Sukses

Muhadjir Effendy Dorong Vaksinasi Anak Usia 6-11 di Daerah Rawan COVID-19

Vaksinasi anak 6-11 tahun utamanya dapat diberikan ke daerah rawan penularan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mendorong pelaksanaan pemberian vaksinasi COVID-19 kepada anak usia 6-11 tahun.

Pemberian vaksinasi anak usia 6 tahun ke atas, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah mengeluarkan rekomendasi dan sudah dikeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Coronavac® produksi Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Meskipun keputusan dan kewenangan itu memang berada di kementerian teknis, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun perlu (dilakukan), terutama di daerah-daerah yang rawan penularan dan penyebaran COVID-19,” ujar Muhadjir di Jakarta beberapa hari lalu.

Saat ini, Pemerintah masih terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Sasaran vaksinasi telah mencakup tenaga kesehatan, lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan umum, serta kelompok anak usia 12-17 tahun.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun atau di rentang usia sekolah dasar, menurut Muhadjir Effendy juga sangat penting untuk meminimalisir perasaan was-was para orangtua. Apalagi, pembelajaran tatap muka di sekolah sudah mulai dilaksanakan dan anak-anak rentan beraktivitas di luar rumah.

“Kita realistis saja, tidak mungkin anak dikekang terus-menerus diam di rumah. Mengenai keamanan vaksin, BPOM sudah mengeluarkan izin vaksin untuk anak 6-11 tahun. Jadi insya Allah aman,” ucap mantan Mendikbud ini.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Mulai 2022

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Entrop, Kecamatan Jayapura Selatan, Kota Jayapura pada Sabtu, 13 November 2021, Muhadjir Effendy sempat menyampaikan, vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah dilaksanakan di Papua.

“Penjelasan itu saya dengar ketika saya berkunjung ke Puskesmas Twano, Distrik Jayapura Selatan,” paparnya.

Dalam keterangan resmi lebih lanjut yang diterima Health Liputan6.com, sampai saat ini, Provinsi Papua belum memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan, kebijakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun baru akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.