Sukses

Resep Ayam Bakar Kecap ala Devina Hermawan, Cocok untuk Malam Tahun Baru

Sambut tahun baru, yuk bikin ayam bakar ala Devina Hermawan. Dijamin nagih!

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru 2023 sudah di depan mata. Sambil menunggu tahun baru, banyak orang menyiapkan sajian lezat untuk dinikmati bersama keluarga.

Salah satu bahan makanan yang digandrungi menjelang malam pergantian tahun adalah ayam. Pasalnya, ayam mudah didapat, harganya juga relatif terjangkau. Apalagi sumber makanan tersebut kaya akan protein, yang baik untuk penurunan berat badan maupun pertumbuhan otot.

Berbeda dengan opor yang menjadi andalan saat Hari Raya Idul Fitri, orang biasanya memilih memasak ayam bakar untuk sajian malam tahun baru. Ayam bakar kecap jadi pilihan menarik untuk disantap bersama keluarga sambil menunggu countdown malam pergantian tahun.

Tidak hanya ibu, anak muda juga gemar masak-masa di momen yang hanya datang sekali dalam setahun ini. Jika Anda belum pernah memasak ayam bakar atau sedang mencari resep ayam bakar lezat, resep ayam bakar kecap ala Chef Devina Hermawan ini wajib dicoba.

Berikut bahan-bahannya:

1. Bahan Marinasi Ayam

-2 ekor ayam, potong 4 bagian

-2 buah jeruk nipis

-1 sendok teh garam

-1 sendok teh kaldu

-8 sendok makan kecap manis

-2 sendok makan air asam jawa (opsional)

2. Bahan Bumbu Halus

-8 siung bawang putih

-10 siung bawang merah

-4 butir kemiri

-6 cm kunyit

-6 cm lengkuas

-3 buah cabai merah tanjung atau 8 buah cabai keriting

-1 sendok teh ketumbar sangrai

-1 sachet terasi

-Minyak secukupnya

3. Bahan Lainnya

-2 batang serai, potong, geprek

-4 lembar daun salam

-1 sendok makan margarin

-1/2 sendok teh merica

-1 sendok teh kaldu bubuk

-1/2 sendok teh garam

-1 sendok makan gula pasir

-4 sendok makan kecap manis

-700 ml air

4. Bahan Oles

-Bumbu ungkepan

-2 sdm margarin

5. Pelengkap

-Nasi

-Terong, potong

-Sambal bawang

-Kemangi

-Bawang goreng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah-Langkah

1. Masukkan garam secukupnya dan perasan jeruk nipis ke dalam ayam, aduk rata. Diamkan 5-10 menit lalu bilas dan tiriskan.

2. Masukkan kecap manis, air asam jawa, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata, tutup dengan plastic wrap lalu diamkan selama 3-4 jam atau semalaman di dalam kulkas. 

Ayam broiler (pedaging) cepat matang, jika dimasak kelamaan dagingnya bisa hancur atau kesat. Jadi, lebih baik dimarinasi dulu agar bumbu meresap tetapi tekstur ayam tetap lembut. Akan tetapi, Devina mengungkapkan tidak masalah jika ingin langsung diungkep saja.

Sebaliknya, ayam kampung biasanya diungkep lebih lama. Dagingnya juga lebih tipis dibanding ayam broiler. "Jadi cukup dengan diungkep saja terus kita biarin sebentar di kuah ungkepan itu biasanya sudah meresapnya itu dengan baik," jelas Devina.

3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, ketumbar, terasi, cabai merah, dan sedikit minyak dengan blender lalu tumis hingga setengah matang.

4. Masukkan serai, daun salam, merica, dan margarin ke dalam tumisan, tunggu hingga matang kemudian masukkan ayam dan diaduk rata.

Ingat, cukup masukkan ayam, tidak perlu air marinasinya. Aduk terutama bagian kulit untuk memastikannya tidak hancur.

3 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

5. Tambahkan air, kecap manis, garam, kaldu, dan gula pasir masak hingga meresap di api sedang selama 25 menit. Jangan lupa untuk diaduk sesekali agar tidak gosong, setelah itu tiriskan.

Jika Anda menggunakan ayam kampung, tambahkan lebih banyak air. Ayam kampung juga memerlukan waktu ungkep lebih panjang agar teksturnya empuk.

"Kalau kalian menggunakan ayam kampung, supaya benar-benar meresap dan empuk itu biasanya perlu waktu 70 sampai 90 menit, tergantung ukuran. Dan kalau ayam pejantan sekitar 50-60 menit. Nanti bisa dicek saja, ya, sudah empuk apa belum," katanya.

Jika ayam tidak dimarinasi, maka tambahkan lebih banyak kecap.

6. Sisihkan bumbu ungkepan ke dalam mangkuk lalu campurkan dengan margarin, aduk rata.

7. Panaskan wajan, masukkan ayam lalu oles bumbu oles, panggang hingga matang.

8. Untuk oven atau air fryer, panggang ayam dan terong yang telah dioles bumbu di suhu 170 derajat celcius selama 15 menit.

Sementara jika ingin menggunakan arang atau teflon, tambahkan air terlebih dahulu agar ayam tidak terlalu lengket, baru kemudian dipanggang.

"Karena kalau terlalu lengket itu biasa kalau bakar di arang itu gampang banget gosong, takutnya tengahnya masih dingin." Sementara bumbu olesannya bisa dikentalkan lagi.

9. Ayam bakar kecap siap disajikan bersama pelengkap. Ayam bakar ini dapat dijadikan 8 porsi.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.