Sukses

Sederet Zat Penting untuk Jaga Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Salah satu hal yang paling krusial adalah menjaga kesehatan bayi sejak masih dalam kandungan.

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan gizi merupakan bagian dari siklus hidup manusia. Oleh karena itu, kesehatan manusia mesti dijaga mulai dari janin di dalam rahim hingga ketika bayi sudah lahir ke dunia.

Namun salah satu hal yang paling krusial adalah menjaga kesehatan bayi sejak masih dalam kandungan. Nah, agar bayi lahir dengan kondisi yang sehat, para ibu hamil pun harus mendapat asupan nutrisi yang tercukupi.

Biar lebih jelas, ada beberapa kebutuhan zat yang dibutuhkan para ibu hami, yaitu: 

1. Asam Folat

Asam folat adalah jenis vitamin B yang berperan penting mencegah cacat pada sistem saraf. Sumber asam folat dapat kamu peroleh dari sayuran berdaun hijau, roti, pasta, kacang-kacangan hingga asparagus

2. Kalsium

Kalsium merupakan suatu mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Apabila tidak cukup didapatkan dari pola makan, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang kamu untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin.

Sumber kalsium bisa kamu peroleh dari susu dan produk olahannya, brokoli, ikan sarden, kentang, tahu hingga tempe.

3. Zat Besi

Zat besi penting untuk mencegah anemia semasa kehamilan, yang dapat mengganggu penghantaran oksigen dan nutrisi. Sumber zat besi bisa kamu dapatkan dari daging merah, ikan, kacang-kacangan, bayam dan brokoli

Untuk membantu penyerapan zat besi, konsumsilah sumber vitamin C (seperti tomat atau buah jeruk) saat kamu menyantap makanan yang kaya zat besi.

4. Asam Lemak Omega-3

Zat ini, terutama yang mengandung DHA, penting untuk perkembangan otak dan janin. Sumber omega-3 bisa kamu dapatkan dari ikan salmon, ikan sarden, ikan makerel hingga telur

kamu disarankan mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali per minggu semasa kehamilan. Waspada terhadap beberapa jenis ikan (seperti ikan hiu, marlin, dan swordfish) yang berpotensi mengandung merkuri.

5. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, dan mengoptimalkan proses metabolisme.

Ibu hamil yang memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari juga turut membuat perkembangan tulang dan gigi janin menjadi lebih optimal lagi. Vitamin C bisa didapatkan dari jeruk, jambu biji, melon, stroberi, kubis,

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zat Penting Bagi Ibu Hamil

6. Kolin

Kolin penting untuk ibu hamil, karena zat ini berperan menjaga kesehatan tulang dan mencegah tekanan darah tinggi saat hamil.

Kolin juga turut membantu meningkatkan perkembangan otak janin dan menurunkan risiko bayi lahir cacat akibat neural tube defect. Kolin bisa didapatkan dari telur, ikan salmon, daging ayam, brokoli hingga hati sapi.

7. Yodium

Yodium dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan kelenajr tiroid. Selain itu, zat gizi ini juga berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf janin, serta mencegah keguguran.

Yodium bisa ditemukan pada Kentang, yoghurt, ikan cod, susu sapi hingga rumput laut

8. Zink

Zink diperlukan ibu hamil untuk menghasilkan energi, serta membantu perbaikan sel-sel tubuh. Zat gizi ini juga membantu perkembangan otak janin di dalam kandungan. Zink bisa ditemukan pada daging merah, kepiting, yoghurt, sereal gandum, bayam

9. Vitamin D

Ibu hamil memerlukan vitamin D untuk penyerapan kalsium, yang nantinya bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Vitamin D bisa didapatkan dari paparan matahari pagisusu, jeruk, telur, ikan salmon

10. Serat

Serat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu menjaga kesehatan saluran cerna, agar tidak terjadi sembelit. Zat gizi ini juga membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebih yang bisa berujung pada obesitas.

Serat bisa ditemukan pada kacang hijau, lobak, jagun, pepaya dan beras merah. Pastikan untuk mendapatkannya dalam jumlah cukup dan seimbang, agar kamu dan janin bisa sehat hingga siap untuk persalinan nanti.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini