Sukses

Lupus Kambuh, 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit Lupus merupakan sebuah kondisi kesehatan ketika sistem daya tahan tubuh menyerang sel, jaringan, atau organ tubuh diri sendiri. Kondisi ini tidak bisa disembuhkan, namun mengatur pola makan sehat dapat membantu mengurangi gejala dan kekambuhannya.

Biasanya saat lupus terjadi, sistem kekebalan tubuh akan menyerang jaringan sehat secara tidak sengaja. Gangguan ini dapat menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah, jantung, kulit, ginjal, paru-paru, hingga otak.

"Gejala tidak muncul sekaligus. seringkali muncul satu per satu dan dalam waktu yang lama," jelas Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi RS Hermina Depok, dr. Nia Kurniati, Sp A(K).

Guna membuat penyakit lupus menjadi lebih baik, Anda dapat menerapkan diet khusus dengan cara selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya dengan menghindari makanan yang dapat menimbulkan kekambuhan. 

Melansir Lupus News Today, berikut adalah daftar makanan yang mungkin harus Anda hindari jika Anda seorang pasien lupus.

2 dari 5 halaman

1. Daging Merah

Karena tinggi lemak, daging merah bukanlah jenis protein terbaik untuk dimakan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung. Beralih dari daging merah ke ikan berlemak, seperti tuna, salmon, sarden, dan mackerel. Jenis ikan ini memiliki banyak Omega-3, yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

2. Bawang Putih

Kandungan bawang putih berupa tiosulfinat dan allicin dapat membuat sistem kekebalan terpengaruh, sehingga lupus mengalami kekambuhan. Selain itu, alfalfa juga dapat menyebabkan hal tersebut karena kandungan L-canavanine di dalamnya. Zat tersebut merupakan asam amino yang dapat menimbulkan peradangan.

3 dari 5 halaman

3. Makanan Olahan dan Lemak Trans

Umunya, semua orang benar-benar harus membatasi konsumsi makanan olahan dan yang mengandung lemak trans. Terlebih lagi jika kamu mengidap penyakit lupus yang dapat menimbulkan kekambuhan dan gangguan yang lebih parah.

Ini karena makanan tersebut dapat meningkatkan kadar steroid yang membuat tubuh lebih lapar, sehingga porsi makan menjadi lebih banyak dan buruk bagi tubuh.

4. Sayuran Nightshade

Lupus dapat kambuh saat seseorang mengonsumsi sayuran yang masuk kategori nightshade, seperti terong, kentang, dan tomat. Jenis sayur ini dapat meningkatkan tingkat sensitif tubuh, sehingga lupus mengalami kekambuhan.

Maka dari itu, hindari jenis sayuran ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

4 dari 5 halaman

5.  Garam

Konsumsi garam mampu meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Anda dapat mengganti garam dengan bumbu lainnya yang tetap membuat makanan menjadi lezat dan enak disantap. Cobalah untuk lebih banyak menggunakan rempah-rempah, merica, bubuk kari, atau lemon dan kunyit sebagai pengganti agar tubuh tetap sehat.

 

Pada dasarnya tidak ada makanan khusus yang dilarang atau dianjurkan pada pasien yang menderita lupus. Namun karena risiko terjadinya infeksi dapat meningkat pada penderita lupus, konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi, tingkatkan asupan buah dan sayur.

Pastikan juga Anda mengonsumsi obat yang diresepkan dengan cara yang benar, baca dengan teliti aturan pemakaian obat, apabila obat tersebut disarankan untuk diminum setelah makan, maka lakukan hal tersebut untuk mencegah terjadinya gangguan pada saluran cerna.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati