Sukses

7 Sumber Air Siraman Kaesang Pangarep, Ada Air Zam-zam

Liputan6.com, Solo - Prosesi siraman calon mempelai pria, Kaesang Pangarep berlangsung hari ini, Jumat (9/1/2/2022). Sejumlah tamu undangan mulai berdatangan di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo untuk mengikuti prosesi siraman putra Jokowi tersebut.

Dalam prosesi siraman tersebut, air yang digunakan Kaesang berasal dari 7 sumber. Melalui siaran Live Liputan6 SCTV pada Jumat, 9 Desember 2022, berikut ini 7 sumber mata air yang digunakan saat prosesi siraman Kaesang:

  1. Air yang diambil dari Masjid Panepen Kraton Yogyakarta
  2. Air yang diambil dari Dalem Puro Paku Alam
  3. Air yang diambil dari Mangkunegaran
  4. Air yang diambil dari Kediaman Presiden Jokowi
  5. Air yang diambil dari Kediaman ibu Gudono
  6. Air yang diambil dari Masjid Surakarta
  7. Air yang diambil dari Tanah Suci Mekkah Almukaramah, air zam-zam

Air adalah lambang hidup, lambang kehidupan. Air merupakan lambang ilmu dan pengetahuan, sebut pembawa acara dalam rangkaian prosesi siraman Kaesang.

Disampaikan pula 7 kata pepatah Jawa Pitu, yakni Pitutur, Pitunjuk, Pitulungan, Piturut, Pitulus, Pituju, dan Pitumekan. Yang masing-masing dimaknai sebagai petuah, petunjuk, pertolongan, ikut, ikhlas, tujuan, dan akhir.

"Yang kemudian dicampur bunga setaman. Harapannya, agar kedua mempelai (Kaesang Pangarep dan Erina Gudono) bersifat kautama, yang diikat serabutnya menjadi satu," ucap pembawa acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Makna Air Kelapa Muda

Pada prosesi siraman Kaesang Pangarep, pembawa acara juga menyentil soal air kelapa muda yang melambangkan cinta tulus. Tak ketinggalan serabut kelapa yang bermakna 'saling terikat' (menjadi satu kesatuan antar calon mempelai)

Air kelapa muda hijau lambang cinta tulus dan serabut yang terikat adalah ikatan kokoh mulia suci dan sederajat dengan sumpah dan janji Nabi dan Rasul, lanjut pembawa acara.

Para tamu yang hadir saat prosesi siraman Kaesang tampak mengenakan busana adat. Tamu laki-laki mengenakan pakaian beskap lengkap dengan jarik dan blangkon. Sedangkan, tamu perempuan mengenakan busana kebaya.

Prosesi siraman calon mempelai laki-laki rencananya akan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Selain Kaesang, calon mempelai perempuan juga akan melakukan prosesi siraman di kediamannya di Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Jokowi Tinjau Progres Pelaminan

Presiden Jokowi sebelumnya mendatangi Pura Mangkunegaran, Solo pada Kamis (8/12/2022) malam. Kedatangannya malam-malam ke istana kadipaten itu untuk meninjau tempat tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Pantauan News Liputan6.com, Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 21.20 WIB. Kehadiran mantan Wali Kota Solo itu didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kedatangan orang nomor satu di republik ini disambut oleh penguasa Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

Setelah itu, Presiden langsung berjalan ke Pura Mangkunegaran untuk melihat lebih dekat progres persiapan panggung pelaminan pernikahan Kaesang dan Erina.

Selain panggung pelaminan, di Pendopo Ageng itu juga terlihat barisan meja dan kursi yang diperuntukan untuk tamu VVIP. Sejumlah pekerja masih sibuk menyelesaikan proses pengerjaan panggung pelaminan dan dekorasi.

4 dari 4 halaman

Cek Venue Tasyakuran

Sebelum Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran, penanggung jawab dan koordinator pelaksanaan pernikahan Kaesang dan Erina di Yogyakarta, Wishnutama juga turut hadir.

Presiden Jokowi dan rombongan meninjau venue tasyakuran pernikahan putra bungsunya itu hanya sebentar. Setelah hampir 30 menit mengecek persiapan itu, Jokowi pamit meninggalkan Pura Mangkunegaran.

Menteri BUMN Erick Thohir dan juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudoni, Gibran Rakabuming Raka juga tampak mendatangi Pura Mangkunegaran.

Kedatangan mereka tak lain dan tak bukan untuk mengecek persiapan venue tasyakuran per pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina. Selain mengecek panggung pelaminan, dua tokoh itu juga meninjau akses masuk para tamu undangan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS