Sukses

Ridwan Kamil dan Bu Cinta Beri Tips Langgeng Usai Hadiri Acara Kaesang dan Erina

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri terlihat menghadiri pernikahan Kaesang dan Erina. Usai memberikan selamat, keduanya turut memberikan tips langgeng pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Siang ini, resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Ribuan tamu terlihat menghadiri acara untuk memberikan selamat, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya.

Usai menghampiri Kaesang dan Erina di pelaminan, pria yang akrab disapa Kang Emil ini ternyata punya pesan sekaligus tips pernikahan langgeng untuk putra ketiga dan menantu Presiden Joko Widodo tersebut.

"Jadi suami kuncinya cuma satu, harus sabar. Buat Mbak Erina, nasehatnya cuma satu, harus taat suami. Sudah itu saja," ujar Ridwan Kamil seperti disimak melalui siaran langsung SCTV pada Minggu, (11/12/2022).

"Kalau dua itu dipakai, insya Allah selamat dunia akhirat," tambahnya.

Sebelumnya, istri Ridwan Kamil yang akrab disapa Ibu Cinta pun turut memberikan pesan pada Kaesang dan Erina. Menurutnya, penting untuk banyak bersabar di dalam pernikahan.

"Bersabar, karena kadang-kadang kita perempuan juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Supaya pada waktu-waktu tertentu kita bisa menyampaikan apa maksud kita," kata Atalia Praratya.

Atalia mengungkapkan bahwa di samping itu, yang paling penting menurutnya adalah menjaga keharmonisan keluarga. Upaya itu dianggap penting untuk dilakukan agar pernikahan tetap berjalan dengan langgeng.

"Jadi yang paling penting adalah menjaga keharmonisan keluarga, supaya nanti langgeng. Tetap sakinah, mawaddah, warahmah," ujar Atalia Praratya menutup pesan untuk Kaesang dan Erina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesan Pesan Nagita Slavina dalam Pernikahan Kaesang Erina

Selain Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, tamu lain yang terlihat hadir di pernikahan putra bungsu Jokowi adalah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Keduanya hadir tanpa ditemani Rafathar dan Rayyanza.

Raffi dan Gigi sebelumnya nampak telah menghampiri Kaesang dan Erina di pelaminan dan langsung beralih ke area pick up point. Saat tengah menunggu, pasangan suami istri inipun ikut memberikan kesan pesan terkait pernikahan Kaesang dan Erina.

"Alhamdulillah, rame banget. Kayaknya memang hari ini undangannya undangan rame banget. Antusias yang pada datang kayaknya antusias semua," kata Nagita Slavina.

Nagita Slavina mengungkapkan bahwa wejangan untuk keduanya dalam menghadapi pernikahan adalah harus terus bersama dalam situasi dan kondisi apapun.

"Satu sama lain harus sama-sama terus apapun yang terjadi. Insya Allah kalau niatnya baik, pasti selalu ada jalannya," ujar Nagita Slavina.

3 dari 4 halaman

Raffi Ahmad Singgung Soal Kaesang yang Grogi

Lebih lanjut Raffi Ahmad mengungkapkan bahwa dirinya paham soal Kaesang yang merasa grogi. Menurut Raffi, tawa yang muncul pada Kaesang terutama pada saat akad nikah di Yogyakarta kemarin merupakan cara untuk menutupi grogi.

"Dia (Kaesang) kadang bercanda dan seriusnya kita enggak tahu. Tapi aku tahu dia ini kemarin ketawa untuk nutupin groginya. Melihat sisi Mas Kaesang yang berbeda memang luar biasa sih, pernikahannya juga banyak yang doain satu Indonesia," kata Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad menyebut bahwa warga Indonesia terutama di Solo terlihat begitu menyayangi keluarga Presiden Jokowi. Sehingga ia pun turut bahagia melihat kesenangan tersebut.

"Apalagi di Solo ini, semua warganya sayang sama Pak Jokowi dan Mas Kaesang. Di Solo semua masyarakatnya happy, di Yogya juga. Ya, kita juga jadi ikut senang dan mendoakan yang terbaik," pungkas Raffi Ahmad.

4 dari 4 halaman

Pernikahan Kaesang dan Erina

Seperti diketahui, rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina telah berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Pada Jumat, 9 Desember 2022, keduanya menjalani siraman di kediaman masing-masing.

Selanjutnya pada Sabtu, 10 Desember 2022, prosesi akad nikah telah berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Terlihat seluruh anggota keluarga dari pihak Kaesang dan Erina menghadiri prosesi dari awal hingga akhir.

Acara akad Kaesang dan Erina sendiri dihadiri oleh beberapa publik figur dan disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai saksi dari pihak Kaesang. Sedangkan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sebagai saksi dari pihak Erina Gudono.

Pada Minggu, 11 Desember 2022, prosesi ngunduh mantu dan resepsi kemudian berlangsung di Solo, Jawa Tengah. Kali ini, tamu yang hadir mencapai ribuan orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.