Sukses

AS Sebut Tes COVID-19 untuk Turis dari China Berdasarkan Sains

Menjawab protes dari China soal mesti tes COVID-19 saat masuk AS, pemerintah AS angkat bicara.

Liputan6.com, Jakarta China menyampaikan keberatan terhadap beberapa negara yang meminta hasil tes negatif. Terkait hal ini, Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengungkapkan alasan turis dari China harus melakukan tes COVID-19.

"Ini adalah pendekatan yang semata-mata berdasarkan sains," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price ke wartawan pada Selasa, 3 Januari 2023.

Price mengatakan bahwa ada lonjakan kasus saat ini di China. Lalu, kurangnya data urutan genom virus dan data epidemologi lain yang dilaporkan China membuat AS memilih keputusan untuk meminta turis dari China turut menyertakan hasil negatif COVID-19.

Selain itu, Price mengatakan bahwa AS siap memberikan vaksin COVID-19 untuk mereka yang dari China.

Seperti diketahui, AS akan memberlakukan tes COVID-19 bagi turis dari China mulai 5 Januari 2023. Semua penumpang pesawat berusia dua tahun ke atas perlu menunjukkan hasil tes negatif tidak lebih dari dua hari sebelum keberangkatan dari China, Hong Kong atau Makau.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga mengingatkan warganya untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke China, Hong Kong, dan Makau mengingat tengah terjadi lonjakan kasus COVID-19 di sana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lonjakan Kasus COVID-19 di China

Kasus COVID-19 di China mengalami lonjakan sejak beberapa waktu terakhir dan mengakibatkan tekanan besar pada rumah sakit.

Bahkan, seorang dokter senior di salah satu rumah sakit terkenal di Shanghai mengatakan 70 persen populasi di kota besar itu kemungkinan telah terinfeksi COVID-19.

Peningkatan tajam infeksi terjadi setelah bertahun-tahun pembatasan ketat tiba-tiba dilonggarkan bulan lalu dengan sedikit peringatan atau persiapan. Pelonggaran ini dengan cepat membuat rumah sakit dan krematorium kewalahan.

Wakil presiden Rumah Sakit Ruijin dan anggota panel penasehat ahli COVID-19 Shanghai Chen Erzhen memperkirakan bahwa mayoritas dari 25 juta penduduk kota itu mungkin telah terinfeksi.

"Sekarang penyebaran COVID-19 di Shanghai sangat luas, dan mungkin telah mencapai 70 persen dari populasi. Ini 20 sampai 30 kali lebih banyak daripada bulan April dan Mei," katanya mengutip Channel News Asia, (3/1/2023).

Chen menambahkan bahwa rumah sakitnya di Shanghai menerima 1.600 rawat inap darurat setiap hari dengan 80 persen di antaranya adalah pasien COVID-19. Ini dua kali lipat jumlah sebelum pembatasan dicabut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.