Sukses

Cara Memulai Hari dengan Energi Positif: Lakukan Peregangan Tubuh

Memulai hari dengan peregangan yang baik adalah pilihan powerful baik untuk pikiran dan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kunci untuk memulai hari dengan penuh energi dan perasaan positif rupanya terletak pada peregangan atau stretching di pagi hari.

"Memulai hari dengan peregangan yang baik adalah pilihan powerful baik untuk pikiran dan tubuh," jelas instruktur yoga di Obe Fitness Eve Lynn Chrust.

"Melembutkan beberapa kekusutan dari tidur dan melancarkan peredaran darah memungkinkan Anda untuk memulai hari dengan merasa terbuka baik secara fisik maupun energi," lanjutnya.

Meluangkan waktu untuk mengatur napas dan memastikan tujuan di hari itu juga memiliki manfaat lain, ujar Eve Lynn. Dengan demikian, menurut Eve Lynn, kita akan memberi oksigen pada otot-otot tubuh dan hal itu merupakan game changer utama.

Eve Lynn menyarankan untuk meregangkan otok yang dirasa perlu lebih dulu. Hal itu tergantung pada kebiasaan Anda sehari-hari. Namun, Eve Lynn menyoroti peregangan pada bagian pundak.

"Aku selalu mengawali dengan fokus pada bagian kedua pundak. Karena di situlah biasanya orang-orang banyak mengalami masalah, lalu umumnya pada pagian pinggul."

Eve Lynn menjelaskan, umumnya tubuh menahan tekanan/stres pada pundak, dan emosi pada pinggul. Karenanya kedua lokasi tersbeut memerlukan perhatian lebih.

Stretching atau peregangan bukan hanya mengendurkan satu atau dua otot.

"Semua bagian di tubuh saling terkoneksi," ucap Eve Lynn, dilansir Women's Health.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Praktikkan Pose Yoga

Jadi, bila Anda merasa nyeri di punggung bagian bawah atau leher terasa kaku, meregangkan seluruh tubuh akan kembali menyeimbangakn semua otot.

Mempraktikkan suatu pose yoga juga membantu Anda mencegah ketegangan atau kemungkinan cedera karena terlalu mengandalkan otot-otot lainnya saat berkegiatan.

Melakukan peregangan meski hanya beberapa menit akan membantu Anda memulai hari, ujar Eve Lynn.

Dia mengatakan, stretching selama lima hingga 10 menit sudah cukup. Namun, jika tidak bisa, dua hingga tiga menit pun baik daripada tidak sama sekali.

Pose yoga yang bisa dipraktikkan untuk peregangan yakni Uttanasa, marjaiasana atau cat cow pose, tri pada adho mukha svanasana atau three-legged dog, urdhva mukha pasasana, adho mukha svanasana atau downward facing dog, dan balasana atau child's pose.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.