Sukses

Pesan Jokowi dan Iriana untuk Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta ibu negara, Iriana menitipkan pesan khusus kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan calon istrinya, Erina Gudono. Pesan ini disampaikan keduanya saat prosesi sungkeman dan siraman yang berlangsung hari ini, Jumat (9/12/2022) pagi.

Melalui pesan khusus tersebut, diharapkan agar Kaesang dan Erina yang akan melakukan resepsi pernikahan dan ijab kabul besok, Sabtu (10/12/2022) dapat menjalin bahtera rumah tangga yang sakinah.

"Kami mendoakan agar keluarga Kaesang dan Erina bisa ke depannya menjadi keluarga sakinah, mawaddah warrahmah," ucap Jokowi di sela-sela acara prosesi siraman Kaesang di kediaman pribadinya, Solo pada Jumat, 9 Desember 2022.

Melalui siaran Live Liputan6 SCTV, Iriana Jokowi menitipkan pesan seraya mendoakan agar Kaesang selalu bahagia.

"Yang pasti selalu bahagia ya," sambung Iriana yang juga berdiri bersama Kaesang di sampingnya.

Kaesang menjalani prosesi siraman yang diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediamannya di Solo. Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan acara sungkeman. Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman sekitar pukul 08.15 WIB.

Pada saat sungkeman, Kaesang bersimpuh di hadapan kedua orangtuanya, memohon restu. Tak lama berselang, Kaesang Pangarep bersama kedua orangtuanya, Jokowi dan Iriana berjalan menuju lokasi siraman.

Tampak saat prosesi siraman pagi tadi mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang Pangarep, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pemasangan Bleketepe dan Siraman

Prosesi pernikahan Kaesang - Erina di kediaman Presiden Jokowi, Sumber, Solo berlanjut pada Jumat (9/12/2022) setelah sebelumnya digelar pengajian pada Kamis (8/12/2022). Pada Jumat ini, prosesi adat pernikahan adalah pemasangan bleketepe dan siraman.

Presiden Jokowi dan Iriana tampak keluar dari kediaman pribadinya untuk pemasangan bleketepe untuk melengkapi tuwuhan sekitar pukul 08.00 WIB. Ia terlihat mengenakan beskap berwarna pink fushia. Bawahan jarik kemudian mengenakan blankon dan selop hitam.

Iriana mengenakan kebaya kutu baru perpaduan warna hijau dan pink fushia, sedangkan rambutnya disanggul.

Sebelum siraman, pemasangan bleketepe dilakukan oleh Jokowi dengan menaiki tangga. Pemasangan bleketepe yang terbuat dari anyaman daun kelapa dipasang di atas pintu masuk rumah.

Prosesi pernikahan adat Jawa ini dilanjutkan dengan membuka brongsong tuwuhan pisang raja yang dilengkapi dengan cengkir gading, dan janur.

3 dari 4 halaman

Para Menteri yang Hadir

Selesai pemasangan bleketepe, Jokowi dan Iriana langsung ke rumah untuk melanjutkan prosesi siraman. Sesuai dengan tatanannya, sebelum prosesi calon mempelai pria Kaesang Pangarep melakukan prosesi sungkeman kepada kedua orangtua untuk meminta doa restu.

Sejumlah tamu undangan tampak hadir dalam prosesi ritual siraman.

Sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

4 dari 4 halaman

Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina

Adapun Pura Mangkunegaraan di Kota Solo Jawa Tengah akan menjadi lokasi puncak pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon istrinya, Erina Gudono.

Pura Mangkunegaraan pun semakin cantik untuk menyambut hajatan keluarga besar Jokowi.

Ketua Panitia Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir menjelaskan, bahwa Pura Mangkunegaran akan dihiasi oleh bunga-bunga. Ada berbagai sentuhan tambahan pada penerangan ruangannya.

Hiasan bunga itu, dan ornamen pendukung lainnya akan memperkuat citra Pura Mangkunegaran sebagai objek wisata penting di Solo yang indah, namun tetap bernuansa Indonesia.

"Lampu-lampu sudah diperbaiki agar setelah pernikahan, Pura Mangkunegaran ini akan tetap menjadi tujuan wisata yang menarik," kata Erick saat memeriksa persiapan Pura Mangkunegaran, Rabu (7/12/2022).

Erick pun menjelaskan, perubahan pada Pura Mangkunegaran mulai terlihat. Hingga Rabu malam, para pekerja terus bekerja membuat salah satu objek sejarah yang sangat berharga itu menjadi jauh lebih cantik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS