Sukses

Kabupaten Bandung Barat Siap Melaksanakan Vaksinasi COVID-19 Door to Door

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat menargetkan 20.000 orang dapat vaksinasi COVID-19 setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Bandung Barat menerima satu unit Mobile Vaccination Truck yang bisa digunakan Dinas Kesehatan dalam memercepat proses vaksinasi COVID-19 ke masyarakat.

Fasilitas Mobile Vaccination Truck dari Yayasan Wings Peduli diterima Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan di Kantor Bupati Bandung Barat pada Jumat, 12 November 2021.

Pada kesempatan tersebut Hengky menjelaskan bahwa berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, sudah 69 persen penduduk telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 pertama.

Sedangkan yang sudah menerima suntikkan vaksin Corona dosis ke-2 baru 43 persen. Sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat menargetkan 16.000 sampai 20.000 orang dapat divaksinasi setiap harinya.

Hengky pun mengapresiasi atas inisiatif menyediakan Mobile Vaccination Truck, dan berharap dapat memenuhi target tersebut.

"Truck yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan pelayanan dari Pemkab KKB dan Dinkes KKB dalam memberikan vaksinasi kepada masyarakat," kata Hengky dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 14 November 2021.

Ketika target hingga 20.000 orang yang divaksinasi setiap harinya terpenuhi, kata Hengky, makin cepat pula kekebalan komunal (herd immunity) terbentuk.

"Terutama mengantisipasi adanya gelombang ketiga COVID-19 pada akhir tahun nanti. Harapan kami, dengan dijalankannya vaksin door to door dan sistem mendatangi lebih dekat kepada masyarakat, semakin cepat pula tercapainya 100 persen vaksinasi di Kabupaten Bandung Barat," kata Hengky Kurniawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobile Vaccination Truck

Terkait Mobile Vaccination Truck, General Manager Supply Chain & Distribution PT Sayap Mas Utama (Wings Group), Billy William mengatakan, Wings Group Indonesia berkomitmen membantu penanganan COVID-19 di tanah air.

Melalui Yayasan Wings Peduli, mendukung pemerintah dengan menyediakan fasilitas vaksinasi COVID-19 di berbagai kota di Indonesia.

"Sekaligus membantu distribusi vaksin agar mampu memerluas dan memercepat cakupan dari herd immunity di kalangan masyarakat. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Wings Group terhadap kondisi masyarakat di tanah air, khususnya di Kabupaten Bandung Barat," kata dia.

Menurut Billy, vaksinasi adalah cara utama untuk menciptakan kekebalan komunal bagi masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah menargetkan 70 persen penduduk Indonesia sudah bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 hingga akhir 2021.

Guna mewujudkan hal tersebut butuh fasilitas vaksinasi yang baik, tenaga kesehatan, serta langkah pendistribusian vaksin yang cepat dan aman. Hal ini yang menjadi perhatian dari Yayasan Wings Peduli yang berupaya memberikan pelayanan vaksinasi maksimal kepada masyarakat dengan menyediakan fasilitas vaksinasi yang nyaman dan memadai serta bekerjasama dengan aplikasi kesehatan Halodoc untuk membantu menghadirkan tenaga kesehatan profesional untuk melayani masyarakat.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.