Sukses

Punya Manfaat Menurunkan Berat Badan, Konsumsi Biji Bunga Matahari Saat Diet

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan dengan diet dapat dijalani dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan mengonsumsi biji bunga matahari sebagai camilan ringan saat menjalankan diet.

Biji bunga matahari atau sering disebut kuaci ini memang memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Disamping itu, ternyata biji bunga matahari mempunyai nutrisi yang baik bagi tubuh.

Kandungan yang dimiliki bunga matahari diantaranya ada protein, lemak sehat, serat, hingga berbagai macam vitamin dan mineral. Meskipun memiliki kandungan lemak dan kalori, namun biji bunga matahari justru dinilai dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif.

Jika mengonsumsi biji bunga matahari saat diet, dapat membuat perut kenyang lebih lama. Dengan begitu, jumlah makan akan berkurang dan proses penurunan berat badan lebih cepat dan efektif.

Berikut Liputan6 rangkum dari Merdeka.com, Kamis (2/12/21) mengenai manfaat biji bunga matahari yang berguna menurunkan berat badan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Rasa Kenyang dan Mencegah Makan Berlebih

Kandungan serat yang terdapat didalam biji bunga matahari termasuk jenis serat larut. Hal ini dapat membantu mengatur berat badan dengan memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Perlu diketahui, camilan yang berasal dari kacang-kacangan memang bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, biji bunga matahari cocok untuk camilan diet Anda karena mengurangi keinginan konsumsi makanan secara berlebihan.

3 dari 5 halaman

Memelihara Otot

Manfaat biji bunga matahari untuk menurunkan berat badan lainnya yaitu massa otot yang semakin kencang. Kandungan 2 gram protein biji bunga matahari setiap satu sendok makan sangat berguna untuk meningkatkan massa otot.

Persentasi otot yang semakin tinggi akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Diet dengan Konsisten

Biji bunga matahari bermanfaat untuk mendukung rencana diet dengan konsisten. Diketahui, pelaku diet yang meningkatkan asupan serat paling banyak menunjukkan penurunan berat badan yang lebih efektif.

Setiap peningkatan 3,7 gram serat harian dapat menurunkan berat badan hingga 1,4 kg. Oleh karena itu, menambahkan konsumsi biji bunga matahari cocok untuk menu diet Anda.

 

Penulis: Alicia Salsabila

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar