Sukses

Kate Middleton Gunakan Bros Turun-Temurun Milik Keluarga Kerajaan Inggris Sejak 1797

Liputan6.com, London - Berbagai sisi kehidupan keluarga Kerajaan Inggris memang tak pernah ada habisnya menarik perhatian. Sejak puluhan tahun lalu, cerita yang datang dari negara yang kini dipimpin oleh Raja Charles III tersebut selalu berhasil jadi sorotan.

Tak hanya perihal kebiasaan masing-masing dari anggota keluarga Kerajaan Inggris. Melainkan deretan perhiasan yang digunakan turun-temurun oleh berbagai anggota. Kate Middleton diketahui juga mengenakannya.

Kate Middleton --- yang disebut dengan Putri Wales atau Duchess of Cambridge --- diketahui memakai bros yang merupakan perhiasan paling bersejarah bagi Kerajaan Inggris, yaitu Cambridge Pearl Pendant Brooch. 

Dalam sebuah potret kerajaan resmi bersama Pangeran William, Kate Middleton menggunakan bros bersejarah itu.

"Potret baru Duke dan Duchess of Cambridge ini diresmikan oleh Yang Mulia di Museum Fitzwilliam Cambridge hari ini," tulis keterangan dalam foto Pangeran William dan Kate Middleton yang diunggah pada Kamis, 23 Juni 2022.

"Dilukis oleh seniman potret Inggris Jamie Coreth, karya seni itu dipesan pada tahun 2021 oleh Cambridgeshire Royal Portrait Fund sebagai hadiah untuk orang-orang Cambridgeshire," sambung keterangan dalam foto tersebut.

Dalam lukisan itu, Kate Middleton terlihat menggunakan bros bersejarah. Bros itu merupakan salah satu bros milik Ratu Elizabeth II yang telah dimiliki oleh Keluarga Kerajaan Inggris selama beberapa generasi.

Mengutip laman Woman and Home pada Kamis (22/9/2022), Cambridge Pearl Pendant Brooch diperkirakan berasal dari abad kesembilan belas dan kemungkinan dibuat oleh Garrard, toko perhiasan yang berbasis di London.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dibuat Pertama Kali Tahun 1797

Menurut Court Jeweler, bros tersebut pertama kali dibuat untuk Duchess of Cambridge lainnya, Putri Augusta dari Hesse-Kessel, yang lahir di Jerman pada tahun 1797 dan menikah dengan Pangeran Adolphus pada tahun 1818 di Istana Buckingham.

Setelah pernikahannya dengan putra Raja George III, Putri Augusta kemudian menjadi Duchess of Cambridge dan bros unik ini dibuat untuk menghormatinya.

Cambridge Pearl Pendant Brooch dikelilingi oleh berlian dengan mutiara. Liontin yang menjuntai itu juga dapat dilepas dan memiliki lingkaran yang memungkinkan seluruh bagiannya untuk dikenakan sebagai liontin.

Sehingga bros tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk menjadi kalung. Putri Augusta tercatat menggunakan bros itu pada tahun 1877 dalam sebuah potret yang ditugaskan oleh keponakannya, Ratu Victoria.

Setelah kematian Augusta, bros itu diturunkan melalui Keluarga Kerajaan dan dimiliki oleh putri bungsu Augusta, Putri Mary Adelaide, Duchess of Teck, yang digambarkan mengenakan bros sebagai kalung.

3 dari 4 halaman

Bros Turun-Temurun Keluarga Kerajaan Inggris

Bros itu kemudian diturunkan ke putri Mary Adelaide, Ratu Mary of Teck, yang juga tercatat telah memakainya pada banyak kesempatan. Dalam generasi selanjutnya, Ratu May di foto mengenakan bros tersebut pada pembaptisan Ratu Elizabeth II.

Momentum tersebut terjadi pada tahun 1926 dan digunakan pula pada pembaptisan Pangeran Charles tahun 1948. Ratu Elizabeth II mewarisi bros dari neneknya, Ratu Mary pada tahun 1953 dan juga telah difoto sambil menggunakannya pada banyak kesempatan sepanjang masa pemerintahannya.

Kini, bros tersebut terlihat digunakan oleh Kate Middleton. Setelah menikah dengan Pangeran William, Kate Middleton menjadi sosok yang ditunjuk untuk menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris berikutnya yang diwarisi bros tersebut.

Momentum tersebut pun menjadi tradisi manis dalam Keluarga Kerajaan Inggris mulai dari ibu, nenek, hingga nenek moyang mereka. Bros ini pun layak disebut sebagai bros turun-temurun yang dihadiahi dari tiap generasi wanita di Kerajaan Inggris.

4 dari 4 halaman

Perhiasan Ratu Elizabeth II Lainnya yang Digunakan Kate Middleton

Dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Kate Middleton juga terlihat menggunakan perhiasan lainnya. Kate Middleton menggunakan kalung mutiara dan berlian yang dulunya adalah milik sang ratu.

Kate Middleton tiba di Westminster Abbey dengan anting Bahrain Pearl Drop dan kalung mutiara empat untai dengan gesper berlian di bagian tengah. Keduanya merupakan koleksi pribadi milik Ratu Elizabeth II.

Dahulu, Ratu Elizabeth II mengenakannya dalam acara perjamuan kenegaraan di Bangladesh tahun 1983. Sedangkan anting Bahrain Pearl Drop adalah hadiah untuk Ratu Elizabeth pada pernikahannya tahun 1947.

Sebelumnya, Kate Middleton juga pernah mengenakan choker serta anting-anting untuk pemakaman Pangeran Philip pada tahun 2021. Kate Middleton baru-baru ini juga terlihat mengenakan anting-anting mutiara di perayaan Queen's Platinum Jubilee bulan Juni lalu.

Anting-anting tersebut merupakan pasangan favorit dari kotak perhiasan Ratu Elizabeth II yang telah dipinjamkan untuk Kate Middleton beberapa kali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS