Sukses

Dokter Ungkap Kemungkinan Penyebab Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Dua dokter mengungkapkan beberapa kemungkinan penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini belum diungkapkan ke publik penyebab Ratu Elizabeth II meninggal pada 18.30, Kamis, 8 September 2022. Dalam foto terakhir yang diunggah ke publik, tampak wanita 96 tahun itu lebih kurus dan tangan berwarna keunguan.

Saat itu, Ratu Elizabeth bertemu Lizz Truss pada 6 September 2022. Senyum lebar tampak di wajah sang Ratu kala itu, tapi memang kondisinya saat tidak prima.

Pihak Kerajaan Inggris tidak menyebutkan penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Hanya menyebut, wanita yang memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun itu meninggal dengan tenang.

Berbagai pakar kesehatan kemudian mengungkapkan beberapa kemungkinan penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Salah satunya, dokter Deb Cohen-Jones menyebutkan kepergian sang Ratu terkait kesepian dan kesendirian usai ditinggal sang suami, Pangeran Philip, yang meninggal 9 April 2021.

"Ketika kehilangan seseorang bisa berdampak pada kesehatan," tutur Cohen-Jones kepada Daily Mail.

"Dari sudut pandang fisiologis, kehilangan Pangeran Philip akan menyebabkan stres berat, kadar kortisol naik, dan membuat tubuh menghadapi hal itu," katanya lagi.

Lalu, ahli bedah jantung Nikki Stamp mengungkapkan bahwa kematian pasangan memang dapat memicu 'reaksi berantai'. Hal itu terkait stres yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan seseorang.

"Apa yang kami ketahui adalah bahwa bagi sebagian orang, stres karena kehilangan orang dicintai atau segala jenis peristiwa dalam hidup, memicu sejumlah reaksi dalam tubuh fisik dan pikiran yang dapat menyebabkan penyakit, dan terkadang menyebabkan seseorang meninggal," kata Stamp kepada ABC.

"Ini sesuatu yang kita temukan akhir-akhir ini," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Tangan Keunguan

Cohen mencoba menerka penyebab tangan Ratu Elizabeth terlihat memar berwarna keunguan saat bertemu Liz Truss.

Berdasarkan analisis dari foto itu, kemungkinan kondisi itu tanda potensial dari yang mungkin Ratu Elizabeth II alami.

"Sepertinya ada kemungkinan terkait penyakit pembuluh darah perifer," kata Cohen.

Penyakit pembuluh darah perifer merupakan gangguan sirkulasi darah yang menyebabkan pembuluh darah di luar jantung dan otak menyempit atau tersumbat. Kondisi tersebut bisa menyebabkan gagal jantung.

"Jika sirkulasi perifer buruk, organ tidak menerima suplai darah yang baik. Hal itu bisa menjadi tanda kegagalan multi-organ," kata Cohen.

3 dari 3 halaman

Tangan Keungunan Jadi Perbincangan di Twitter

Pergelangan tangan yang memar berwarna keunguan di tangan kanan Ratu dalam foto saat bertemu Liz Truss jadi perbincangan warganet. 

Komentator kerajaan Angela Levin mengajukan pertanyaan ke Twitter setelah melihat foto itu. "Mengapa Ratu memiliki memar yang begitu besar di tangannya?" tanya Levin.

"Ratu terlihat seperti memiliki memar yang parah di tangannya?" komentar pengguna media sosial lainnya.

“Sepertinya memar yang Anda dapatkan dari perawatan dan memar,” orang lain berspekulasi.

Beberapa warganet pun bersepekulasi tentang kemungkinan kulit tangan Ratu berwarna ungu. 

“Dia mungkin menggunakan pengencer darah, mereka dapat menyebabkan tanda seperti memar. Juga kulitnya jauh lebih tipis karena usianya,” kata warganet lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.