di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 13 Oktober 2022

"Kami juga menyiapkan uji klinik untuk bisa diberikan kepada remaja dan nanti kepada anak. Tentunya, kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tapi memang desain dari fase (vaksinasi primer) ini bisa untuk usia 6 - 11 tahun, 12 - 17 tahun, 18 tahun ke atas."

Ditegaskan kembali oleh Honesti, vaksin COVID-19 juga akan menyasar seluruh lapisan usia.

"Desainnya memang sudah kita lakukan uji klinik (untuk kelompok usia). Ada juga yang sudah selesai, ada juga masih berlangsung. Insya Allah, semuanya bisa digunakan untuk semua lapisan usia," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Mampu Produksi Vaksin COVID-19 Mandiri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, kehadiran vaksin IndoVac yang diluncurkan pada Oktober 2022 lalu merupakan sebuah terobosan dan pengakuan bahwa Indonesia mampu memproduksi vaksin COVID-19 secara mandiri.

Bagi Erick, IndoVac merupakan langkah konkret yang ditunjukkan BUMN dalam membantu Pemerintah mewujudkan ketahanan kesehatan nasional.

"Tak hanya menjaga ketahanan sektor kesehatan, IndoVac juga ingin memperkuat kemandirian sektor kesehatan nasional. Dengan vaksin sendiri, tentu kita dapat menekan ketergantungan impor vaksin, bahkan kalau bisa menyetopnya karena sudah mampu produksi sendiri," ucapnya saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menerima suntikan dosis kedua booster di teras Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (24/11/2022).

Erick juga mengaku terus meningkatkan penguatan ekosistem sektor kesehatan di BUMN. Ia mendorong sinergisitas maupun konsolidasi holding farmasi dan holding rumah sakit agar menjadi sebuah ekosistem yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.