Sukses

Si Dia Sering Muncul dalam Mimpi, Apa Benar karena Kangen?

Memimpikan seseorang sering dikaitkan dengan faktor kangen. Padahal, tidak selalu seperti itu.

Liputan6.com, Jakarta Saat bangun tidur, Anda mungkin pernah terdiam sejenak untuk memproses mimpi yang baru saja muncul. Apalagi jika orang tersebut tak hanya sekali dua kali masuk dalam mimpi Anda.

Banyak pihak mengartikan bahwa Anda mungkin sedang merindukan orang tersebut. Namun bagaimana jika tidak? Mengingat mimpi seringkali muncul dengan tidak menentu dan tidak begitu jelas.

"Anda memang bisa masuk ke dalam mimpi seseorang meskipun Anda belum melihat atau bahkan berbicara dengannya selama bertahun-tahun, begitupun sebaliknya," ujar psikoterapis klinis, dr LeslieBeth Wish dikutip Elite Daily, Kamis (24/3/2022).

Begitupun jika Anda memimpikan seseorang yang bahkan belum pernah Anda temui dalam hidup sebelumnya. Menurut Leslie, hal ini juga bisa dipicu dari apa yang Anda tonton atau baca.

"Misalnya Anda menemukan sebuah karakter dari buku atau film yang membuat Anda sempat memikirkannya, kemungkinan besar bisa muncul juga dalam mimpi," kata Leslie.

Sehingga dapat dikatakan, figur-figur yang muncul dalam mimpi seseorang tidaklah selalu berkaitan dengan kerinduan.

Menurut editor eksekutif Mattress Advisor, Alesandra Woolley, munculnya seseorang dalam mimpi juga bisa disebabkan oleh keterlibatan orang tersebut dalam hidup Anda.

"Terlibat bukan berarti harus dekat. Bahkan jika hanya seseorang hanya membuat kesan kecil dalam hidup Anda, atau ada suatu hal yang memicu minat Anda pada orang tersebut, mereka juga bisa muncul dalam mimpi," ujar Alesandra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman emosional

Mimpi juga dianggap sebagai sesuatu yang bersifat pribadi. Artinya, setiap orang dapat memimpikan sesuatu yang berbeda-beda dengan orang lainnya.

Hal tersebut dikarenakan mimpi pun erat kaitannya dengan pengalaman emosional yang dimiliki seseorang.  

"Saat seseorang yang Anda cintai muncul dalam mimpi, seperti pasangan, atau siapapun yang pernah memiliki perasaan kuat dengan Anda dan memiliki pengalaman emosional, maka itu juga bisa muncul," kata Leslie.

Begitupun saat Anda memimpikan mantan kekasih, penulis buku How to Catch A Dream, Theresa Cheung mengungkapkan bahwa janganlah heran bila Anda memimpikan mantan kekasih.

"Memimpikan mantan tidak selalu berarti Anda ingin kembali bersama. Itu terjadi karena ada pelajaran atau hal dari hubungan masa lalu yang Anda ingat," ujar Theresa.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.