Sukses

Terbaru, Aturan Karantina Jadi 5 Hari bagi PPLN yang Sudah Divaksinasi Lengkap

Sementara itu, bagi WNI yang baru mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama, karantina tetap dilakukan tujuh hari.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa karantina tidak lagi tujuh melainkan lima hari bagi Pelaku Perjalananan Luar Negeri (PPLN) sudah mendapatkan vaksinasi dosis satu dan dua atau dosis lengkap.

"Pemerintah mengubah aturan karantina tujuh hari menjadi lima hari, dengan catatan bahwa WNI dan WNA yang masuk Indonesia wajib vaksin lengkap," kata Luhut dalam konferensi pers update PPKM pada Senin (31/1/2022).

Sementara itu, bagi WNI yang baru mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama, karantina tetap dilakukan tujuh hari.

 

Perubahan aturan ini dilakukan mengingat keberhasilan Indonesia dalam menghadang Omicron lewat pintu masuk luar negeri tapi ada kenaikan kasus transmisi lokal.

Selain itu, riset menunjukkan bahwa inkubasi varian Omicron berlangsung sekitar tiga hari.

Alasan lainnya, masa karantina yang diperpendek sebagaibentuk realokasi sumber daya yang ada."Wisma yang kita miliki yang awalnya untuk karantina PPLN nanti bakal digunaka untuk isolasi terpusat," kata Luhut.Dalam kesempatan ini, tidak disebutkan aturan ini berlaku mulai kapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini