Sukses

Studi Ungkap 10 Hal yang Lebih Baik Jika Dilakukan oleh Wanita daripada Pria

Liputan6.com, Jakarta Perdebatan soal pria lebih baik daripada wanita dan sebaliknya masih kerap terjadi dalam beberapa kesempatan. Padahal sebenarnya, kedua belah pihak tentu memiliki keunggulannya masing-masing.

Namun dalam tulisan kali ini, beberapa studi mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang memang lebih baik saat dilakukan oleh wanita. Apa sajakah itu? Melansir Cosmopolitan, berikut diantaranya.

1. Belajar

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Georgia dan Columbia University mengungkapkan bahwa wanita adalah sosok pembelajar yang lebih baik karena memiliki pendekatan yang lebih baik untuk memperluas pikiran dan wawasannya.

Menurut para peneliti, wanita lebih perhatian, fleksibel, dan terorganisir. Hal tersebut pun berlaku di tempat kerja, dimana wanita lebih memahami tugas yang ada daripada rekan kerja pria.

2. Kebersihan

Studi yang dilakukan oleh San Diego State University mengungkapkan bahwa meja dan kantor pria lebih memiliki banyak bakteri daripada wanita. Peneliti menemukan bahwa pria memiliki 10 hingga 20 persen lebih banyak bakteri di ruang kerjanya.

Maka itu, peneliti menyimpulkan bahwa pria cenderung kurang higienis jika dibandingkan dengan wanita.

3. Menangani stres

Sebuah studi oleh University of Western Ontario mengungkapkan bahwa wanita lebih baik dalam menangani stres saat wawancara kerja. Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita memang lebih sering takut saat sebelum wawancara.

Namun, justru kebanyakan wanita lebih baik saat wawancara berlangsung. Hal tersebut dinilai bisa terjadi karena wanita kerap mempersiapkan banyak hal sebelum momen besar dalam hidupnya.

4. Keselamatan

Studi oleh Carnegie Mellon University mengungkapkan bahwa pria 77 persen lebih mungkin meninggal saat kecelakaan mobil daripada wanita.

Hal tersebut dinilai bisa terjadi karena wanita cenderung lebih peka pada keselamatan termasuk dalam hal penggunaan sabuk pengaman.

5. Keterbukaan

Studi yang dilakukan oleh Mind pada 2.000 orang mengungkapkan bahwa wanita lebih mungkin membicarakan masalah yang dihadapi daripada pria.

53 persen wanita dalam penelitian tersebut berbicara tentang apa yang membuat mereka merasa stres. Sedangkan pria hanya 29 persen yang melakukan hal tersebut.

2 dari 3 halaman

6. Makanan sehat

Studi yang dilakukan oleh University of Minnesota pada lebih dari 14.000 orang mengungkapkan bahwa lebih banyak wanita memilih makanan sehat daripada pria.

Pria cenderung lebih memiliki makanan tak sehat dan tidak selalu mementingkan sayuran dan buah di piring mereka.

7. Sistem kekebalan

Studi oleh McGill University mengungkapkan bahwa hormon estrogen yang dihasilkan oleh wanita memiliki keunggulan dalam melawan infeksi. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan pria ternyata justru lebih rewel ketika sakit dibandingkan wanita.

8. Pekerjaan

Pakar manajemen Jay Forte dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh Daily News mengungkapkan, wanita dianggap sebagai bos yang baik karena menjadi pendengar, mentor, dan pemecah masalah, dan multitasker yang baik daripada pria.

"Anda membutuhkan karyawan untuk termotivasi dan wanita lebih baik dan lebih cerdik dalam mengetahui cara untuk memotivasi karyawan mereka," ujar Jay.

9. Gelar sarjana

Statistik yang diungkap oleh Department of Education yang dipublikasikan dalam New York Times mengungkapkan bahwa dalam hal mengejar gelar sarjana, wanita dinilai membutuhkan waktu yang lebih cepat.

10. Usia

Menurut New England Centenarian Study, 85 persen populasi dunia yang berusia di atas 100 tahun adalah wanita. Wanita dinilai bisa hidup lima sampai 10 tahun lebih lama daripada pria.

3 dari 3 halaman

Infografis