Sukses

Ashanty Dikabarkan Positif Omicron, Kemenkes RI: Sedang Proses Pemeriksaan

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Ashanty dikabarkan positif Omicron sepulang berlibur dari Turki. Kabar ini beredar setibanya di Jakarta dan melakukan tes PCR, yang mana ia positif COVID-19 dan langsung menjalani karantina hotel.

Lantas apakah benar istri dari Anang Hermansyah ini positif Omicron COVID-19? Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menanggapi hal tersebut.

"Memang ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), salah satunya inisial A, saat entry test didapatkan hasil PCR positif COVID-19 dan saat ini, sedang menjalani karantina di hotel karantina," kata Nadia melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat, 7 Januari 2022.

Pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan luar negeri, termasuk berinisial A dengan metode PCR S-Gene Target Failure (SGTF) untuk mendeteksi kemungkinan varian Omicron. Selanjutnya, dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS), apakah benar Omicron atau tidak.

"Sesuai prosedur yang ada, semua kasus positif PPLN, kita lakukan pemeriksaan SGTF dan WGS untuk memastikan variannya," kata Nadia.

"Saat ini, sedang dalam proses pemeriksaan keduanya (SGTF dan WGS)," dia melanjutkan.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Lakukan Isolasi Terpusat

Siti Nadia Tarmizi menambahkan, upaya penanganan pelaku perjalanan dari luar negeri dengan melakukan isolasi terpusat atau tempat karantina terpusat yang telah ditunjuk Pemerintah. Hal ini termasuk mendeteksi kemungkinan Omicron.

"Untuk melokalisir Omicron, Pemerintah mengambil kebijakan, semua kasus positif COVID-19 harus melakukan isolasi terpusat di rumah sakit atau Wisma Atlet," tambahnya.

Berdasarkan unggahan di media sosial, Ashanty bersama keluarga besar telah tiba di Jakarta pada Kamis, 6 Januari 2022.

Lewat Instagram Stories, Ashanty mengatakan, mulai karantina jam 21.00 WIB di Hotel Sahid, Jakarta Pusat. Dalam unggahan, ia mengungkapkan kembali menjalani tes PCR setibanya di Jakarta.

Sebelumnya, Ashanty berlibur ke Turki bersama keluarga besarnya dan keluarga sang menantu, Atta Halilintar. Ia juga tak lupa membagikan momen ketika berlibur di sana, termasuk saat Anang hendak transplantasi rambut.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron