Sukses

Ridwan Kamil Pamit, Pimpin Jemaah dan Berangkat Haji Atas Nama Eril

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil "berpamitan" melalui media sosial Instagram pribadinya @ridwankamil. Esok, Senin, 4 Juli 2022, orang nomor satu di Jabar itu akan bertolak ke Tanah Suci, memimpin 17 ribu jemaah dari wilayahnya menunaikan ibadah haji.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga bermaksud berhaji atas nama putra pertamanya yang baru saja berpulang.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz," tulisnya di akun Instagram, Minggu, 3 Juli sore.

Untuk itu, Minggu pagi, Emil beserta istri, Atalia Praratya menyempatkan diri ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril.

Dia pun memohon doa dari para pengikutnya di media sosial agar diberi kelancaran dalam menjalankan tugas.

"Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jemaah haji Jawa Barat dan Indonesia lancar dan sehat selamat kembali ke Tanah Air sebagai Haji mabrur dan Hajjah mabrurah. Aamiin."

Dalam potongan video yang diunggah Emil, tampak dia dan Atalia pun mengunjungi lokasi masjid Al-Mumtadz yang tengah dibangunnya. Tampak tiang-tiang pancang masjid telah berdiri.

Seperti telah diucapkannya beberapa waktu selepas pemakaman Eril, Ridwan Kamil dan keluarga berupaya melanjutkan semangat menebar kebaikan sang putra. Pada kesempatan ini pun Emil membuka peluang bagi masyarakat yang hendak menitipkan doa untuk menuliskannya di kolom komentar akun Instagramnya.

"SIAPA yang mau menitipkan doa , silakan tulis di kolom komen. Jika Allah SWT izinkan dan beri kemudahan saya akan bantu doakan di Padang Arafah dan depan Kabah."

2 dari 4 halaman

Banjir Titipan Doa

Belum lagi satu jam postingan terbaru Emil diunggah, telah banyak pengikutnya yang menitipkan doa dan mendapat lebih dari 25 ribu likes

Doa-doa yang dititipkan warganet pada Emil diantaranya memohon dimudahkan bertemu jodoh atau pendamping hidup, dimampukan berkunjung ke Tanah Suci untuk berhaji bersama keluarga, lunas hutang, lolos tes kerja, mendapat keturunan soleh/solehah, dan ada pula yang menitipkan doa kesembuhan bagi anggota keluarga yang tengah sakit. 

Warganet yang menitipkan doa tak hanya berasal dari Jawa Barat, melainkan juga daerah lain di Indonesia, seperti dari Aceh. 

Tak sedikit yang turut mendoakan agar Ridwan Kamil beserta keluarga diberi kelancaran beribadah di Tanah Suci. 

3 dari 4 halaman

Undangan Arab Saudi

Keberangkatan Ridwan Kamil dan keluarga ke Tanah Suci atas undangan dari pihak Arab Saudi. Kabar tersebut disampaikan ibunda Eril, Atalia Praratya. Atalia menyampaikan kabar bahwa ia dan suaminya mendapat undangan dari pihak Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

Air mata langsung membasahi pipi Atalia Praratya saat menyampaikan hal itu ketika menggelar pengajian untuk mendoakan mendiang Eril. Hal itu diketahui lewat video singkat unggahan akun TikTok @mrs.sosii. 

"Allah Mahakuasa atas segalanya, Allah Maha berkehendak, Allah Mahabaik, Kang Emil dan saya Alhamdulillah tahun ini Insya Allah mohon didoakan kami diundang untuk melakukan Ibadah Haji dari pemerintah Arab Saudi," tutur Atalia Praratya dalam video tersebut. 

Tak hanya Atalia Praratya dan Ridwan Kamil, adik Eril, Camillia Laetitia Azzahra (Zahra) yang selamat dari derasnya arus Sungai Aare, Swis ikut diundang dalam melaksanakan ibadah haji tahun Ini

"Dan ternyata juga bapak dan ibu, aliran amal jariyah Eril mengantarkan adiknya pun untuk berangkat naik haji,” ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Tak Menduga

Tak pernah dibayangkan olehnya bahwa putrinya bisa melaksanakan ibadah haji di usianya yang masih remaja. Semua itu tak luput dari kebaikan dan amal kakaknya yang membuat Sang Khalik memberikan keberkahan buatnya.

"Anak usia 17 tahun, tidak sepeser pun dia mengeluarkan uang dan tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang hajjah di usia yang sangat kecil. Mungkin karena amal jariyah dari kakaknya, Insya Allah," lanjut Atalia.

Ucap syukur tak henti-hentinya dipanjatkan Atalia atas apa yang ia terima. Ia mengaku senang dan bangga bisa menjadi ibu dari Eril, meski harus merelakan kepergian putranya ke pangkuan Sang Khalik.